KEHAMILAN
8 Agustus 2019

Untuk Calon Ibu Baru, Ini Tanda Melahirkan yang Perlu Diketahui

Wajar jika Moms merasa nyeri punggung yang berlebihan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Di saat tengah hamil tua, rasa gugup bercampur bahagia pasti mulai dirasakan oleh ibu hamil yang tengah menunggu kelahiran buah hatinya. Bagi para ibu muda, mungkin gugup karena akan melahirkan untuk pertama kalinya, sedangkan rasa bahagia karena akan bertemu buah hati sebentar lagi.

Biasanya para ibu muda ini juga suka bingung nih, seperti apa sih tanda-tanda melahirkan? Bahkan untuk Moms yang sudah pernah melahirkan saja, pasti masih bingung bagaimana tanda-tanda melahirkan.

Apakah akan terjadi kram perut? Apakah akan sakit sekali? Seperti apa kontraksinya? Apakah itu air ketuban, atau hanya urin yang bocor akibat perut menampung bobot yang berat. Lalu berapa lama waktunya?

Nah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, berikut ini ada beberapa tanda-tanda melahirkan yang akan ibu hamil alami. Simak yuk Moms.

Baca Juga: Cara Membedakan Kontraksi Asli dan Palsu Serta Ciri-cirinya

1. Pecah Air Ketuban

tanda-tanda melahirkan

Foto: romper.com

Tanda melahirkan yang pertama adalah pecah air ketuban. Jika Moms khawatir air ketuban Moms akan pecah sebelum waktunya, jangan terlalu khawatir, karena dalam satu penelitian, hanya 8 persen perempuan yang terbukti mengalami pecah air ketuban sebelum mulai mengalami kontraksi teratur.

Bahkan jika air ketuban pecah, Moms pasti akan merasakan kebocoran kecil, bukan kebocoran yang langsung besar, karena kepala bayi akan mencegah terlalu banyak cairan yang bocor.

“Setelah air ketuban pecah, biasanya berarti sudah mendekati proses persalinan,” kata Carol J. Grabowski, kepala staf divisi wanita di Long Beach Memorial Medical Center, California.

Sebanyak 80 persen wanita secara spontan melahirkan dalam waktu 12 jam setelah air ketuban pecah. Dan tidak perlu diinduksi lagi, karena risiko infeksi akan meningkat setelah kantung ketuban pecah.

Baca juga: Faktor Penyebab Air Ketuban Menyusut di Dalam Rahim

2. Keluar Lendir Berwarna Kemerahan atau Bloody Show

tanda-tanda melahirkan

Foto: healthline.com

Tanda melahirkan yang selanjutnya adalah keluar lendir berwarna kemerahan atau bloody show. Selama kehamilan, serviks akan tetap tertutup dan tersumbat oleh lendir. Ini merupakan hal alami melindungi bayi dari infeksi.

Tetapi ketika sudah mendekati persalinan, serviks akan mulai melebar dan melunak dalam persiapan untuk melahirkan.

Lendir yang keluar ini akan terlihat berwarna kecokelatan, mulai dari warna merah darah tua atau merah muda saat serviks terus menipis dan terbuka. Hal ini menyebabkan pembuluh darah kecil pecah di sepanjang permukaan serviks dan mencemari lendir.

"Setelah melihat bloody show"ini, maka persalinan bisa terjadi dalam waktu dekat,” tutur Dr. Grabowski.

3. Kontraksi yang Luar Biasa Sakit dan Terus Menerus

tanda-tanda melahirkan

Foto: hellosehat.com

Tanda melahirkan yang selanjutnya adalah kontraksi yang luar biasa sakit dan terus menerus. Semakin mendekati persalinan, kontraksi akan dimulai dari kram ringan dan tidak teratur, lalu menjadi lebih sering dan menyakitkan dari waktu ke waktu. Moms biasanya tidak bisa merasakan bayi bergerak selama terjadi kontraksi.

Kontraksi ini berfungsi untuk mendorong kepala bayi ke bawah, sehingga perlahan-lahan membuka leher rahim. Ini disebut juga dengan penipisan dan pelebaran.

"Sepanjang waktu, Moms akan merasakan kontraksi yang kuat dimulai dari punggung hingga menyebar ke depan perut Moms," kata Kay Johnson, bidan perawat bersertifikat di Atlanta.

Baca Juga: Segera Lakukan Hal Ini Saat Kontraksi Agar Proses Melahirkan Berlangsung Cepat

4. Sakit Punggung yang Amat Sangat

tanda-tanda melahirkan

Foto: spine-health.com

Tanda melahirkan yang selanjutnya adalah sakit punggung yang amat sangat. Sebagian besar ibu hamil, akan merasakan sakit punggung yang lebih sering menjelang masa-masa persalinan.

"Biasanya, seorang bayi menuruni jalan lahir dengan wajah menempel di tulang belakang ibu," kata Johnson. "Tetapi dalam beberapa kasus, bayi turun dengan tengkoraknya mengenai tulang punggung ibu,” tambah Johnson

Jika sakit punggung Moms sudah terasa sangat menyiksa, ini adalah tanda-tanda melahirkan yang sudah semakin dekat.

Itulah beberapa tanda melahirkan yang perlu Moms ketahui. Semoga artikel ini membantu para Moms yang akan melahirkan untuk pertama kalinya ya.

Ingat segala sesuatunya akan terasa lebih berat dan menyakitkan menjelang persalinan jika Moms dalam kondisi stres. Jadi, sebisa mungkin tetap rileks ya Moms.

Artikel Terkait