SELEBRITI
8 Juni 2019

Uztaz Arifin Ilham Meninggal, Begini 4 Bahaya Kanker Nasofaring bagi Tubuh

Waspada ya Moms terhadap bahaya kanker nasofaring
placeholder

Foto: instagram.com/kh_m_arifin_ilham

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Orami

Kabar duka datang dari salah satu guru besar umat Muslim di Indonesia. Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada 22 Mei 2019 di salah satu rumah sakit di Penang, Malaysia.

Kabar duka ini disampaikan langsung oleh putra sulungnya Muhammad Alvin Faiz melalui akun Instagram. Dalam postingannya, Alvin juga berharap amal ibadah ayahnya dapat diterima disisi Allah SWT.

Ustaz Arifin Ilham meninggal di usia 49 tahun, akibat menderita penyakit kanker nasofaring yang telah cukup lama menggerogotinya.

Kondisinya sempat membaik, namun Ustaz Arifin Ilham mendadak kritis lagi sampai akhirnya meninggal dunia.

National Cancer Institute menjelaskan bahwa kanker nasofaring merupakan kanker yang terletak di belakang hidung dan bagian atas tenggorokan. Jenis kanker ini termasuk sulit dideteksi sejak dini.

Gejala-gejalanya pun sulit untuk dikenali, sehingga memerlukan bantuan media untuk melakukan berbagai pemeriksaan khusus.

Lalu apa saja bahaya yang disebabkan oleh kanker nasofaring? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Uztaz Arifin Ilham Dirawat di Penang, Ini 3 Rekomendasi Rumah Sakit Kanker di Penang

1. Menyebabkan Gangguan Pendengaran

Penderita akan mengalami gangguan pendengaran karena salah satu saluran di teli­nganya, yaitu tubaeustachius, terganggu oleh sel kanker.

Gangguan pada telinga ini seperti dengungan yang disertai dengan rasa sakit. Lama-kelamaan kemampuan mendengar si penderita pun akan semakin berkurang.

Baca Juga: 5 Fakta Kanker Nasofaring yang Menyerang Uztaz Arifin Ilham

2. Menimbulkan Perdarahan Hidung

National Health Service Inggris juga menyebutkan bahwa kanker nasofaring dapat menyebabkan perdarahan.

Perdarahan yang terjadi pada penderita ini mirip mimisan tapi bukan hanya terjadi sekali dua kali, melainkan berulang. Perdarahannya pun mulai dari tahap yang ringan hingga berat.

3. Menimbulkan Benjolan

Benjolan ini muncul akibat kelenjar getah bening yang kemungkinan besar tengah berusaha melawan sel kanker nasofaring. Akibatnya leher pun akan membengkak dan membesar.

Baca Juga: Uztaz Arifin Ilham Derita Kanker Nasofaring, Ini 6 Faktor Penyebabnya

4. Kelumpuhan Saraf Bola Mata

Jika sudah parah, si penderita awalnya akan mengalai nyeri kepala seperti migrain. Namun, karena terjadi secara berulang, akan menyebabkan pandangan menjadi ganda karena penyebaran tumor sudah masuk ke otak dan pada akhirnya menyebabkan kelumpuhan saraf bola mata.

Gejala kanker nasofaring memang tidak terlalu lihat seperti jenis kanker lainnya. Tapi jika Moms mulai merasa gejalan ringannya seperti hidung tersumbat yang menahun, sakit kepala, serta infeksi telinga, sebaiknya Moms mulai memeriksakan diri.

Artikel Terkait