COVID-19
12 Agustus 2020

Ada Virus Corona di Kemasan Seafood Beku?

China melaporkan adanya jejak virus Corona pada kemasan makanan laut yang diimpor
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

China melaporkan adanya jejak virus Corona pada kemasan makanan laut yang diimpor dan mendarat di pelabuhan Kota Dalian.

Melansir dari Channel News Asia, makanan beku yang mengandung virus Corona pada kemasannya ini mulanya dibeli oleh tiga perusahaan di Yantai, Shandong Timur, China.

Meski begitu, pemerintah Kota Yantai tidak menyebutkan asal makanan beku tersebut.

Terkait hal ini, makanan laut yang dibeli oleh tiga perusahaan Yantai sedang diproses kembali untuk diekspor sedangkan sisanya disimpan di cold storage dan belum diizinkan untuk diedarkan di pasar-pasar tradisional.

Baca Juga: Bahaya Mengonsumsi Frozen Food Terus Menerus saat WFH

Melansir dari Reuterss, saat ditanya terkait adakah makanan laut olahan yang sudah diekspor? Seorang staf di Unit Tanggap Wabah Virus Corona Yantai menolak untuk dimintai keterangan.

Sementara itu, menurut pemerintah Kota Yantai, pihak berwenang telah menutup peredaran makanan beku tersebut dan setiap petugas yang menangani kasus ini sedang dikarantina mandiri dengan hasil tes negatif virus Corona.

Bukan Kasus Pertama

Ada Virus Corona di Kemasan Seafood Beku?

Foto: Orami Photo Stocks

Ditemukannya virus Corona pada kemasan makanan beku di China bukanlah yang pertama kalinya.

Sebelumnya, pada bulan Juli 2020, petugas bea cukai Dalian, pelabuhan utama di Provinsi Timur Laut Liaoning, menemukan virus Corona di kemasan makanan udang beku yang diimpor dari Ekuador.

Akibatnya, pemerintah China harus menangguhkan impor makanan dari tiga produsen udang beku di Ekuador

Kemudian, pada bulan Juni 2020, virus Corona kembali ditemukan di pasar grosir Xinfadi, Beijing, China.

Menurut Zhang Yong, asisten direktur Institute of Viral Diseases di CDC China, menyebut bahwa virus Corona kemungkinan menempel pada kemasan frozen food impor atau 'bersembunyi' di lingkungan yang belum disemprot disinfektan atau disterilkan dengan baik.

Wabah virus Corona di Kota Dalian muncul kembali pada akhir Juli 2020 di sebuah perusahaan pengolahan makanan laut. Tercatat, hingga Minggu, (9/8/2020) sebanyak 92 kasus baru COVID-19 di Dalian dilaporkan.

Baca Juga: Vitamin C untuk Atasi Corona Virus? Uji Coba sedang Dilakukan Ilmuwan dan Dokter di China!

Menurut data laporan dari Worldometers, hingga Rabu (12/8/2020) kasus COVID-19 di China mencapai 84.712 kasus dengan jumlah korban meninggal dunia 4.634 jiwa.

Virus Corona diyakini pertama kali muncul di pasar tradisional di CHina yang menjual aneka makanan laut dan satwa liar di Kota Wuhan pada akhir tahun 2019.

Hingga akhirnya virus tersebut menyebar ke seluruh dunia ditambah para pelancong yang juga kembali ke China dengan membawa virus mematikan tersebut.

Artikel Terkait