PROGRAM HAMIL
9 Juni 2020

Benarkah Virgin Coconut Oil Bermanfaat untuk Meningkatkan Kesuburan?

Ternyata seperti ini faktanya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Intan Aprilia

American Oil Chemists' Society menjelaskan bahwa virgin coconut oil (VCO) adalah minyak yang memiliki banyak kegunaan.

Di antaranya sebagai minyak goreng, suplemen nutrisi, bahan dalam produk perawatan, dan agen antibakteri.

Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak heran kalau VCO menjadi salah satu minyak yang digemari banyak orang.

VCO untuk Kesuburan Wanita

Tidak hanya semakin populer karena diklaim ampuh membantu penurunan berat badan, tapi VCO juga disebut berpengaruh pada kesuburan wanita. Tetapi, benarkah demikian?

1. Membantu Membuang Lemak Perut

VCO Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita? 1

Foto: unsplash.com

Komposisi lemak dari VCO diklaim sangat mengenyangkan, sehingga dapat membantu menurunkan asupan kalori secara keseluruhan.

Sebuah studi dari American Journal of Clinical Nutrition juga menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi trigliserida rantai sedang, seperti yang ada pada VCO, terbukti kehilangan lebih banyak lemak perut, yang dapat berdampak positif pada kesuburan.

2. Menyeimbangkan Kadar pH Pada Vagina

VCO Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita? 2

Foto: pixabay.com

Kadar pH vagina bisa terganggu dan menjadi tidak seimbangkan karena banyak hal seperti menstruasi, antibiotik, dan pola makan.

Padahal, jika pH-nya terlalu asam, lingkungan vagina cenderung menjadi tidak bersahabat bagi sperma. Ini dapat menyebabkan sperma menjadi lebih cepat mati sebelum bertemu dengan sel telur.

Sementara pH vagina yang terlalu basa dapat menyebabkan infeksi jamur yang memunculkan rasa gatal dan sensasi terbakar, sehingga membuat hubungan seksual menjadi tidak nyaman.

Menambahkan VCO ke dalam makanan Moms, diklaim dapat membantu mempertahankan pH dan kesehatan vagina, yang tentu saja sangat penting untuk kesuburan.

Baca Juga: 4 Mitos Seputar Kesuburan Perempuan, Yuk Disimak

3. Menjaga Keseimbangan Hormon

VCO Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita? 3

Foto: freepik.com

Fertility Tips menyebut bahwa asan lemak rantai menengah dalam VCO diyakini dapat membantu menjaga keseimbangan hormon.

Sebagaimana diketahui, ketidakseimbangan hormon adalah penyebab dari berbagai masalah infertilitas pada wanita. Misalnya, sindrom ovarium polikistik atau PCOS.

4. Menstabilkan Kadar Gula Darah

VCO Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita? 4

Foto: pexels.com

Selain bermanfaat bagi keseimbangan hormon, asam lemak rantai menengah pada VCO juga diyakini sebagai sumber energi yang baik untuk menstabilkan kadar gula darah.

Oleh sebab itu, Fertility Tips menyebutkan bahwa mempertahankan gula darah yang stabil dan berat badan yang sehat sangatlah penting untuk kesuburan.

Apalagi kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sperma dan masalah dengan implantasi embrio.

5. Kaya Akan Vitamin E

VCO Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita? 5

Foto: pixabay.com

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Quality and Safety menemukan bahwa VCO kaya akan polifenol dan vitamin E yang baik bagi kesehatan ataupun kesuburan.

Namun, peneliti menyebutkan bahwa masih diperlukan lebih banyak lagi penelitian untuk memverifikasi pengaruhnya terhadap kesehatan dan mengetahui dosis yang tepat agar efek kesehatan tersebut dapat terjadi.

Baca Juga: Makanan Berlemak Turunkan Kesuburan Wanita?

Kebenarannya Masih Menjadi Perdebatan Di Kalangan Ahli

VCO Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita? 6

Foto: pexels.com

Meskipun telah banyak penelitian dan ahli yang menyebutkan bahwa VCO memiliki segudang manfaat, khususnya untuk kesehatan dan kesuburan wanita, tidak sedikit pula ahli yang masih meragukan hal tersebut.

Bahkan beberapa ahli menyebutkan bahwa VCO justru dapat membahayakan kesehatan karena mengandung lemak jenuh.

Dilansir dari NutritionFacts.org, minyak kelapa adalah salah satu pemicu kolesterol jahat, meski tidak seburuk butter.

“Secara keseluruhan, VCO bukanlah minyak jahat, tetapi bukan juga penyelamat,” kata Dr. David Katz, ahli gizi, manajemen berat badan, dan pencegahan penyakit kronis, seperti dikutip dari Virgin Pulse.

“VCO orgaanik benar-benar dapat menjadi bagian dari makanan Anda dan harus digunakan secara selektif untuk memasak. Namun, sebaiknya jangan menambahkannya ke dalam diet Anda hanya karena manfaat kesehatannya," lanjutnya.

Baca Juga: Sakit Gigi Bisa Menghambat Kesuburan Pria dan Wanita

Jadi, manfaat VCO untuk kesuburan wanita hingga saat ini masih belum sepenuhnya diakui ya, Moms.

Maka dari itu, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi atau dokter jika ingin menggunakannya untuk memasak selama program hamil.

Artikel Terkait