GAYA HIDUP
20 Februari 2020

7 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut, Yuk Coba!

Lelah bau mulut tak hilang-hilang? Atasi dengan bahan-bahan alami ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, punya halitosis atau bau mulut tidak sedap bisa berakibat buruk pada kepercayaan diri dan kehidupan sosial, lho. Ada beberapa penyebab bau mulut, misalnya merokok, konsumsi alkohol, terlalu banyak makan bawang, atau karena kebersihan mulut seperti gigi yang kurang diperhatikan.

Tak hanya itu, kurangnya air liur di mulut juga bisa menyebabkan bau mulut. Tapi tak usah khawatir, sebab Moms bisa kok menghilangkan bau mulut dengan bahan-bahan alami ini.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Selain murah, Moms juga bisa mendapatkannya dengan mudah di rumah. Bahan-bahan alami ini terbukti efektif menghilangkan bau mulut. Apa saja bahan-bahan tersebut? Yuk, simak.

Baca Juga: Gampang Dibuat, Ini 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak

1. Rajin Membersihkan Mulut

ini usia yang tepat untuk anak memakai odol saat sikat gigi 2

Menurut Journal of Natural Science, Biology, and Medicine, kesehatan gigi dan mulut yang buruk menjadi penyebab umum bau mulut.

Tidak perlu muluk-muluk, langkah pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau mulut adalah rajin menggosok gigi, Moms.

Penelitian dari Journal of Natural Science, Biology and Medicine menyebutkan bahwa kebersihan gigi yang buruk adalah penyebab utama halitosis.

Untuk itu, mencegah penumpukan plak adalah kunci utama untuk menjaga kebersihan mulut. Gunakan pasta gigi berfluoride untuk menyikat gigi. Sikat gigi selama dua menit, setidaknya dua kali sehari (pagi dan malam).

Moms bisa juga menyikat gigi setelah makan untuk mencegah pembusukan makanan dan bau mulut.

2. Peterseli

Peterseli adalah obat tradisional yang populer untuk bau mulut. Aroma segar dan kandungan klorofil yang tinggi bisa menghilangkan bau mulut.

Kunyah daun segar peterseli setiap habis makan atau beli suplemen yang mengandung peterseli untuk menghilangkan bau mulut.

3. Nanas

5 nanas

Banyak orang percaya bahwa jus nanas adalah pengobatan yang paling cepat dan paling efektif untuk bau mulut. Namun, sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang mendukung teori ini, hanya ada laporan catatan khusus saja yang menunjukkan bahwa jus nanas memang bekerja sebagai penghilang bau mulut.

Moms cukup mengonsumsi jus nanas setiap habis makan atau kunyah irisan nanas selama 1-2 menit. Jangan lupa berkumur kembali dengan air putih setelahnya, ya.

Baca Juga: Ini Dia Obat Alami untuk Penyakit DBD

4. Air

Sebuah studi dari Department of Oral Biology and Pathology, State University of New York menyatakan bahwa mulut kering sering jadi penyebab bau mulut.

Ternyata, air liur berperan sangat penting dalam menjaga kebersihan mulut, lho. Tanpa air liur, bakteri bisa berkembang dengan cepat.

Secara alami, mulut mengering saat tidur, itulah kenapa ketika bangun tidur napas Moms bisa lebih buruk baunya. Untuk itu, cegah mulut kering Moms dengan tetap menjaga tubuh terhidrasi.

Minum air putih sebanyak 2 liter sehari untuk mendorong produksi air liur dan menyehatkan tubuh.

5. Jeruk

2-jusjeruk.jpg

Kandungan asam nitrat dalam jeruk bisa merangsang kelenjar air liur dan mendorong aliran air liur jadi lebih menyegarkan. Jeruk bisa membantu menghilangkan bau mulut setelah Moms mengonsumsi makanan yang berbau tidak menyegarkan, seperti bawang putih, bawang merah, atau keju.

Konsumsi buah jeruk setelah makan bisa membantu menyegarkan napas.

6. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel atau apple cider vinegar punya banyak sekali manfaat, salah satunya menghilangkan bau mulut. Cuka sari apel bisa menyeimbangkan tingkat pH di mulut sehingga halitosis bisa hilang.

Ambil satu sendok makan cuka sari apel mentah, tambahkan ke dalam segelas air, dan minum campuran ini sebelum makan. Cuka sari apel bisa membantu pencernaan Moms dan menghilangkan bau mulut.

Apabila tidak ingin dikonsumsi, cukup kumur-kumur dengan campuran cuka sari apel dan air sesudah makan.

Baca Juga: 7 Gejala Asam Lambung yang Wajib Diketahui

7. Cengkeh

antioksidan cengkeh

Cengkeh punya sifat antibakteri yang bisa menyegarkan mulut Moms. Masukkan beberapa potongan cengkeh ke dalam mulut dan kunyah selama beberapa saat setelah makan.

Moms bisa juga membuat teh cengkeh sebagai obat berkumur. Rebus satu sendok teh cengkeh ke dalam air panas selama 5-10 menit dan kumur dengan rebusan ini dua kali sehari.

Moms, itulah pilihan bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Kunci utama untuk menjaga mulut tetap segar adalah kebersihan mulut yang terjaga.

Untuk itu, jangan malas menyikat gigi dan berkumur, minimal dua kali sehari, ya Moms.

(SR/ERN)

Artikel Terkait