KESEHATAN
10 November 2019

6 Vitamin C Alami yang Bisa Didapatkan dari Buah

Salah satu vitamin yang paling dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin C
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Tahukah Moms kalau vitamin C sangat berguna sebagai antioksidan bagi tubuh? Antioksidan berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, vitamin C juga dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh dari serangan virus maupun penyakit lainnya.

Dilansir dari National Institute of Health, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri atau menyimpan vitamin C. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang cukup.

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, kebutuhan vitamin c yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah sekitar 65-90 mg setiap hari.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Tulang, Kenali 3 Fungsi Vitamin K Berikut Ini

Buah-buahan Sebagai Vitamin C Alami

Untuk mendapatkan cukup vitamin C, kita bisa peroleh dari berbagai makanan maupun suplemen. Namun, akan lebih baik jika vitamin C yang kita konsumsi adalah vitamin C alami.

Moms bisa dapatkan vitamin C alami dari buah-buahan. Nah, apa saja buah-buahan yang mengandung vitamin c tinggi?

1. Jambu Biji

Vitamin C Alami

Jika selama ini kita berpikir jeruk adalah sumber vitamin C paling tinggi, ternyata kita salah. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk. Satu buah jambu biji mengandung 228 mg vitamin C.

Selain itu jika seseorang memakan 400 gram jambu biji yang dikupas setiap hari, atau sekitar 7 buah utuh, buah ini secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total.

2. Kiwi

Vitamin C Alami

Selain jambu biji, kiwi juga memiliki kandungan vitamin C alami yang cukup tinggi. Kiwi mengandung 93 mg vitamin C per 100 gram.

Mengonsumsi satu kiwi berukuran sedang setiap hari, ternyata sudah memenuhi 79% kebutuhan vitamin C untuk tubuh.

Ternyata, selain untuk daya tahan tubuh dan antioksidan, vitamin C juga mempunyai manfaat lain, seperti membantu meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Meminum Multivitamin Sejak Sebelum Hamil

3. Lemon

Vitamin C Alami

Lemon mengandung 77 mg vitamin C per 100 gram. Selain baik untuk tubuh, lemon juga memiliki fungsi besar lainnya.

Ketika kita memotong buah atau sayur tapi tidak langsung habis disantap, biasanya buah atau sayur itu akan berubah menjadi cokelat. Hal ini dikarenakan enzim polifenol oksidase terpapar oksigen.

Moms bisa coba peras lemon pada area buah atau sayur yang terbuka, dan hasilnya buah atau sayur itu tidak akan berubah menjadi cokelat meski disimpan di ruang terbuka sekalipun.

4. Pepaya

Vitamin C Alami

Pepaya mengandung 62 mg vitamin C per 100 gram. Satu cangkir pepaya menghasilkan 87 mg vitamin C.

Selain mengandung vitamin c, buah bergizi ini juga dapat membantu meningkatkan daya ingat kita lho!

5. Stroberi

Vitamin C Alami

Stroberi juga merupakan sumber vitamin c alami yang baik. Dalam satu cangkir potongan stroberi menghasilkan 89 mg vitamin C.

Penelitian telah menunjukkan bahwa karena kandungan antioksidannya yang tinggi, stroberi dapat membantu mencegah kanker, penyakit pembuluh darah, demensia dan diabetes.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan 5 Jenis Jeruk untuk Masakan

6. Jeruk

Vitamin C Alami

Jeruk mengandung 53 mg vitamin C per 100 gram. Satu jeruk berukuran sedang mengandung 70 mg vitamin C. Buah jeruk lainnya, seperti grapefruit, mandarin, dan limau, juga merupakan sumber vitamin C alami.

“Usahakan untuk makan sembilan porsi buah dan sayuran setiap hari, karena Anda akan mendapatkan dosis vitamin C alami yang sehat. Anda juga bisa mendapatkan berbagai jenis vitamin, mineral, dan kandungan gizi lainnya yang baik untuk mencegah penyakit dan kesehatan secara keseluruhan,” ungkap Dee Sandquist, RD, juru bicara American Dietetic Association.

“Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi vitamin C alami dibandingkan mengonsumsi suplemen. Anda bisa mendapatkannya dari buah dan sayur,” tambahnya. Jadi, buah apa yang sudah Moms makan hari ini?

(DH)

Artikel Terkait