KESEHATAN
3 Maret 2020

Vitamin C untuk Atasi Corona Virus? Uji Coba sedang Dilakukan Ilmuwan dan Dokter di China!

Apakah benar vitamin c bisa menyembuhkan sakit karena virus corona?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tahukah Moms kalau vitamin C sangat berguna sebagai antioksidan bagi tubuh? Antioksidan berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, vitamin C juga dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh dari serangan virus maupun penyakit lainnya. Di mana ternyata ada manfaat vitamin C untuk atasi corona virus, menurut informasi yang dilansir dailymail.co.uk, di China, sebuah penelitian sedang dilakukan untuk melihat apakah vitamin C dosis tinggi dapat membantu melawan virus corona (secara resmi dikenal sebagai COVID-19).

Para ilmuwan di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan sedang menguji dampaknya pada 120 pasien yang memiliki virus, memberi mereka infus 24gr vitamin C setiap hari selama tujuh hari, namun hasilnya memang belum dipublikasikan.

"Dalam tes uji coba ini, vitamin C mampu bekerja melawan setiap virus jika diberikan dalam konsentrasi yang cukup", kata Dr Levy.

Dr Mike Skinner, ahli virus di Imperial College London, mengatakan kami tidak akan tahu apakah vitamin C benar-benar punya value untuk mengatasi corona virus dan mengatakan dosis vitamin C yang diuji adalah 'masif'.

"Mereka melakukan uji coba, mari kita lihat apakah ada manfaatnya", kata Dr Skinner.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Tulang, Kenali 3 Fungsi Vitamin K Berikut Ini

Sumber Vitamin C untuk Atasi Corona Virus yang Alami

Dilansir dari National Institute of Health, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri atau menyimpan vitamin C. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang cukup.

Untuk mendapatkan cukup vitamin C untuk atasi corona virus, kita bisa peroleh dari berbagai makanan maupun suplemen. Namun, akan lebih baik jika vitamin C yang kita konsumsi adalah vitamin C alami.

Moms bisa dapatkan vitamin C alami dari buah-buahan. Nah, apa saja buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi?

1. Jambu Biji

Vitamin C Alami

Jika selama ini kita berpikir jeruk adalah sumber vitamin C paling tinggi, ternyata kita salah. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk. Satu buah jambu biji mengandung 228 mg vitamin C.

Selain itu jika seseorang memakan 400 gram jambu biji yang dikupas setiap hari, atau sekitar 7 buah utuh, buah ini secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total.

2. Kiwi

Vitamin C Alami

Selain jambu biji, kiwi juga memiliki kandungan vitamin C alami yang cukup tinggi. Kiwi mengandung 93 mg vitamin C per 100 gram.

Mengonsumsi satu kiwi berukuran sedang setiap hari, ternyata sudah memenuhi 79% kebutuhan vitamin C untuk tubuh dan vitamin C untuk atasi corona virus.

Ternyata, selain untuk daya tahan tubuh dan antioksidan, vitamin C juga mempunyai manfaat lain, seperti membantu meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Meminum Multivitamin Sejak Sebelum Hamil

3. Lemon

Vitamin C Alami

Lemon mengandung 77 mg vitamin C per 100 gram. Selain baik untuk tubuh, lemon juga memiliki fungsi besar lainnya.

Ketika kita memotong buah atau sayur tapi tidak langsung habis disantap, biasanya buah atau sayur itu akan berubah menjadi cokelat. Hal ini dikarenakan enzim polifenol oksidase terpapar oksigen.

Moms bisa coba peras lemon pada area buah atau sayur yang terbuka, dan hasilnya buah atau sayur itu tidak akan berubah menjadi cokelat meski disimpan di ruang terbuka sekalipun.

4. Pepaya

Vitamin C Alami

Pepaya mengandung 62 mg vitamin C per 100 gram. Satu cangkir pepaya menghasilkan 87 mg vitamin C.

Selain mengandung vitamin C untuk atasi corona virus, buah bergizi ini juga dapat membantu meningkatkan daya ingat kita lho!

5. Stroberi

Vitamin C Alami

Stroberi juga merupakan sumber vitamin C alami yang baik. Dalam satu cangkir potongan stroberi menghasilkan 89 mg vitamin C.

Penelitian telah menunjukkan bahwa karena kandungan antioksidannya yang tinggi, stroberi dapat membantu mencegah kanker, penyakit pembuluh darah, demensia dan diabetes.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan 5 Jenis Jeruk untuk Masakan

6. Jeruk

Vitamin C Alami

Jeruk mengandung 53 mg vitamin C per 100 gram. Satu jeruk berukuran sedang mengandung 70 mg vitamin C. Buah jeruk lainnya, seperti grapefruit, mandarin, dan limau, juga merupakan sumber vitamin C untuk atasi corona virus yang alami.

“Usahakan untuk makan sembilan porsi buah dan sayuran setiap hari, karena Anda akan mendapatkan dosis vitamin C alami yang sehat. Anda juga bisa mendapatkan berbagai jenis vitamin, mineral, dan kandungan gizi lainnya yang baik untuk mencegah penyakit dan kesehatan secara keseluruhan,” ungkap Dee Sandquist, RD, juru bicara American Dietetic Association.

“Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi vitamin C alami dibandingkan mengonsumsi suplemen. Anda bisa mendapatkannya dari buah dan sayur,” tambahnya.

Jadi, buah apa yang sudah Moms makan hari ini? Dan juga tetap jaga kebersihan ya Moms untuk mencegah corona virus!

Artikel Terkait