SELEBRITI
7 Mei 2019

Tya Ariestya Pulang ke Rumah Pasca Melahirkan, Ini 4 yang Wajib Diperhatikan saat Membawa Bayi Pulang

Saat membawa bayi pulang ke rumah, pastikan ibu telah mempersiakan hal-hal berikut ini ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Orami

Selamat Tya Ariestya atas kelahiran anak keduanya pada 30 April 2019 lalu!

Setelah lima hari menginap di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda, Menteng, setelah melahirkan, Tya dan bayi mungilnya diperbolehkan pulang ke rumah pada Senin (6/5).

Hal ini disampaikan langsung oleh Tya melalui akun Instagramnya @tya_ariestya.

“Hari ini kita pulang dari @rsubundajakarta, pasti sebelum pulang dikasih bekal-bekal buat di rumah. Mulai dari cara nyusuin yang benar, mandiin bayi, pijat bayi, cara ngasih asip, dll,” tulis Tya Ariestya.

Baca Juga: Kisah Tya Ariestya Mengidap PCOS dan Perjuangannya Memiliki Anak Lewat Program Bayi Tabung

Dalam keterangan foto yang ditulis, istri dari Irfan Ratinggang ini juga tidak lupa untuk membagikan tips untuk membedong bayi yang ia pelajari langsung dari rumah sakit tempat ia melahirkan.

Jika Moms juga baru saja melahirkan seperti Tya, ada beberapa hal yang perlu Moms persiapkan saat Si Kecil hendak dibawa pulang ke rumah. Apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini!

1. Pastikan Kendaraan yang Digunakan Nyaman

attractive-automobile-car-1399287.jpg

Pastikan car seat atau tempat duduk untuk bayi di mobil sudah terpasang dengan aman dan nyaman.

Moms tidak dianjurkan untuk menggendong bayi dalam pelukan selama perjalanan ke rumah, walaupun dengan jarak tempuh yang dekat. Si Kecil bisa saja jatuh atau terlempar ke dashboard saat terjadi rem mendadak.

Sebaiknya orang tua belajar cara memasang dan menggunakan kursi bayi di mobil sebelum anak lahir. Moms pasti tidak mau dong bersusah payah menggendong bayi di parkiran, sambil menunggu kursinya terpasang dengan baik. Jadi pelajari terlebih dahulu ya.

2. Pastikan Semua Kebutuhan Baik sudah Siap

accessories-adorable-baby-325867.jpg

Jauh hari sebelum proses kelahiran, kita sudah harus menyiapkan kebutuhan-kebutuhan penting yang ibu dan bayi perlukan pascakelahiran nantinya.

Siapkan sebuah ruangan yang akan digunakan Moms dalam mengurus bayi nantinya. Jangan lupa untuk mengisi ruangan ini dengan barang-barang seperti popok bayi, kain untuk bedong bayi, pakaian bayi, selimut, bantal dan guling bayi, botol susu, keperluan untuk menyusui, snack untuk ibu menghabiskan waktu di ruangan tersebut, dan lain-lain.

Dengan begitu saat membawa Si Kecil pulang ke rumah, semuanya sudah siap dan ibu tidak perlu repot lagi.

Baca Juga: Mengenal Gentle Birth Sebagai Alternatif Metode Melahirkan

3. Menjaga Kebersihan Rumah

apartment-chairs-contemporary-1743227.jpg

Selain menyiapkan kebutuhan bayi, menjaga kebersihan rumah sebelum bayi pulang juga sangat penting. Kulit bayi yang baru lahir masih sensitif dan rentan terhadp berbagai macam penyakit.

Rumah yang berdebu dan kotor, bukan tidak mungkin akan menyebabkan Si Kecil terkena alergi. Karenanya hal ini tidak boleh disepelekan.

Moms bisa meminta asisten rumah tangga untuk menyapun, mengepel, mengelap kaca, hingga membersihkan perabotan dan pernak-pernik di rumah. Pastikan rumah bersih, nyaman, dan terhindar dari kotoran.

4. Pelajari Dasar Cara Merawat Anak

baby-child-cute-1557255.jpg

Pascamelahirkan, penting bagi Moms untuk mempelajari beberapa hal yang diperlukan untuk mengurus anak. Salah satu yang penting adalah cara bedong bayi.

Membedong bayi dengan cara yang baik dan benar penting untuk diperhatikan karena berfungsi untuk memberi kehangatan pada bayi yang baru saja lahir. Selain itu, bedong bayi juga mampu membantu menenangkan bayi, membuatnya lebih baik, dan membantu mengurangi risiko SIDS saat bayi tidur.

Untuk membedong bayi, Moms tidak perlu melakukannya terlalu kencang agar tidak mengganggu pernapasan anak. Selain itu, mitos tentang bedong bayi berguna untuk meluruskan kaki dan tangan anak juga tidak tepat.

Jadi saat membedong bayi, Moms tidak perlu meletakan tangan bayi secara lurus di kiri dan kanan. Cukup letakkan di bagian depan, agar Si Kecil bebas bergerak.

Itulah beberaoa tips dasar dan penting yang perlu Moms dan keluarga perhatikan sebelum membawa bayi yang baru lahir pulang ke rumah. Pastikan semuanya sudah siap, sehingga Moms tidak panik lagi ya.

(AWD/AND)

Foto: Pexels.com

Artikel Terkait