NEWBORN
22 April 2018

Ubi Ungu dan Manfaatnya sebagai MPASI Bayi

Butuh inspirasi varian MPASI berbahan ubi ungu untuk si kecil? Cek di sini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh fitria.rahmadianti
Disunting oleh fitria.rahmadianti

Di pasaran, Moms dapat menemukan beberapa warna ubi jalar, mulai dari ubi putih, ubi kuning, sampai ubi ungu atau ubi merah. Ubi jalar merupakan salah satu sumber karbohidrat kaya vitamin A dan betakaroten, khususnya ubi berwarna ungu (ubi jalar merah). Semakin gelap warna ubi yang Moms pilih, semakin tinggi kandungan betakaroten serta antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Manfaat Ubi Jalar Ungu/Merah

Keutamaan ubi jalar ungu yakni kaya kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan pertumbuhan. Menurut Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM), terdapat 963 mikrogram vitamin A di dalam 86 gram ubi jalar. Berdasarkan US Recommended Daily Allowance (RDA), bayi usia 6-12 bulan memiliki kebutuhan vitamin A 350 mikrogram per hari, sedangkan anak-anak 1-3 tahun hanya membutuhkan 300 mikrogram vitamin A per hari (1.000 IU). Bukan hanya itu, ubi jalar merah juga mengandung kalsium, vitamin E, potasium, vitamin C, zat besi dan serat yang sangat baik bagi kesehatan.

dr. Julistio Djais, SpA(K), Kes., menyampaikan bahwa ubi merah/ungu sangat baik dijadikan MPASI karena tidak hanya mengandung gizi yang sangat lengkap dan seimbang, namun juga mengandung antioksidan alami berupa betakaroten dan antosianin. Oleh karena itu, ubi jalar ungu bagus diperkenalkan sejak bayi berusia 6-7 bulan. MPASI yang dibuat menggunakan bahan pure ubi merah yang sudah diencerkan dengan ASI memiliki rasa yang manis dan bertekstur lembut.

Pengolahan Ubi Ungu sebagai MPASI

Ada begitu banyak pilihan pengolahan ubi ungu yang bisa Moms berikan kepada si kecil dalam bentuk MPASI. Beberapa sajian MPASI berbahan ubi antara lain:

  1. Jus ubi ungu

Moms bisa dengan mudah membuat jus dari ubi jalar menggunakan blender. Hal yang penting untuk Moms ingat pada proses ini adalah pastikan ubi jalar sudah dikukus hingga teksturnya benar-benar lembut.

  1. Pure ubi jalar ungu

Selain jus, Moms juga bisa memberikan ubi jalar ungu kepada si kecil dalam bentuk pure. Caranya, campurkan 3 sendok makan ASI ke dalam ubi jalar ungu yang sudah Moms rebus/kukus dan haluskan.

  1. Bubur ayam, ubi, apel

Moms juga bisa membuat bubur ayam dengan campuran apel dan ubi jalar ungu. Bahan-bahan yang dibutuhkan sama dengan membuat bubur ayam biasa, hanya saja Moms perlu menambah ¼ buah apel dan satu buah ubi jalar ungu berukuran kecil ke dalamnya.

  1. Camilan ubi jalar ungu

Ubi jalar ungu yang sudah dikukus juga bisa menjadi camilan lezat seiring usia si kecil yang kian bertambah. Dengan begitu, si kecil bisa melatih giginya yang sedang tumbuh dan perlahan-lahan belajar mengenal tekstur yang bervariasi sesuai usianya.

Baca juga: Trik Menyiapkan Homemade MPASI Sehat

(RGW)

Artikel Terkait