RUPA-RUPA
20 Mei 2020

Tunda Mudik, Lakukan 5 Kegiatan Seru di Rumah saat Lebaran

Lebaran di rumah juga bisa seru kok
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tepat pada Selasa (21/04/2020) pemerintah Indonesia melarang masyarakatnya untuk mudik, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) ke daerah. Larangan ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Alhasil, menyambut Lebaran tahun ini yang akan datang kurang dari dua minggu lagi, banyak orang menghabiskan kegiatannya di rumah saja dan mempersiapkan segala sesuatu seperti Lebaran biasanya.

Baca Juga: Kebiasaan Makan yang Buruk Selama Bulan Ramadan

Berhubung kita tidak bisa berkumpul bersama keluarga besar seperti Lebaran pada umumnya, ada baiknya Moms dan Dads mempersiapkan kegiatan seru di rumah saat Lebaran nanti. Apa saja kegiatan seru yang bisa dilakukan?

Kegiatan Seru di Rumah saat Lebaran

Berikut ini beberapa ide aktivitas seru yang bisa dilakukan saat lebaran di rumah oleh Moms dan keluarga.

1. Silaturahmi Lewat Video Call

kegiatan seru saat lebaran di rumah

Foto: expatchild.com

Lebaran identik dengan silaturahmi bersama keluarga besar. Meskipun tidak bisa kumpul-kumpul keluarga secara langsung, tidak berarti silaturahmi harus dilewatkan juga dong.

Moms dan keluarga bisa silahturahmi lewat aplikasi video call yang biasa digunakan. Cukup dengan smartphone atau laptop dan aplikasi video call yang tersambung internet.

2. Masak-masak Bersama

kegiatan seru saat lebaran di rumah

Foto: nurturingyourchildren.com

Tidak lengkap rasanya jika Lebaran tidak disambut dengan makanan yang banyak. Nah, Moms dan Dads bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk masak bareng keluarga.

Kita bisa memasak menu khas lebaran seperti ketupat hingga makanan favorit salah satu anggota keluarga. Jangan lupa membuat kue Lebaran juga ya. Moms bisa ajak Si Kecil untuk kegiatan seru di rumah saat Lebaran yang satu ini.

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Mudah untuk Memasak Bersama Anak di Akhir Pekan

3. Nonton Film Seru Bareng Keluarga

kegiatan seru saat lebaran di rumah

Foto: mydomaine.com

Menonton film baru, khususnya yang bertema religi merupakan salah satu ide klasik untuk menghabiskan Lebaran bersama keluarga di rumah. Tidak perlu jauh-jauh ke mall dan mengeluarkan uang, coba ciptakan ruangan ala bioskop di rumah.

Bisa dicoba dengan mematikan lampu, tutup tirai jendela, dan siapkan popcorn untuk dinikmati sembari menonton. Bahkan kita bisa movie marathon sambil ngobrol bersama di ruang keluarga tanpa perlu mengganggu orang lain.

4. Main Board Games

kegiatan seru saat lebaran di rumah

Foto: Orami Photo Stock

Jika mencari aktivitas seru selama Lebaran yang bisa dilakukan bersama Si Kecil dan pasti akan disukai, maka board games jawabannya.

Beberapa board games populer antara lain othello, twister, jenga, dan monopoli. Jika sudah sering dimainkan, Moms bisa menggantinya dengan mainan tradisional seperti congklak misalnya. Seru sekaligus bernostalgia!

Untungnya lagi, board games bisa dimainkan semua orang, jadi akan ramai dan lebih seru tentunya.

Baca Juga: Benarkah Board Games dapat Mencegah Penurunan Kognitif?

5. Karaoke dan Tukar Kado

kegiatan seru saat lebaran di rumah

Foto: mentalfloss.com

Kegiatan seru di rumah saat Lebaran lainnya yang bisa dilakukan saat Lebaran di rumah, apalagi jika bukan karaoke dan tukar kado. Karaoke adalah kegiatan asik yang bisa dinikmati bersama-sama. Lagipula banyak pilihan lagu ini bisa kamu cari di YouTube dengan gratis.

Selain berkaraoke, kamu juga bisa bertukar kado antar anggota keluarga. Karena tidak bisa membagikan amplop Lebaran, ada baiknya Moms dan keluarga di rumah termasuk Si Kecil, mencoba acara tukar kado yang seru.

Itu dia Moms beberapa kegiatan seru di rumah saat Lebaran yang bisa dicoba. Jadikan Lebaran di rumah asik dan menyenangkan ya!

Artikel Terkait