DI ATAS 5 TAHUN
16 April 2019

Trik Rayuan Ibu Saat Menyuapi Anaknya Makan, Moms yang Mana?

Mulai dari pujian hingga berikan hadiah, mana rayuan yang sering Moms lakukan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Memiliki bayi yang rewel atau hanya mencoba memperkenalkan makanan baru untuk Si Kecil bisa menjadi hal yang rumit. Moms butuh tenaga ekstra hingga Si Kecil akhirnya mau untuk makan.

Untungnya, ada berbagai macam trik yang dapat membuat Si Kecil makan dengan lebih baik. Mulai dari 'sogokan' hadiah hingga menghitung mundur, mana jenis rayuan yang sering Moms gunakan agar ia mau makan? Berikut trik menarik memberi makan Si Kecil, dikutip dari Parent Guide.

1. Memberinya Hadiah

gtm 1

Foto: parents.com

Apakah Moms tipe yang 'menipu' bayi dengan menyajikannya seperti hadiah?

Semua orang, mulai dari bayi hingga dewasa, suka membuka kado. Karenanya, membuat Si Kecil percaya bahwa makanan yang akan ia makan merupakan hadiah spesial bisa jadi trik menarik.

Moms bisa menyegel makanan dalam kantong makanan bayi yang bisa ditutup kembali. Ini akan membantu Si Kecil "membuka" makanannya.

Pilih tas makanan bayi yang dapat ditutup kembali, dan pilih corak yang bisa membuat Si Kecil bersemangat setiap kali melihatnya!

Baca Juga: Hati-hati! Anak yang Suka Pilih-pilih Makanan Berisiko Kurang Gizi

2. Biarkan Si Kecil Bertindak Sesukanya

Apakah Si Kecil suka melakukan semuanya dengan caranya sendiri?

Moms mungkin tipe ibu yang menyerahkan kekuasaan kepada anak. Meskipun mungkin terbukti menjadi keputusan berantakan yang akan dibuat, membiarkan bayi makan sendiri bisa menjadi cara tercepat untuk membuat dirinya makan makanan baru.

Lagipula, banyak orang tua melaporkan bahwa makanan yang sebelumnya ditolak dengan cepat, bisa dimakan hanya dengan membiarkan anaknya makan sendiri.

3. Bermain dengan Makanan

Beberapa ibu mungkin spontan memarahi anak jika ia kerap bermain-main dengan makanannya. Namun, apakah Moms tipe ibu yang melihatnya sebagai kesempatan emas?

Jika Si Kecil bermain dengan makanannya, ini menandakan ia setidaknya agak tertarik pada makanan dan setengah jalan untuk memasukkannya ke dalam mulutnya.

4. 'Menyuap' Si Kecil

gtm

Foto: scarymommy.com

Cara ini biasanya dilakukan oleh para ibu yang hendak mengenalkan makanan baru kepada anaknya.

Misalnya, Si Kecil benar-benar menyukai alpukat. Ketika hendak memperkenalkan makanan baru, sang ibu akan menempatkan semangkuk alpukat di hadapan anaknya.

Triknya adalah, selagi Si Kecil fokus memandang makanan favoritnya, Moms akan memberinya makanan baru. Ketika dia menyadari Moms tidak memberi makan avokadnya, katakan, "Satu gigitan lagi dan kamu bisa makan avokad."

Biasanya jika makanan favorit tidak berfungsi, ganti dengan janji kegiatan atau mainan favoritnya.

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengatasi Anak Sulit Makan Buah dan Sayuran

5. Jadikan Permainan Seru

Moms mungkin ibu yang merayu Si Kecil agar mau makan dengan menjadikannya sebagai permainan?

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan bermain game dan menggunakan makanan sebagai hadiah untuk 'memenangkan' permainan.

Setiap anak punya permainan favorit, dan rayuan dengan memainkan game tersebut agar Si Kecil mau makan patut dicoba!

6. Pujian Tak Terhingga

Seperti orang dewasa, bayi suka tersenyum dan mendapatkan pujian. Rayuan ini mungkin pernah Moms lakukan untuk mendorong Si Kecil mau makan.

Jika Si Kecil sedang mencoba makanan baru, berikan senyum lebar yang tulus dan puji Si Kecil atas usahanya. Hal ini di satu sisi akan membuat ia lebih mudah makan makanan baru nantinya.

Jadi, kira-kira trik rayuan mana yang menurut Moms punya tingkat kesuksesan tertinggi saat Si Kecil sedang sulit diberi makan?

(AP/AND)

Artikel Terkait