SELEBRITI
27 Mei 2019

Ussy Sulistiawaty Dirawat di RS, Ketahui 4 Penyebab Tifus yang Harus Diwaspadai

Waspada tifus pada anak ya Moms!
placeholder

Foto: Instagram.com/ussypratama

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menjelang Lebaran yang tinggal sebentar lagi, Ussy Sulistiawaty harus rela terbaring di rumah sakit dengan beberapa selang infus yang terpasang di tangannya.

Dalam sebuah foto yang diunggah ke Instagramnya, Ussy terlihat sedang terbaring lemah di ranjang rumah sakit, ditemani oleh putri bungsunya, Sheva Elmira Lorrenia.

"Akhirnya tepar juga ini badan," tulis Ussy dalam akunnya. Postingan dari Ussy ini banyak mendapat komentar dari sesama artis yang juga mendoakan kesembuhan Ussy.

“Get well soon shay,” ucap Ivan Gunawan.

“Gws neng,” tulis akun @ollaramlanaufar.

Ussy didiagnosa menderita tifus akibat kesibukannya dalam mengurus berbagai bisnis yang dimilikinya. Karena kelelahan, ia pun akhirnya mengalami drop dan harus menginap di rumah sakit.

Mengutip dari World Health Organization, kebersihan berperan penting dalam mencegah penyakit tifus. Lebih lanjut, menurut Dr. Ying-Ying Goh, petugas kesehatan Pasadena, tifus dapat menyebabkan komplikasi serius yang bisa menyebabkan kematian. oleh karena itu, kita perlu memberikan perhatian lebih terhadap penyakit tifus.

Penyakit ini biasa disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Bakteri ini biasa ditemukan dalam kebiasaan buruk yang sehari-hari kita lakukan, lalu masuk ke dalam tubuh kita. Apa saja? Yuk kita lihat.

Baca Juga: Kenali 6 Gejala Tifus Pada Bayi

1. Jajan Sembarangan

sakit tipes

Foto: Nirindraoktapia.blogspot.com

Nah untuk Moms yang anaknya suka jajan sembarangan, perlu mewaspadai penyakit tifus yang bisa menyerang, apalagi jika daya tahan tubuh kita sedang tidak baik.

Bakteri penyebab tifus biasanya ada dalam air yang terkontaminasi dengan feses. Lalu bakteri ini menempel pada makanan atau minuman yang kita konsumsi karena kurang bersih, seperti makanan yang dijual di pinggiran jalan.

Dari sanalah bakterinya kemudian akan masuk dalam tubuh dan menjadi penyebab penyakit tifus.

2. Makanan yang Tidak Bersih

sakit tipes

Foto: Qraved.com

Menjaga kebersihan makanan itu sangat penting. Misalnya saja jika kita mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang bisa saja sudah terkontaminasi dengan feses atau urin yang terinfeksi bakteri penyebab tifus.

Maka dari itu, Moms harus benar-benar membersihkan bahan makanan yang akan dikonsumsi apa pun itu. Jika membeli makanan dari luar, pastikan juga bahwa makanan tersebut bersih dan aman. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan sebelum makan.

Baca Juga: Diberikan Kebebasan Bereksplorasi, Anak Bungsu Ussy jadi Berani dan Percaya Diri

3. Jaga Kebersihan Air

sakit tipes

Foto: Social-impakt.com

Seperti yang telah disebutkan, bakteri penyebab tifus bisa berasal dari air yang kotor. Oleh sebab itu, kita harus menjaga kebersihan air minum yang dikonsumsi setiap harinya.

Sama halnya jika Moms atau Si Kecil senang dengan jajanan minum di pinggir jalan. Berhati-hatilah, karena dikhawatirkan air yang digunakan bukan air matang yang aman dari bakteri.

4. Toilet yang Kotor

sakit tipes

Foto: Vox.com

Menggunakan toilet yang kotor juga mungkin menyebabkan tifus. Bakteri salmonella typhi bisa hidup dan bertahan dalam feses orang yang terinfeksi. Nah jika orang tersebut menggunakan toilet, maka besar kemungkinan toilet akan terinfeksi dengan feses si penderita.

Makanya, sebelum menggunakan toilet, kita perlu memperhatikan kebersihan toilet tersebut juga. Jangan asal digunakan. Bila perlu bersihkan terlebih dahulu dengan tisu basah.

Baca Juga: 8 Benda Ini Ternyata Lebih Kotor dari Toilet!

Nah Moms, berbahaya sekali kan bakteri penyebab tifus ini? Kita bisa terinfeksi kapan saja dan di mana saja jika tidak menjaga kebersihan diri.

Oleh karena itu, pastikan selalu memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang kita konsumsi ya Moms!

(AWD)

Artikel Terkait