FASHION & BEAUTY
5 September 2020

Urutan Skincare untuk Kulit Berjerawat, Jangan Sampai Salah!

Ada step-step yang harus kita ikuti
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Jerawat adalah masalah yang dihadapi sejuta umat alias banyak orang. Namun sering yang sebal dan kesal dengan kehadiran si jerawat ini adalah kaum hawa atau perempuan. Benar nggak Moms?

Jika Moms memiliki pori-pori wajah yang besar dan mudah berjerawat, maka kulit Moms termasuk jenis acne prone. Hal ini tidak terlepas dari kulit Moms berminyak atau kering.

“Jerawat bisa dimiliki kulit berminyak atau kering. Kulit kering bisa acne prone karena dipengaruhi faktor lingkungan, rutinitas perawatan kulit yang buruk sehingga menyumbat pori-pori,” ungkap Dr. Yoram Harth, dokter kulit bersertifikat di Tel Aviv University.

Moms tidak perlu merasa minder karena memiliki kulit acne prone. Faktanya, menurut jurnal dari Institute for Quality and Efficiency in Health Care, faktor terbesar seseorang memiliki kulit acne prone karena hormon yang bisa membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak.

Faktor lainnya seperti faktor genetik, tingkat stres, atau makanan yang dikonsumsi memang bisa berpengaruh, tapi paling terbesar adalah hormon.

Jadi, sulit rasanya untuk mampu mengontrol hormon. Hal ini juga yang menyebabkan wanita pada masa menstruasi, hamil, atau menyusui akan lebih mudah untuk muncul jerawat.

Mungkin terkadang kita malas melakukan berbagai perawatan untuk menghilangkan jerawat di wajah ini dan hanya membiarkannya hingga hilang dengan sendirinya.

Namun sebenarnya, jika dibiarkan begitu saja, bisa berisiko bertambah parah dan banyak lho Moms.

Baca Juga: 6 Produk Skincare yang Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Makanya Moms disarankan untuk mengaplikasikan skincare yang tepat ke kulit wajah, agar terhindari dari segala masalah kulit wajah, terutama membasmi jerawat-jerawat yang betah tinggal di wajah kita.

Nah, untuk melakukannya, kita perlu tahu nih urutan penggunaan skincare malam yang tepat untuk pemilik kulit bejerawat.

Apa saja ya Moms yang harus dilakukan? Yuk tengok di bawah ini.

Urutan Skincare untuk Kulit Jerawat

Agar tetap terjaga kesehatannya, berikut dirangkum urutan skincare malam yang tepat untuk kulit jerawat yang dapat Moms coba di rumah.

1. Lakukan Double Cleansing!

urutan skincare untuk kulit berjerawat

Foto: Orami Photo Stock

Urutan skincare malam untuk kulit bejerawat yang pertama adalah dengan melakukan double cleansing.

Langkah pertama ini sangat penting untuk dilakukan, terutama setelah beraktivitas di luar rumah seharian. Namun walaupun hanya di rumah saja, juga harus dilakukan ya Moms.

Untuk itu, Moms bisa membersihkan segala riasan wajah dan kotoran yang menyumbat pori-pori menggunakan produk first cleanser.

Namun, pilihlah produk yang water based seperti micellar water. Hindari produk dengan kandungan pekat atau berbasil oil sepeti cleansing oil.

Hal ini dikhawatirkan dapat membuat wajah jadi terasa berminyak dan memicu masalah jerawat makin parah.

Baca Juga: Double Cleansing Wajah, Kapankah Diperlukan?

2. Gunakan Face Wash yang Lembut

mengatasi kulit berjerawat

Foto: Orami Photo Stock

Urutan skincare malam untuk kulit berjerawat yang kedua adalah mencuci wajah agar kondisinya benar-benar bersih sehingga tidak ada alasan jerawat datang menghampiri. Namun, jangan asal sembarang memilih produk facial wash.

Dibandingkan memakai pembersih wajah khusus kulit berjerawat, lebih baik gunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas sulfat.

Mengapa demikian? Pembersih wajah khusus kulit berjerawat biasanya terlalu keras dan bisa membuat kulit menjadi lebih kering.

Sebaiknya, gunakan pembersih wajah yang lembut khusus untuk kulit acne prone.

Jenis pembersih ini mampu melarutkan kelebihan minyak, kotoran, bakteri, tanpa membuat kulit menjadi lebih kencang dan rentan iritasi.

Selain itu, pilih juga produk yang berlabel non-comedogenic agar tidak menyumbat pori dan menimbulkan jerawat baru.

American Academy of Dermatology mengungkapkan, cucilah wajah sebanyak dua kali, saat bangun dan sebelum tidur. Hindari mencuci wajah terlalu sering karena bisa membuat kulit semakin mudah berjerawat.

3. Jangan Lupa Scrub Wajah

scrub wajah untuk kulit berjerawat

Foto: healthline.com

Urutan skincare malam untuk kulit jerawat selanjutnya ini bisa Moms lakukan setiap 2 kali dalam seminggu.

Ingat ya, jangan melakukannya setiap hari, karena justru dapat membuat wajah menjadi over exfoliating dan menimulkan jerawat baru.

Scrub wajah bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah dan biasa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Pilihlah butiran scrub yang halus atau berjenis chemical exfoliator.

Baca Juga: Yuk Kenali Fungsi Facial Scrub, Bisa Bikin Kulit Halus!

4. Pakai Toner yang Tepat

toner untuk kulit berjerawat

Foto: Orami Photo Stock

Urutan skincare malam untuk kulit bejerawat selanjutnya adalah dengan mengoleskan toner.

Selain untuk menyegarkan wajah, toner juga berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit setelah mencuci wajah.

Moms dapat memilih toner dengan kandungan tea tree atau salicyclic acid yang juga sekaligus mampu menangkal masalah jerawat hingga pori-pori.

Selain itu, keduanya juga dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah kita.

5. Cari Serum yang Mengandung Hyaluronic Acid

urutan skincare untuk kulit berjerawat

Foto: Orami Photo Stock

Urutan skincare selanjutnya yaitu menggunakan serum secara rutin setiap malam. Saat ini tersedia berbagai macam jenis serum di pasaran.

Nah, Moms bisa memilih serum dengan kandungan hyaluronic acid di dalamnya.

Kandungan ini dipercaya dapat membantu menutrisi wajah agar terbebas dari tanda-tanda penuaan, plus untuk mengobati masalah jerawat aktif kita.

Ketika jerawat tengah meradang, kulit Moms membutuhkan pertolongan. Coba pakai serum berbahan aktif sebagai langkah perawatan kulit di malam hari.

Moms bisa mencoba kandungan bahan seperti adapalene, asam salisilat (BHA), benzoyl peroxide, dan niacinamide untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, menenangkan peradangan, dan menyeimbangkan produksi minyak.

Baca Juga: Cocok untuk Kulit Berminyak, Ketahui Apa Itu Exfoliating Toner

6. Kunci dengan Pelembap Ringan

pelembap wajah yang tepat bisa mengatasi kulit berjerwat

Foto: Orami Photo Stock

Urutan skincare malam untuk kulit bejerawat yang terakhir, jangan lupa untuk selalu menutup rangkaian perawatan dengan pelembap wajah.

Gunakan pelembap yang ringan dan bebas minyak, dengan tekstur gel bisa menghidrasi kulit tanpa membuatnya menghasilkan terlalu banyak sebum.

Gunakan pelembap yang berbahan dasar hyaluronic acid, glycerin, atau ceramide.

Itu dia Moms urutan skincare untuk kulit berjerawat. Coba diterapkan ya Moms!


Sumber: glitzmedia.co

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari GLITZMEDIA.CO

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Artikel Terkait