2-3 TAHUN
17 Agustus 2018

5 Cara Tumbuhkan Rasa Nasionalisme Pada Anak

Mampu berbahasa asing memang baik, namun jangan sampai mereka lupa bahasa bangsa sendiri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Budaya asing kini semakin marak di Indonesia, tak hanya dari segi bahasa saja bahkan hingga musik dan cara berpakaian juga banyaknya kita telah dipengaruhi budaya asing.

Di hari kemerdekaan ini adalah saat yang tepat untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak, mulai dari mengenalkannya pada sejarah, juga bahasa Indonesia. Berikut adalah cara-cara yang mudah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak!

Wisata Sejarah

1 museum

foto: sintiaastarina.com

Berjalan-jalan adalah hal yang tentunya menarik tak hanya bagi Moms namun juga Si Kecil. Sesekali, cobalah ajak mereka untuk melakukan wisata sejarah, dengan pergi ke museum misalnya.

Sambil menceritakan pada mereka soal sejarah, mereka pasti akan dibuat begitu penasaran dengan banyaknya benda-benda peninggalan sejarah.

Ajarkan Lagu Nasional dan Daerah

2 lagu

foto: educenter.id

Boleh-boleh saja bila mereka senang mendengarkan lagu-lagu berbahasa asing, meski demikian jangan sampai lupa juga untuk mengajarkan lagu-lagu daerah dan nasional.

Musik adalah salah satu metode pembelajaran yang mudah ditangkap oleh mereka. Begitu pula dengan musik nasional yang wajib mereka kenal sejak dini.

Baca Juga: 10 Museum di Jakarta untuk Ajari Anak Pengetahuan

Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar

3 bahasa

foto: brainoptimax.com

Mempelajari berbagai bahasa asing memang modal yang sangat baik untuk mereka di masa yang akan datang. Meski demikian, jangan sampai mereka tak lancar berbahasa Indonesia yang baik dan benar ya, Moms.

Imbangi kemampuan berbahasanya agar mereka tak hanya pandai berbahasa asing tetapi juga pandai berbahasa Indonesia.

Perkenalkan Ragam Budaya

4 budaya

foto: komunitasaleut.com

Indonesia memiliki budaya yang begitu beragam, sejak dini Si Kecil harus memahami hal tersebut. Perkenalkan mereka bahwa banyak teman-teman yang datang dari berbagai budaya yang berbeda, namun demikian mereka semua tetaplah sama dan menjadi bagian dari Indonesia.

Selain akan mengenali budaya negeri sendiri, Si Kecil juga akan tumbuh dengan rasa nasionalisme dan toleransi yang tinggi nantinya.

Baca Juga: Rayakan 17 Agustus Bersama Anak Dengan 5 Permainan Tradisional Ini

Permainan Tradisional

5 mainan

foto: dunia-anak.com

Alangkah baiknya bila Si Kecil tak melulu dimanjakan dengan bermain gadget maupun permainan modern lainnya.

Sejak dini, perkenalkanlah mereka dengan permainan tradisional yang tentunya tak kalah menyenangkan, seperti bekel, congklak dan masih banyak lagi.

Dijamin mereka tak akan bosan dan semakin tertarik untuk memainkannya, ketimbang harus dipenuhi dengan bermain gadget yang sebenarnya banyak pula dampak negatifnya.

Beberapa cara tadi nampaknya tak sulit bukan untuk kita mulai terapkan pada Si Kecil? Yuk Moms, kita manfaatkan mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan untuk mulai mengenal dan mencintai bangsanya.

(MDP)

Artikel Terkait