FASHION & BEAUTY
22 November 2019

5 Jenis Vitamin pada Skincare dan Manfaatnya

Ternyata setiap vitamin punya keunggulannya sendiri!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tahukah Moms, kalau tidak hanya pada makanan, vitamin juga bermanfaat bila digunakan sebagai bahan utama skincare.

Vitamin pada skincare berguna untuk kesehatan kulit kita, seperti vitamin C yang membantu pembentukan kolagen atau vitamin D sebagai pelindung radikal bebas.

Jenis Vitamin pada Skincare

Supaya tidak bingung, ini dia jenis vitamin pada skincare dan manfaatnya! Simak daftarnya di bawah ini!

Baca Juga: 3 Manfaat Skincare Organik untuk Bayi

1. Vitamin D

skincare saat hamil-3.jpg

Jenis vitamin pada skincare yang pertama adalah vitamin D. Vitamin D biasanya terbentuk dari sinar matahari. Vitamin D pada skincare bermanfaat untuk mengatasi psoriasis dan melindungi dari dampak radikal bebas.

Calcitriol adalah vitamin D berbentuk krim yang bisa Moms gunakan, terutama pada kulit yang sensitif dan gampang berjerawat.

Pada penelitian Journal of Drugs and Dermatology, menggunakan calcitriol efektif menyembuhkan psoriasis, mengurangi inflamasi, dan iritasi kulit.

2. Vitamin C

skincare

Jenis vitamin pada skincare yang selanjutnya adalah vitamin C. “Vitamin C adalah salah satu bahan skincare yang paling penting. Vitamin C cocok digunakan oleh semua orang, mulai dari remaja, sampai pada produk anti-aging,” ujar ahli facial klinis, Kate Kerr, dilansir dari Elle UK.

“Vitamin C merupakan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat lingkungan, juga melindungi kulit dari sinar matahari,” lanjut Kate.

Meski kita bisa mendapatkan vitamin C dari berbagai buah, sayur, dan suplemen, lebih baik Moms juga mengaplikasikan skincare yang mengandung vitamin C.

“Menggunakan vitamin C secara topikal penting karena bisa menyentuh kulit secara langsung untuk meningkatkan produksi kolagen, elastisitas kulit, dan mengurangi keriput,” jelas Margo Marone, co-founder The Organic Pharmacy.

Baca Juga: 4 Bahan Skincare yang Baik untuk Kulit Bayi

3. Vitamin E

Bahan Skincare yang Cocok Untuk Melembapkan Kulit Kering

Jenis vitamin pada skincare yang selanjutnya adalah vitamin E. Vitamin E pada skincare bermanfaat untuk meminimalisir kerusakan akibat sinar matahari, juga mencegah noda hitam dan keriput. Tidak heran kalau vitamin E banyak digunakan pada produk anti-aging.

“Vitamin E membuat kulit jadi lebih lembut dan terhidrasi dengan baik. Vitamin E sangat melembapkan, sehingga kulit jadi kenyal. Hal terbaik dari vitamin E adalah antioksidannya yang melindungi kulit dari polusi dan dampak buruk lingkungan,” terang Lorraine Scrivener, ahli kecantikan kulit dan director dari Eden Skin Clinic, London.

4. Vitamin A

Dampak Dehidrasi pada Kesehatan Kulit-2.jpg

Jenis vitamin pada skincare yang selanjutnya adalah vitamin A. Vitamin A pada skincare dikenal sebagai retinol, yakni bahan pencegah penuaan dini.

“Retinol mempercepat pembaharuan kulit, menebalkan lapisan kulit agar kulit jadi lebih kenyal, cerah, dan tampak lebih muda, juga mengatasi hiperpigmentasi, jerawat, pori-pori besar, dan keriput,” ujar Kate.

Sayangnya, retinol tidak dianjurkan bagi Moms yang sedang hamil atau sedang menjalani program hamil. Sebab, retinol dapat membahayakan kesehatan janin.

Oleh sebab itu, Moms bisa mengganti retinol dengan skincare yang mengandung vitamin C, serta rajin menggunakan sunscreen setiap hari.

Baca Juga: Hindari 5 Bahan Skincare yang Berbahaya untuk Kulit Bayi

5. Vitamin B3

pelembap

Jenis vitamin pada skincare yang selanjutnya adalah vitamin B3. Kalau Moms punya kulit yang dehidrasi, sensitif, kusam, dan banyak garis halus, vitamin B3 adalah solusinya.

Vitamin B3 juga cocok digunakan bagi kulit berkomedo, karena bisa mengontrol produksi minyak berlebih.

Vitamin B3 pada skincare biasa dikenal dengan sebutan niacinamide. Niacinamide bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit dan mengatasi hiperpigmentasi. Banyak sekali ya manfaatnya?

Itulah beberapa jenis vitamin pada skincare. Ternyata manfaat vitamin pada skincare berbeda-beda ya Moms? Mari pilih yang terbaik sesuai dengan masalah kulit yang Moms alami.

Tapi kalau masih ragu, konsultasikan dulu ke dokter ya, terutama bila Moms sedang hamil atau sedang menjalani program hamil.

Artikel Terkait