BAYI
8 Oktober 2019

Usia Terbaik Mengajak Bayi Berenang Pertama Kali

Sebelum mengajak bayi berenang di kolam umum, pastikan usianya sudah mencukupi
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Melihat bayi tersenyum dan gembira saat Si Kecil bermain-main di bak mandi pasti menjadi salah satu pemandangan paling menyenangkan bagi Moms dan Dads.

Hal ini mungkin membuat Moms bertanya-tanya, sudah bisakah bayi berenang ke kolam renang umum atau pantai?

Yuk temukan jawaban atas pertanyaan Moms berikut ini.

1. Waktu Memulai

1 Waktu Memulai.jpg

Foto: aquababiesglobal.com

Kolam renang umum yang mungkin terlihat bersih, bisa tetap menyimpan bahaya bagi bayi berenang di usia tertentu.

Kolam dapat mudah terkontaminasi dengan bakteri yang menyebabkan diare, sehingga sangat berbahaya jika bayi berenang di saat usianya masih terlalu muda.

"Untuk bayi baru lahir yang berusia kurang dari 2 bulan, kami benar-benar mengkhawatirkan imunitasnya, dimana bayi sangat rentan terhadap penyakit. Jadi saya menyarankan orang tua untuk tidak membawa bayi berenang ke kolam renang, danau, laut, dan sebagainya," kata Howard Reinstein, seorang dokter anak di Encino, California dan juru bicara American Academy of Pediatrics (AAP), seperti dikutip dari babycenter.com.

Dikutip dari thebump.com, waktu bayi berenang paling optimal atau paling terlambat adalah di usia enam bulan.

Diharapkan pada usia ini, setidaknya bayi sudah pernah berenang atau mengikuti kelas renang bayi. Karena di usia delapan bulan biasanya bayi mulai mengembangkan konsep rasa takut.

Jika ika bayi sudah terbiasa berada di dalam air pada usia tersebut, maka bayi akan lebih mudah beradaptasi untuk sesi berenang selanjutnya.

Baca juga : 5 Manfaat Olahraga Gymnastic Untuk Balita

2. Durasi Bayi Berenang

2 Durasi Bayi Berenang.jpg

Foto: babywise.life

Pada usia enam bulan, bayi mungkin belum dapat diajarkan suatu gaya berenang, tetapi bayi akan mendapatkan keterampilan awal dan kenyamanan di dalam air, untuk memudahkan bayi berenang beradaptasi.

“Sama seperti bayi pada umumnya, dimana bayi akan merangkak sebelum belajar berjalan. Maka di kolam, bayi akan belajar menendang dan mendayung sebelum belajar berenang," ungkap Nichole Steffens, manajer akuatik untuk Palang Merah Amerika, seperti dikutip dari thebump.com.

Untuk durasi awal, pastikan waktu bayi berenang singkat atau tidak lebih dari 10 menit.

Jangan biarkan bayi berenang lebih dari 30 menit di awal dan keluarkan bayi berenang dari kolam, jika bayi mulai terlihat menggigil atau tidak nyaman.

3. Pengalaman Pertama

3 Pengalaman Pertama.jpg

Foto: parential.com

Perlu diingat bahwa suhu tubuh bayi dapat berubah dengan sangat cepat.

Hal ini dikarenakan bayi belum cukup matang untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri, sampai ia berusia sekitar 12 bulan. Untuk itu, pastikan airnya cukup hangat saat bayi berenang.

Dikutip dari babycenter.com, suhu air kolam yang disarankan untuk bayi berenang adalah 29-30 derajat celsius.

"Cara termudah dan teraman untuk bayi berenang yang bahagia adalah pengalaman berenang di bak mandi," kata Rita Goldberg, CEO British Swim School, seperti dikutip dari thebump.com.

Untuk itulah, sebelum mengajak bayi berenang ke kolam renang umum atau pantai, tidak ada salahnya membiasakan bayi berenang di bak mandi rumah untuk melihat reaksi Si Kecil.

Baca juga : 4 Olahraga Bersama Balita Ini Bisa Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

(GS/CAR)

Artikel Terkait