KESEHATAN
8 Mei 2020

Vitamin Wajib Konsumsi selama Menjalani Puasa di Tengah Pandemi Corona

Pastikan kebutuhan akan vitamin-vitamin ini terpenuhi ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Biasanya bulan ini identik dengan yang namanya puasa, yaitu menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 13 jam lamanya.

Karenanya, menjaga tubuh tetap sehat dan bugar merupakan sebuah keharusan. Apalagi di tengah masa pandemi virus corona (COVID-19) sekarang ini. Kita perlu ekstra dalam menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: Wajah Segar Saat Berpuasa, Simak 5 Tips Ini

Agar daya tahan tubuh dan stamina tetap terjaga, kamu juga memerlukan suplemen dan vitamin. Dengan mengonsumsi vitamin wajib saat puasa, tubuh akan tetap prima dalam menjalankan aktivitas. Tidak lemas dan lesu.

Konsumsi Vitamin Wajib saat Puasa

Apa saja vitamin wajib saat puasa yang bisa Moms konsumsi di tengah pandemi COVID-19? Yuk disimak.

1. Vitamin C

vitamin yang dikonsumsi saat puasa

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, terutama di saat puasa dan pandemi COVID-19 sekarang ini.

Jika kebutuhan akan vitamin ini terpenuhi dengan baik, maka tubuh dapat terlindungi dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang selama berpuasa. Vitamin C juga ampuh untuk mencegah penyakit kardiovaskular, dan bisa membuat kulit lebih sehat dan cantik.

Untuk mendapatkannya, Moms bisa mengonsumsi buah-buahan seperti buah jeruk, kiwi, dan blewah. Brokoli juga merupakan sumber zat gizi ini lho, Moms.

2. Zinc

vitamin yang dikonsumsi saat puasa

Foto: Orami Photo Stock

Zinc atau seng adalah nutrisi yang dapat membantu sistem imun melawan virus dan bakteri penyebab berbagai penyakit dan bisa dikategorikan sebagai vitamin wajib saat puasa. Makanya selama bulan Ramadan, Moms disarankan untuk memenuhi kebutuhan zinc. Zat ini akan bekerja maksimal untuk menjaga tubuh tetap sehat meski berpuasa dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Mau Tahu Apa Saja Makanan yang Mengandung Zinc?

Kekurangan zinc saat puasa dapat menyebabkan seseorang lebih mudah merasa lelah. Mengapa? Karena zinc berpengaruh pada sistem motorik, kognitif, dan psikososial. Kurang asupan zinc akan membuat banyak sel motorik yang terganggu dan timbul rasa lelah.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung mineral zinc seperti daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, dan susu ya, Moms.

3. Vitamin D

vitamin yang dikonsumsi saat puasa

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya vitamin C, vitamin D pun wajib dipenuhi ketika berpuasa. Pasalnya, vitamin wajib saat puasa yang satu ini dapat merangsang tubuh untuk melepaskan hormon dopamine dan serotine yang memiliki efek mirip dengan obat antidepresan. Jenis obat ini berguna untuk mengatasi dan mencegah risiko depresi yang terjadi.

Salah satu sumber alami terbaik dari vitamin D adalah sinar matahari pagi. Jadi Moms sangat disarankan untuk berjemur, atau beraktivitas di pagi hari. Vitamin D juga bisa didapatkan dari suplemen tambahan.

4. Vitamin A

vitamin yang dikonsumsi saat puasa

Foto: Orami Photo Stock

Pastikan Moms juga memenuhi asupan vitamin A saat berpuasa. Jenis vitamin ini rupanya memiliki peran yang cukup penting, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, hingga menyehatkan mata.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak agar Tetap Cemerlang

Selama puasa, asupan vitamin A dapat membantu meningkatkan fungsi dari retina dan kornea. Sehingga mata akan berfungsi dengan baik. Moms bisa mendapatkannya dari ubi jalar, sayur bayam, telur, wortel, hati sapi, hingga susu.

Itu dia beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan saat puasa dan bermanfaat juga untuk tubuh di tengah pandemi ini.

Namun Moms harus tahu, bahwa hal ini tidak berarti puasa tidak baik. Menurut Nutrition Journal, puasa malah memiliki beberapa efek yang lebih baik termasuk menurunkan massa tubuh, kolesterol total, lemak LDL, dan rasio LDL-C / HDL-C.

Tapi Moms harus tetap pastikan untuk memasukkan makanan dengan beberapa vitamin wajib saat puasa tersebut ke dalam menu makan sahur dan berbuka puasa, ya Moms!

Artikel Terkait