PROGRAM HAMIL
17 Desember 2019

Vitamin untuk Program Hamil, Apa saja yang Harus Dikonsumsi?

Asupan apa yang bagus untuk Moms dan janin?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Mari simak jenis vitamin untuk program hamil berikut ini.

Untuk pasangan yang sudah menikah lama, namun masih belum mendapat dikaruniai anak, mengikuti program hamil merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Namun untuk mendukung kesuksesan program hamil ini, ibu juga harus memperoleh asupan yang tepat, baik itu dalam makanan maupun vitamin yang dibutuhkan. Hal ini tentu untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

“Nutrisi yang baik dapat membantu ibu untuk hamil dan mempersiapkan tubuh untuk memberi nutrisi pada bayi,” kata Natalie Burger, spesialis kesuburan di Texas Fertility Center.

Baca Juga: Adakah Risiko Komplikasi pada Program IVF?

Vitamin untuk program hamil ini akan membantu tubuh mempertahankan kehamilan yang sehat dan penting ketika mencoba untuk hamil. Sementara diet seimbang yang sehat akan memberi Moms nutrisi yang dibutuhkan, suplemen tambahan dapat membantu menambah vitamin yang Moms dapatkan dari makanan.

Lalu vitamin untuk program hamil apa saja yang dibutuhkan oleh ibu yang menjalaninya? Berikut ini daftarnya.

Vitamin untuk Program Hamil

1. Asam Folat

vitamin untuk program hamil, program hamil

Foto: stylecraze.com

Dilansir dari jurnal Maternal and Child Nutrition merekomendasikan bahwa wanita yang menjalani program hamil diminta untuk melengkapi makanan mereka dengan vitamin D dan asam folat sebelum konsepsi dan selama kehamilan mereka.

Jenis vitamin untuk program hamil satu ini memiliki banyak manfaat, terutama asam folat. Vitamin ini bermanfaat untuk kesuburan dan kehamilan, serta dapat membantu mengurangi cacat lahir.

Moms juga harus mencari vitamin yang mengandung zat besi, yodium, dan kalsium, karena penting untuk kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan.

Baca Juga: Simak Manfaat Folavit, Suplemen Asam Folat untuk Program Hamil, Yuk!

2. Vitamin D

vitamin untuk program hamil, program hamil

Foto: healthifyme.com

Sementara penelitian untuk vitamin D, ada indikator yang menunjukkan bahwa jenis vitamin ini dapat membantu Moms yang menjalani program hamil.

Berdasarkan Jurnal Clinical Endocrinology & Metabolism (JCEM), menunjukkan hubungan antara kadar Vitamin D dan tingkat keberhasilan program hamil IVF. Dalam penelitian ini, wanita dengan kadar vitamin D yang cukup dua kali lebih berhasil untuk hamil dibandingkan dengan mereka yang kekurangan vitamin.

Para peneliti percaya ini karena Vitamin D meningkatkan produksi telur yang sehat dan meningkatkan kemungkinan embrio tertanam dalam rahim.

Vitamin D diproduksi oleh tubuh ketika terpapar sinar matahari dan juga dapat ditemukan di dalam makanan sehat yang dikonsumsi. Vitamin ini penting untuk program hamil, jadi Moms harus mengoptimalkan kadar vitamin D sebagai bagian dari perencanaan program hamil.

3. Zinc

vitamin untuk program hamil, program hamil

Foto: stylecraze.com

Sebuah penelitian dari Pennsylvania State University menyimpulkan bahwa kekurangan zinc dapat memiliki efek negatif pada perkembangan sel telur.

Wanita yang mengikuti program hamil harus benar-benar memikirkan zinc dalam diet mereka dan juga pasangan, tetapi juga perlu memikirkan seluruh makanan yang dikonsumsi dan faktor kesehatan lainnya. Zinc hanya satu bagian penting dari faktor pendukung saja.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta tentang Program Hamil, Moms Wajib Tahu!

4. Vitamin E

vitamin untuk program hamil, program hamil

Foto: stylecraze.com

Vitamin untuk program hamil selanjutnya yang dibutuhkan oleh para Moms adalah vitamin E. Para ahli percaya bahwa kadar vitamin E yang baik penting karena vitamin ini ditemukan dalam cairan di sekitar telur yang sedang berkembang.

Ketika dikonsumsi oleh pria, vitamin E juga membantu meningkatkan kesehatan sperma. Ini juga memiliki sifat antioksidan yang kuat untuk kedua jenis kelamin.

5. Kolin

vitamin untuk program hamil, program hamil

Foto: sbs.com.au

Kolin termasuk vitamin untuk program hamil yang amat dibutuhkan agar sukses mendapatkan sang buah hati. Faktanya, hanya 5 hingga 10 persen wanita hamil yang memenuhi pedoman asupan vitamin ini.

"Kolin sangat penting untuk meningkatkan kesehatan di semua tahap kehidupan tetapi sangat penting untuk kesehatan otak di awal kehidupan janin, juga untuk mencegah penurunan kognitif," kata Elizabeth Shaw, ahli diet terdaftar dari California.

Itu dia beberapa daftar vitamin untuk program hamil yang dibutuhkan calon ibu. Jangan lupa penuhi asupannya ya Moms.

Artikel Terkait