KEHAMILAN
11 Desember 2019

Wajib Dikonsumsi, Ini 5 Daftar Makanan Sehat Ibu Hamil

Lima makanan sehat untuk Ibu hamil ini wajib Moms konsumsi selama masa kehamilan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menjaga dan merawat kehamilan merupakan hal yang wajib serta penting dilakukan oleh Ibu hamil. Pasalnya, saat ini Moms sedang mengandung calon buah hati.

Bagaimanapun juga, Moms harus memerhatikan tumbuh kembang janin. Tidak hanya mengurangi berbagai macam aktivitas yang terlalu berat, asupan makanan dan minuman sehat juga harus Moms perhatikannya.

Baca Juga: Aturan Aktivitas Ibu Hamil Trimester Ketiga yang Wajib Diketahui

Manfaat mengonsumsi makanan sehat Ibu hamil tidak hanya berguna untuk Moms tetapi juga untuk janin, khususnya di awal usia kehamilan, atau trimester pertama. Menurut Adda Bjarnadottir, MS, selaku pakar nutrisi dari healthline.com, tubuh Ibu hamil membutuhkan tambahan nutrisi, vitamin, dan mineral.

Bahkan, Moms membutuhkan 300 hingga 500 kalori setiap harinya ketika memasuki trimester kedua dan ketiga. Tidak menjaga asupan makanan dan minuam bisa memengaruhi tumbuh kembang janin.

Dilansir US National Library of Medicine National Institute of Health, kebiasaan makan yang buruk dan bertambahnya berat badan bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional dan komplikasi kehamilan, atau di saat persalinan.

Ini Dia 5 Jenis Makanan Sehat Ibu Hamil

Oleh karena itu, Moms wajib tahu dan mengonsumsi 5 makanan sehat Ibu hamil berikut ini:

Ikan Salmon

salmon-steak_1203-9613.jpg

Foto: freepik.com

Makanan sehat Ibu hamil yang bisa Moms konsumsi adalah ikan salmon. Sudah menjadi rahasia umum jika ikan salmon memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Kaya akan asam lemak omega-3, Ibu hamil harus mengonsumsi makanan ini.

Asam lemak omega-3 di dalam ikan salmon juga mengandung DHA dan EPA yang sangat baik untuk pertumbuhan otak janin. Sebelum mengonsumsi ikan salmon, pastikan sudah dimasak hingga matang ya, Moms.

Baca Juga: Hati-hati, Makanan Ini Berbahaya Untuk Ibu Hamil!

Produk Susu

jug-fresh-milk-wooden-table_23-2148239865.jpg

Foto: freepik.com

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), Ibu hamil yang berusia 19 tahun ke atas harus mengonsumsi 1000 miligram kalsium setiap harinya. Susu, yogurt, dan keju adalah beberapa produk susu yang termasuk makanan sehat Ibu hamil.

Produk susu di atas dipercaya mengandung kalsium tinggi, protein, whey, vitamin B, magnesium, dan yang lainnya. Tidak hanya itu, produk susu tersebut juga sangat baik untuk pertumbuhan tulang calon buah hati. Namun, apabila Moms memiliki riwayat intoleransi laktosa sebaiknya dihindari jenis makanan ini.

Jeruk

lime-lemon-orange-slices_1339-4600.jpg

Foto: freepik.com

Moms penggemar buah jeruk? Ya, buah berwarna oranye ini termasuk ke dalam daftar makanan sehat Ibu hamil berikutnya. Jeruk dipercaya bisa menambah dan menjaga asupan cairan di dalam tubuh Moms.

Selain menjadi sumber vitamin C, jeruk juga mengandung asam folat yang bisa mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang, serta antioksidan yang bisa menangkat berbagai radikal bebas.

Baca juga: Ini Buah dan Sayuran Pantangan Ibu Hamil

Telur

breakfast-with-hard-boiled-eggs_23-2148130566.jpg

Foto: freepik.com

Makanan sehat Ibu hamil selanjutnya adalah telur. Makanan ini dipercaya mengandung berbagai macam nutrisi yang Moms butuhkan. Di dalamnya terdapat kalori, protein, vitamin, mineral, dan lemak berkualitas tinggi.

Tidak hanya itu, telur juga mengandung kolin yang sangat penting untuk perkembangan dan kesehatan otak janin.

Sayuran Hijau

fresh-healthy-food-wooden-bowl-with-broccoli-brussel-sprouts-olive-oil-green-pepper_8353-8608.jpg

Foto: freepik.com

Brokoli, bayam, dan kangkung, merupakan beberapa contoh sayuran hijau yang harus dikonsumsi Ibu hamil. Pasalnya, sayuran hijau mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan Moms Apa saja?

Sayuran hijau mengandung vitamin C, K, A, kalsium, zat besi, asam folat, dan kalium. Selain itu, terdapat kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan imun Moms sehingga membantu terhindar dari berbagai penyakit.

Itu dia Moms 5 makanan sehat Ibu hamil yang bisa dikonsumsi untuk tumbuh kembang janin yang maksimal. Selalu sehat ya, Moms!

MA/KM

Artikel Terkait