KEHAMILAN
31 Maret 2020

Vaginosis Bakterialis Sebabkan Wanita Sulit Hamil?

Gejalanya mirip ISK lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setiap kali mengalami gatal-gatal atau keputihan di organ intim, Moms mungkin langsung menganggap itu sebagai infeksi jamur.

Sayangnya, kondisi itu tidak selalu disebabkan oleh infeksi jamur lho, Moms. Bisa jadi Moms justru sedang mengalami vaginosis bakterialis atau bacterial vaginosis (BV), yang dianggap sebagai salah satu penyebab wanita sulit hamil.

Apa Itu Vaginosis Bakterialis?

Vaginosis Bakterialis Sebabkan Wanita Sulit Hamil? 1

Foto: pexels.com

Mengutip UNC Health Talk, vaginosis bakterialis adalah infeksi bakteri di organ intim wanita yang disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri.

Ketika ada terlalu banyak jenis bakteri tertentu, termasuk jenis yang disebut gardnerella vaginalis, itu dapat menyebabkan terjadinya infeksi. Meskipun BV bukanlah infeksi menular seksual, namun hubungan seksual dapat mengubah pH di vagina atau dengan memindahkan bakteri.

Umumnya, BV terjadi pada wanita berusia 15 hingga 44 tahun, yang jika tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya.

“Karena infeksi jamur dan BV memiliki gejala yang mirip, mungkin sulit untuk mengetahui apa yang sebenarnya Anda alami dan mendiagnosis sendiri biasanya tidak akan akurat,” kata Rachel Urrutia, MD, seorang OB-GYN di UNC Medical Center dan asisten profesor di Fakultas Kedokteran University of North Caroline, seperti dikutip dari UNC Health Talk.

“Perhatikan gejalanya dalam beberapa hari sebelum mengambil tindakan apa pun. Jika Anda yakin mengalami infeksi jamur, tidak masalah untuk minum obat anti jamur sebelum menemui dokter.”

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Bisa Bikin Sulit Hamil, Benarkah?

Pengobatan vaginosis bakterialis biasanya membutuhkan waktu hingga satu minggu, namun Dr. Urrutia menyarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika kondisi Moms tidak kunjung membaik dalam kurun waktu tersebut.

Bagaimana Gejala Vaginosis Bakterialis?

Vaginosis Bakterialis Sebabkan Wanita Sulit Hamil? 2

Foto: pixabay.com

“Tanda utamanya adalah bau. Banyak wanita yang menggambarkan bau itu sebagai amis dan sangat menyengat,” kata John Adams, MD, seorang ginekolog di Waverley Private Hospital, Mount Waverley, seperti dikutip dari Bustle. “Bau amis itu bahkan cenderung memburuk setelah Anda berhubungan seks. Ini karena semen meningkatkan pH dan melepaskan amina yang berkontribusi meningkatkan bau.”

Selain bau, vaginosis bakterialis juga menyebabkan vagina mengeluarkan keputihan berwarna abu-abu atau hijau. Bahkan BV juga bisa menyebabkan perdarahan setelah berubungan seksual, baik hanya berupa bercak atau lebih banyak.

Gejala lain yang juga cukup khas dari BV adalah munculnya sensasi terbakar saat buang air kecil seperti halnya ketika Moms mengalami ISK. Namun, pada BV, sensasi terbakar ini bisa muncul bahkan ketika Moms tidak sedang buang air kecil.

Selain sensasi terbakar dan munculnya rasa sakit di bagian dalam vagina, rasa sakit karena BV biasanya juga terasa di bagian luar vagina karena iritasi akibat keluarnya keputihan dan peradangan.

Baca Juga: Mengenal Penyebab dan Cara mengatasi PCOS, Masalah Hormon yang Membuat Sulit Hamil

Benarkah BV Penyebab Wanita Sulit Hamil?

Vaginosis Bakterialis Sebabkan Wanita Sulit Hamil? 3

Foto: omega3innovations.com

Vaginosis bakterialis lebih sering ditemukan pada wanita tidak subur, khususnya mereka yang menderita penyakit polikistik ovarium (PCOD) dan infertilitas yang tidak dapat dijelaskan, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Obstetrics & Gynecology and Reproductive Biology.

Peneliti dari studi tersebut bahkan menemukan bahwa BV sangat berhubungan dengan infertilitas wanita dan menjadi penyebab dari infertilitas yang tidak dapat dijelaskan.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana BV dapat merusak kesuburan dan hubungan antara BV dengan kadar androgen yang meningkat pada wanita dengan PCOD.

Dalam penelitian lain yang diterbitkan di International Journal of Obstetrics and Gynaecoloy menemukan bahwa vaginosis bakterialis juga berkaitan dengan infertilitas faktor tuba dan keguguran dini. Namun, bukti yang ada pun masih sangat rendah sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Apakah Akan Sulit Melakukan Program Hamil Jika Sebelumnya Melakukan KB?

Meskipun belum banyak penelitian dengan bukti kuat yang menunjukkan bahwa BV adalah penyebab wanita sulit hamil, American Pregnancy mengungkapkan bahwa infeksi bakteri ini dapat mengganggu program hamil karena alasan berikut ini:

  1. BV meningkatkan peradangan dan membuat area reproduksi menjadi beracun.
  2. BV menyebabkan kerusakan pada sel sperma dan vagina.
  3. BV mengganggu produksi lendir serviks yang sehat selama ovulasi.
  4. BV menyumbat tuba falopi melalui kerusakan jaringan parut akibat infeksi sehingga sperma dan sel telur tidak bisa bertemu.

Vaginosis bakterialis memang belum benar-benar terbukti menjadi penyebab wanita sulit hamil. Namun, jika Moms mengalami satu atau lebih gejala di atas, cobalah untuk menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Artikel Terkait