KEHAMILAN
8 April 2020

Menjadi Vegetarian, Perhatikan Ini Saat Mempersiapkan Kehamilan

Perhatikan makanan mengandung gizi seimbang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jika Moms seorang vegetarian dan sedang berencana melakukan program hamil, Moms mungkin khawatir mengenai pengaruh pola makan nabati dan bebas daging terhadap peluang Moms untuk hamil.

Tetapi, Moms sebenarnya tidak perlu merasa khawatir. Karena Moms tetap bisa menjalani pola makan vegetarian saat program hamil, selama memperhatikan beberapa tips penting di bawah ini.

1. Selalu Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Menjadi Vegetarian, Perhatikan Ini Saat Mempersiapkan Kehamilan 1

Foto: pixabay.com

Reproductive Medicine Association (RMA) Connecticut menyarankan agar seorang vegetarian yang ingin hamil selalu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Di mana hal ini dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisi penting yang diperlukan untuk meningkatkan kesuburan, mengoptimalkan kesehatan sebelum dan selama kehamilan, serta untuk menyusui.

Pastikan dalam setiap porsi makan Moms mengandung protein berkualitas tinggi, lemak sehat, buah-buahan dan sayuran. Moms juga perlu menyertakan biji-bijian utuh setiap hari sebagai sumber energi dan serat.

Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi sayur dan buah dengan berbagai warna untuk mendapatkan beragam nutrisi penting yang Moms butuhkan.

Baca Juga: Prakonsepsi, Saatnya Mempersiapkan Kehamilan

2. Konsumsi Lebih Banyak Makanan Yang Kaya Akan Protein

Menjadi Vegetarian, Perhatikan Ini Saat Mempersiapkan Kehamilan 2

Foto: pixabay.com

Moms membutuhkan protein untuk menopang dan membangun jaringan, baik untuk tubuh Moms sendiri ataupun janin yang nantinya dikandung.

Oleh karena itu, mengonsumsi lebih banyak sumber protein nabati sangat direkomendasikan bagi vegetarian saat program hamil.

Bahkan, sebuah studi yang diterbitkan di PMC menunjukkan bahwa, meskipun hanya 5% dari total kalori (25 gram protein dalam standar 2000 kalori atau 8700 kJ diet) yang berasal dari protein nabati, terbukti dapat mengurangi risiko infertilitas yang disebabkan oleh gangguan ovulasi.

3. Pertimbangkan Untuk Mengonsumsi Suplemen Tertentu

Menjadi Vegetarian, Perhatikan Ini Saat Mempersiapkan Kehamilan 3

Foto: pixabay.com

“Secara umum, diet vegetarian yang sehat tidak membawa risiko. Namun, asupan vitamin D, vitamin B, zat besi dan asam lemak esensial dapat sangat rendah,” kata Sophia Medlin, Ahli Gizi Terdaftar dan Direktur dari City Dietitians, seperti dikutip dari Net Doctor.

“Sumber asam lemak esensial terbaik berasal dari ikan atau minyak alga, sehingga suplementasi direkomendasikan bagi vegetarian.”

Medlin juga mengatakan bahwa sumber zat besi yang diperoleh dari tanaman lebih sulit untuk diserap oleh tubuh, tetapi mengonsumsinya bersamaan dengan sumber vitamin C dapat sangat membantu.

“Jadi pastikan Anda mengonsumsi segelas jus atau banyak buah bersama sayuran yang kaya akan zat besi,” tambah Medlin.

Namun, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui suplemen apa yang sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan kondisi dan situasi Moms.

Baca Juga: Hal-hal Yang Harus Diperhatikan saat Program Hamil

4. Perbanyak Konsumsi Sayuran Berdaun Hijau

Menjadi Vegetarian, Perhatikan Ini Saat Mempersiapkan Kehamilan 4

Foto: pixabay.com

Menjadi vegetarian saat program hamil juga disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran berdaun hijau, setidaknya 50% dari setiap porsi makan.

Di mana sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan swiss chard merupakan sumber nutrisi, termasuk zat besi, yang mungkin sulit Moms dapatkan saat menjalani pola makan vegetarian.

Diet tinggi serat juga telah terbukti bermanfaat bagi penderita endometriosis, karena terbukti dapat membantu menurunkan kadar estrogen dalam tubuh yang berkontribusi terhadap pertumbuhan endometriosis, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition.

5. Batasi Konsumsi Makanan Cepat Saji

Menjadi Vegetarian, Perhatikan Ini Saat Mempersiapkan Kehamilan 5

Foto: pexels.com

Seperti halnya omnivora, sangat mudah bagi vegetarian untuk tergoda mengonsumsi berbagai makanan olahan dan gula. Padahal makanan tersebut berkontribusi kurang baik pada tubuh, terutama yang berkaitan dengan kesuburan.

Maka dari itu, sangat disarankan agar Moms membatasi konsumsi makanan cepat saji apa pun saat menjalani program hamil, termasuk makanan berlabel vegetarian dan makanan/minuman yang mengandung kafein.

Natural Infertility Info menyarankan agar Moms lebih banyak mengonsumsi sumber makanan organik, jika memungkinkan. Selain itu, hindari bahan makanan yang sudah dimodifikasi secara genetik seperti jagung, kedelai, dan minyak kanola.

Baca Juga: Berniat Menjalani Program Hamil? Ikuti Dulu Panduan 30 Hari Pra Kehamilan Ini

Itulah beberapa tips penting yang perlu diperhatikan vegetarian saat program hamil. Apakah Moms sudah menerapkannya?

Artikel Terkait