RESEP
18 November 2020

Varian Resep Kue Pukis yang Anti Gagal, Yuk Coba Moms!

Siapa yang tak mengenal kue pukis? Jajanan yang satu ini punya cita rasa manis dan beraroma harum.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Siapa yang tak mengenal kue pukis? Jajanan yang satu ini punya cita rasa manis dan beraroma harum. Biasanya kue pukis jadi camilan untuk mengganjal perut ketika lapar di pagi hari.

Memang, menikmati kue pukis sambil ditemani secangkir teh sebelum memulai beraktivitas adalah perpaduan paling nikmat. Moms mungkin juga ingin membuat resep kue pukis yang sederhana.

Menurut penelitian berjudul Karakteristik Kue Pukis dari Perbandingan Modified Cassava Flour (MOCAF) dan Pasta Labu Kuning (Cucurbita moschata Durch) dijelaskan bahwa asal usul kue pukis bermula dari masa penjajahan Jepang.

Saat itu beberapa pemuda dari Sampang, Kebumen, Jawa Tengah, diculik oleh penjajah untuk dijadikan pekerja di industri pangan.

Hingga akhirnya setelah berhasil meloloskan diri, para pemuda tersebut membuat sendiri masakan-masakan yang ia pelajari ketika menjadi pekerja, salah satunya menu kue pukis.

Benar saja, keberadaan kue pukis langsung dicari banyak orang dan kini terkenal ke seluruh Indonesia. Bahkan di Sampang terdapat persatuan pengusaha kue pukis yang bernama P.D Pukis Jaya.

Kue pukis terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula pasir, dan santan. Rasanya manis, gurih, dan teksturnya lembut.

Kini, seiring berjalannya waktu, keberadaan kue pukis pun kian berevolusi menjadi panganan kekinian dengan aneka topping. Harganya pun mulai dari ribuan sampai belasan ribu per buahnya.

Lalu, seperti apa resep kue pukis yang bisa Moms buat dan anti gagal? Simak bahan dan cara membuatnya berikut ini, Moms.

Baca Juga: Resep Lactation Cookies, Kue Pelancar ASI

1. Resep Kue Pukis Empuk dan Mengembang Anti Gagal

Kini Dijual di KFC, Ini Resep Kue Pukis yang Bisa Diberi Macam-macam Topping

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu keberhasilan membuat kue pukis ditandai dengan tekstur yang empuk, tidak bantet dan mengembang.

Untuk mendapatkan hasil seperti itu, dibutuhkan resep khusus dan langkah-langkah yang tepat agar kue pukis memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Berikut resep kue pukis empuk dan mengembang.

Bahan Biang:

Bahan biang merupakan fermentasi adonan yang dilakukan selama 4-10 jam agar adonan menjadi lebih lembut dan bertekstur halus. Berikut bahan-bahan biang untuk pembuatan kue pukis:

  • 25 gram tepung terigu
  • 50 ml air (hangat)
  • 1/2 sendok makan ragi instan (fermipan)

Bahan-bahan Adonan:

  • 3 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 250 gram tepung terigu
  • 300 ml santan kental hangat (1 kelapa)
  • 50 ml minyak sayur
  • 1/2 sendok teh garam

Baca Juga: Mudah Dibuat dan Lezat, Ikuti Resep Kue Natal Orange Choco Financier Ini

Cara Membuat:

  1. Pertama, campurkan bahan-bahan biang lalu aduk merata dan diamkan hingga 10 menit sampai mengeluarkan buih.
  2. Kedua, masukkan telur dan gula lalu kocok hingga mengental. Kemudian, masukkan adonan biang, terigu, dan santan sedikit demi sedikit secara bergantian sambil dikocok sampai tercampur rata.
  3. Ketiga, masukkan minyak sayur dan garam ke dalam adonan hingga teraduk merata.
  4. Keempat, diamkan adonan hingga 1 jam hingga mengembang.
  5. Kelima, panaskan cetakan kue pukis dengan api kecil. Jangan lupa olesi margarin ya Moms sebelum adonan dituang ke cetakan.
  6. Keenam, tuang adonan ke cetakkan sebanyak 3/4 bagian lalu tutup dan tunggu adonan mengembang dan matang sempurna lalu angkat dan sisihkan.

Tips Membuat Kue Pukis yang Lembut dan Mengembang

Sebagai tips membuat resep kue pukis, gunakan wadah yang besar ketika mengocok telur dengan mixer karena adonan akan mengembang 2 kali lipat. Aduk adonan agar tidak menggumpal setiap kali Mom ingin menuangkan adonan ke cetakkan.

Cara ini dilakukan supaya gelembung-gelembung dalam adonan hilang dan tekstur pukis lebih lembut. Untuk varian rasa, Moms bisa menambahkan pasta pandan ataupun coklat sesuai selera.

Baca Juga: Resep Dorayaki, Kue Jepang Kesukaan Doraemon

2. Resep Kue Pukis Sederhana dengan 5 Bahan

resep kue pukis

Foto: instagram.com/zhoueats

Tak selamanya membuat kue pukis harus menguras banyak tenaga dan kantong. Dengan lima bahan ini, Moms sudah bisa membuat camilan lezat kue pukis di rumah. Berikut resep kue pukis sederhana hanya menggunakan lima bahan.

Bahan-bahan:

  • 150 gram gula pasir
  • 5 butir telur
  • 300 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh fermipan
  • 350 ml santan

Cara Membuat:

  1. Pertama, kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer hingga halus dan mengembang. Jangan lupa untuk menggunakan wadah yang lebih besar agar ketika si adonan mengembang tidak tumpah ke mana-mana ya, Moms.
  2. Kedua, masukkan tepung terigu dan fermipan lalu aduk hingga merata.
  3. Ketiga, tuangkan santan ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan jangan sampai menggumpal agar tekstur kue halus dan lembut.
  4. Keempat, siapkan cetakan kue pukis dan panaskan menggunakan api kecil.
  5. Kelima, sebelum adonan dituangkan ke dalam cetakkan, lebih dulu olesi cetakkan dengan margarin ya Moms. Lalu tuang adonan sebanyak 3/4 dari cetakkan dan masak hingga matang.
  6. Mudah dan sederhana kan, Moms? Bisa juga ditambahkan aneka topping seperti selai, keju, coklat bahkan kopi untuk variasi rasanya. Resep ini cocok banget dipratikkan saat tanggal tua namun ingin memasak kue yang dengan sederhana. Selamat mencoba!

Baca Juga: 4 Kreasi Resep Oreo Cheese Cake, Mulai dari Kue Sampai Es Krim!

3. Resep Kue Pukis Lembut dan Harum

resep kue pukis

Foto: Instagram.com/ shopinbaligrosir

Siapa yang tahan dengan aroma kue pukis nan harum dan khas? Pasti langsung pengin mencicipi dan melahapnya. Namun tak jarang cara masak yang salah dan bahan-bahan yang tidak tepat bisa membuat kue pukis jadi bantet dan menggumpal.

Tentu kue yang teksturnya keras bukan favorit banyak orang. Nah agar hal itu tak terjadi, berikut ini resep kue pukis lembut dan harum.

Bahan-bahan:

  • 300 gr tepung terigu
  • 4 butir telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 250 gram gula pasir
  • 300 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1 sendok makan margarin yang sudah dilelehkan

Bahan-bahan Biang Kue

  • 1 sendok makan ragi instan
  • 50 gram tepung terigu
  • 100 ml air

Persiapan Membuat Kue Pukis:

  • Pertama, setelah mempersiapkan bahan-bahan resep kue pukis, siapkan sebuah panci lalu tuang santan kelapa dan didihkan dengan api kecil. Sembari menunggu santan mendidih, jangan lupa untuk diaduk-aduk secara perlahan dan satu arah sampai santan matang dan panasnya merata. Hal ini dilakukan agar santan tidak pecah sehingga mengurangi rasa kue pukis.
  • Kedua, olesi cetakkan kue pukis dengan margarin secara merata. Hal ini dilakukan agar saat memasak adonan pukis, kue tidak lengket dan susah dikeluarkan dari cetakan.

Cara Membuat Kue Pukis:

  1. Pertama, racik biang terlebih dahulu untuk campuran adonan. Caranya, larutkan ragi instan dengan air hangat lalu tambahkan tepung terigu. Kemudian, aduk cepat dan pastikan tidak menggumpal. Setelah selesai sisihkan racikan biang.
  2. Kedua, selanjutnya kocok telur dengan vanili bubuk dan gula pasir menggunakan micer hingga mengental dan mengembang. Diamkan selama 1 jam
  3. Ketiga, tuang margarin yang sudah dilelehkan ke dalam adonan lalu aduk hingga merata. Tuang santan dan ragi kemudian aduk lagi sampai tercampur rata.
  4. Keempat, masukkan biang ke dalam adonan lalu aduk lagi menggunakan mixer dengan kecepatan sedang. Setelah itu, diamkan adonan selama 1 jam agar mengembang.
  5. Kelima, panaskan cetakan pukis lalu tuang adonan sebanyak 3/4 lalu tutup dan masak sampai matang. Kini, resep kue pukis yang lembut dan harus bisa disantap.
  6. Moms juga bisa menambahkan topping buah seperti nangka atau selai nanas dan coklat. Masukkan topping ketika adonan setengah matang. Itulah resep kue pukis aneka rasa yang lembut, sederhana, dan harum. Selamat mencoba!

Itu dia Moms, ragam resep kue pukis yang bisa menjadi rekomendasi camilan menarik bersama keluaga. Bagaimana, mudah bukan membuatnya?

Artikel Terkait