KESEHATAN
30 Desember 2019

Wajarkah Bila Puting Payudara yang Semakin Menghitam?

Kira-kira apa yang membuat perubahan warna puting payudara? Ini jawabannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Seiring bertambahnya usia maka bentuk tubuh akan terus berubah, termasuk payudara, khususnya untuk para Moms. Payudara bisa berubah bentuk, ukuran, dan warna.

Perubahan yang paling umum terjadi adalah warna puting payudara yang semakin menghitam. Apakah hal tersebut termasuk sesuatu yang wajar?

Wajarkah Puting Payudara yang Semakin Menghitam?

Wajarkah Bila Puting Perempuan Semakin Menghitam?

Foto : Medical News Today

Payudara menjadi salah satu bagian intim dari tubuh perempuan, jadi wajar saja Moms khawatir bila terjadi suatu perubahan pada tubuh. Namun, perlu Moms tahu kalau puting payudara yang semakin menghitam hal yang wajar.

Menurut Dr Lindsey Bordone, seorang dermatologis dari New York Columbia University Medical Center, hal tersebut disebabkan kombinasi dua hal, yaitu dari melanin dan hormon.

Jadi, di masa pubertas atau ketika hormon estrogen dan testosteron melonjak, tubuh akan merangsang produksi amino yang menyebabkan perubahan warna pada rambut dan kulit puting payudara.

Baca Juga : Meminimalisir Puting Lecet Karena Menyusui

Apa Penyebab Puting Payudara yang Semakin Menghitam?

Wajarkah Bila Puting Perempuan Semakin Menghitam?

Foto : Medical News Today

Selain karena pubertas, Dr Lindsey juga menjelaskan beberapa penyebab lain yang menjadi alasan perubahan yang terjadi pada warna puting.

Baca Juga : Puting Payudara Gatal, Apa Penyebabnya?

Kadar Gula Tinggi

Kondisi seseorang yang memiliki kadar gula tinggi bisa ditunjukkan dari perubahan di beberapa titik kulit yang semakin menghitam, termasuk payudara, yang juga bisa jadi pertanda terjadinya gejala diabetes, Moms.

Menstruasi

Menjelang atau selama menstruasi Moms juga bisa mengalami perubahan warna pada puting. Hal ini disebabkan ketika menjelang menstruasi dan selama menstruasi tubuh mengalami perbuhan hormon.

Saat menstruasi, indung telur akan melepaskan sel-sel telur selama masa ovulasi, jadi kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh ikut meningkat dan membuat puting payudara yang semakin menghitam.

Kehamilan

Dalam masa kehamilan, payudara akan mulai memproduksi ASI yang membuat hormone estrogen dan progesteron ikut meningkat. Inilah penyebabnya puting Moms jadi menghitam.

Menyusui

Seperti di masa kehamilan, saat Moms menyusui tubuh juga akan mengalami banyak perubahan hormon yang menjadi penyebab puting payudara yang semakin menghitam. Puting akan berubah kembali ke warna aslinya setelah masa menyusui selesai.

Baca Juga : Ini 8 Jenis Puting Payudara, Moms yang Mana?

Haruskah Menemui Dokter?

Wajarkah Bila Puting Perempuan Semakin Menghitam?

Foto: nonsprecare.it

Sekali lagi, Moms, puting yang berubah warna memang suatu hal yang wajar, terutama saat ibu menyusui dan sedang di masa kehamilan. Namun, bila perubahan warna puting diiringi dengan beberapa tanda seperti di bawah ini, maka Moms harus segera berkonsultasi dengan dokter.

- Kulit puting mengelupas

- Perubahan yang terjadi, baik warna atau kulit yang mengelupas, hanya terjadi di satu puting

- Diiringi dengan rasa gatal yang tidak kunjung hilang

- Selain menghitam, muncul warna kemerahan

- Muncul benjolan

Gejala seperti di atas bisa menandakan adanya masalah kesehatan tertentu pada tubuh Moms. Kondisi yang paling dikhawatirkan adalah kanker payudara. Umumnya, gejala kanker payudara dimulai dari perubahan di sekitar area puting.

Itu dia Moms, penjelasan apakah wajar ketika puting payudara yang semakin menghitam.

NA/KM

Artikel Terkait