BALITA DAN ANAK
13 Juli 2020

Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak, Perlukah?

Vitamin ini bisa ditemukan dalam berbagai makanan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Meskipun masa pandemi COVID-19 belum berakhir, masa new normal sudah dimulai sedikit demi sedikit.

Banyak pusat hiburan mulai berjalan normal dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Mal sudah mulai buka, restoran sudah mulai menerima sistem dine in, karyawan-karyawan sudah mulai bekerja di kantor, dan sekolah pun mulai akan buka kembali.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Vitamin C di Bawah 100 Ribu untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Seiring dengan sekolah yang mulai buka, kekhawatiran Moms akan penularan virus corona pada anak-anak mereka pasti meningkat. Apalagi anak-anak terkadang belum bisa memahami dan rentan menyepelekan.

Apa yang harus orang tua lakukan? Haruskah memberikan anak vitamin tambahan agar Si Kecil terlindungi? Simak penjelasan berikut ini yuk, Moms.

Apakah Anak Memerlukan Vitamin Tambahan?

vitamin untuk daya tahan tubuh anak

Foto: Orami Photo Stock

Agar daya tahan tubuh terjaga, maka anak-anak memerlukan nutrisi yang lengkap dan berimbang.

Sebuah studi yang dilansir oleh National Institutes of Health, juga mengatakan bahwa menjalankan pola makan yang sehat dan seimbang adalah kunci untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Kebutuhan zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, serat, maupun zat gizi mikro seperti vitamin A, B, C, D, E, folat, zink, besi, asam lemak omega 3, dan selenium harus dipenuhi.

Agar nutrisinya tercukupi, maka Moms wajib berikan makanan dengan gizi lengkap dan berimbang setiap harinya.

“Apabila kebutuhan nutrisi sudah tercukupi dari makanan, maka sebenarnya anak tidak memerlukan suplemen atau vitamin tambahan,” jelas dr. Caessar Pronocitro, Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Baca Juga: Tetap Aktif, Ini Tips Tingkatkan Imunitas Tubuh Anak Selama Pandemi

Namun, apabila kebutuhan nutrisi anak tidak selalu bisa tercukupi dari makanan, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis anak dulu, agar dapat menentukan jenis nutrisi apa saja yang masih kurang dan perlu dipenuhi dengan suplemen tambahan.

Tentunya masing-masing anak memiliki kondisi dan pola makan yang berbeda-beda, sehingga jenis suplemen nutrisi tambahan yang dibutuhkan pun akan berbeda.

Vitamin Terbaik untuk Meningkatkan Daya Tubuh Anak

vitamin untuk daya tahan tubuh anak

Foto: fitnesshealthforever.com

Mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin tertentu dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan penyakit. Beberapa jenis vitamin di bawah ini dapat membantu Si Kecil tetap sehat dan daya tahan tubuhnya terjaga.

1. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu pendukung sistem kekebalan tubuh terbesar. Kenyataannya, kekurangan vitamin C bahkan bisa membuat kita lebih rentan sakit.

Makanan yang kaya akan vitamin C termasuk jeruk, jeruk bali, jeruk keprok, stroberi, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli. Asupan vitamin C harian sangat penting untuk kesehatan yang baik karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya sendiri.

Kabar baiknya, jenis vitamin ini bisa didapatkan dalam banyak makanan sehingga anak tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C kecuali disarankan oleh dokter.

2. Vitamin B6

Vitamin ini sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh. Makanan kaya vitamin B6 termasuk ayam dan ikan air dingin seperti salmon dan tuna.

Baca Juga: Resep Salmon Mentai Kekinian Versi Sushi

Vitamin B6 juga ditemukan dalam sayuran hijau dan dalam buncis, yang merupakan bahan utama hummus.

3. Vitamin E

Jenis vitamin satu ini adalah antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Makanan yang kaya vitamin E termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, dan bayam.

Itu dia Moms beberapa vitamin yang mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Pastikan Si Kecil mendapatkannya setiap hari ya.

Artikel Terkait