BAYI
23 Maret 2020

6 Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan, Wajib Tahu!

Selama bulan pertama, Si Kecil terbiasa dengan dunia baru serta menunjukkan tanda-tanda perkembangan pada berbagai hal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Pernahkah Moms dan Dads memerhatikan bagaimana jari-jari mungil Si Kecil saat berusia satu bulan mulai mengepal? Atau terkejut dengan suara yang keras? Si Kecil pasti telah melalui banyak perubahan dalam waktu singkat.

Namun, Moms mungkin bingung apakah perkembangan Si Kecil termasuk normal, cepat, atau justru lambat. ”Ada banyak hal yang dianggap normal, sehingga beberapa bayi memperoleh keterampilan lebih awal atau lebih lambat daripada yang lain,” kata dokter anak, Mary L Gavin, MD.

Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Dr Mary mengatakan, setiap dokter anak akan menggunakan tonggak tertentu dalam perkembangan Si Kecil, terutama untuk perkembangan bayi usia 1 bulan. Agar Moms dan Dads tidak bingung, yuk kita cari tahu perkembangan bayi usia 1 bulan di bawah ini.

1. Berat Badan

Berat-Badan-Hero.jpg

Perkembangan bayi usia 1 bulan yang perlu diperhatikan pertama adalah berat badan. Tak perlu khawatir jika Si Kecil kehilangan berat badan selama beberapa hari pertama kehidupan. Si Kecil dilahirkan dengan cairan tubuh ekstra dan biasanya kehilangan sekitar 10 persen dari berat lahir mereka sebelum stabil dan mulai bertambah.

Dilansir dari WebMD, Si Kecil pun harus kembali ke berat lahir mereka pada minggu kedua, dan selama bulan pertama mereka akan bertambah berat dengna cepat antara 1/2 ons dan 1 ons dalam sehari sehari.

2. Keterampilan Motorik

Bayi Menangis

Perkembangan bayi usia 1 bulan yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah keterampilan motorik. Sistem saraf Si Kecil yang baru lahir akan mencapai banyak hal di bulan pertama mereka.

Moms dan Dads akan melihat Si Kecil dilahirkan dengan beberapa refleks bawaan, termasuk menghisap. Segera setelah lahir, ia dapat menempel di payudara atau menyusui.

Lalu, seiring berjalannya waktu, jika Dads atau Moms meletakkan jari di telapak tangan bayi, Moms akan melihat ia mencengkram langsung.

Menurut American Academy of Pediatrics, di usia 1 bulan, perkembangan motorik lainnya yaitu ketika Si Kecil terkejut dengan cepat mengembangkan kedua tangan dan kakinya kemudian menariknya yang mana ini disebut reflex moro.

Baca Juga: Segar dan Enak, Ini 3 Resep Minuman Kurma yang Layak Dicoba

Bahkan pada usia 1 bulan, bayi Moms memiliki naluri untuk berjalan. Jika Moms meletakkan kaki bayi baru lahir di permukaan yang kokoh sambil menopang tubuh mereka, mereka akan tampak mengambil beberapa langkah.

Walaupun Si Kecil berusia 1 bulan mungkin ia dapat memutar kepala sambil berbaring tengkurap tapi mereka belum memiliki kekuatan leher untuk menopang kepala mereka. Untuk itu, Moms dan Dads pastikan meletakkan tangan di bawah kepala Si Kecil setiap kali mengangkat dan menggendongnya.

3. Waktu Tidur

Bayi tidur

Perkembangan bayi usia 1 bulan yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah waktu tidur. Selama beberapa minggu pertama, tampaknya yang ingin dilakukan Si Kecil hanyalah tidur. Bahkan, bayi baru lahir tidur 15 hingga 16 jam sehari. Jam-jam itupun tidak menentu karena Si Kecil belum menyesuaikan dengan siklus siang dan malam.

“Anda dapat membantu Si Kecil menyesuaikan diri dengan membatasi aktivitas pada siang hari, dan menghindari sepi, gelap. Sedangkan, di malam hari maka kebalikannya. Akhirnya, dia akan mendapatkan petunjuk bahwa siang untuk bermain dna malam untuk tidur,” ucap Profesor pediatrik dan kedokteran lingkungan di Fakultas kedokteran Mount Sinai, New York, Joel Forman, MD.

Selain itu, siklus tidur bayi yang berumur 1 bulan jauh berbeda dari siklus tidur Moms. Tidak seperti orang dewasa, bayi yang baru lahir menghabiskan lebih banyak waktu dalam tidur REM daripada dalam tidur non-REM yang lebih dalam. Itu berarti mereka dapat bangun dengan mudah selama beberapa minggu pertama.

4. Indera Tubuh

penglihatan bayi

Perkembangan bayi usia 1 bulan yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah indera tubuh. Moms dan Dads, Si Kecil dilahirkan dengan penglihatan yang sangat kabur. Bayi baru lahir mengalami rabun jauh. Sehingga, ia hanya bisa melihat benda-benda dan orang dengan jelas hanya berjarak 8 sampai 12 inci.

Hal itu berarti, Si Kecil dapat melihat wajah Moms saat menyusui, dan pada kenyataannya akan lebih suka melihat Moms daripada boneka binatang, karena secara alami mereka tertarik pada wajah manusia.

“Anda mungkin memperhatikan bahwa mata anak Anda yang berusia 1 bulan bersilang ketika mencoba untuk fokus. Itu normal, karena kontrol mata bayi yang baru lahir belum sepenuhnya berkembang. Namun, jika mereka tetap menyilang pada tiga atau empat bulan, hubungi dokter anak Anda, karena itu bisa jadi tanda mata juling,” terang dokter anak bersertifikat dan rekan dari American Academy of Pediatrics, Vincent Ianneli, MD.

Baca Juga: Amankah Sunat Ketika Bayi Baru Lahir?
Selain itu, meskipun pendengaran Si Kecil yang baru lahir belum sepenuhnya berkembang, Si Kecil dapat mengenali suara terutama suara orang tua mereka yang terbiasa didengar di dalam rahim.

Bila Si Kecil tidak merespons sama sekali terhadap suara pastikan mengatakan hal ini kepada dokter anak pada kunjungan berikutnya.

5. Pola Makan

Bayi menyusui

Perkembangan bayi usia 1 bulan yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah pola makan. Selama satu bulan, perkirakan Si Kecil disusui sebanyak 8 hingga 12 kali sehari atau sekitar 2-3 jam.

Bayi yang diberi susu botol mungkin hanya perlu minum susu 6-8 kali. Beberapa orang tua memberi makan berdasarkan permintaan, sementara yang lain mengikuti jadwal.

Moms dan Dads akan tahu kapan bayi lapar, karena dia akan mulai root (menggerakkan kepalanya ke depan dan ke belakang, mencari payudara) atau menjadi rewel dan memutar mulut ketika Moms menyentuh pipinya.

Seorang bayi yang sudah cukup makan akan tampak puas, dan bahkan mungkin tertidur. Siapkan 4-6 popok basah sehari sebagai tanda bahwa bayi Anda cukup makan.

6. Cara Berkomunikasi

bayi tidak perlu dimandikan setiap hari.jpg

Perkembangan bayi usia 1 bulan yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah cara berkomunikasi. Si Kecil yang berusia satu bulan memiliki satu mode komunikasi yaitu menangis.

Si Kecil akan menangis hingga 3 jam sehari. Tapi, Moms dan Dads tak perlu panik karena tangisan akan berkurang seiring berjalannya waktu.

“Menangsi adalah cara bayi mengatakan lapar, popok basah, atau sangat lelah. Setelah sebulan, Anda akan mulai menerjemahkan ini menangis dan telah menemukan cara terbaik untuk menenangkannya misal dengan menggoyang atau menggendongnya,” terang dokter anak serta konselor laktasi, Dan Brennan, MD.

Baca Juga: Apa Itu Growth Spurt Pada Bayi dan Ciri-cirinya?

Bahkan, Dan menerangnkan bahwa ada beberapa bayi yang terlalu banyak menangis mungkin memiliki sakit perut atau masalah medis. Jadi hubungi dokter jika Moms tidak bisa menghibur bayi yang baru lahir.

Tips untuk Bulan Pertama Si Kecil :

  • Moms dan Dads, Si Kecil senang disentuh, berikan kontak skin to skin ketika ia berumur 1 bulan dengan memegang atau menggendong bahkan memberikannya pijatan yang lembut. Hal ini akan membuat Si Kecil merasa nyaman dan dicintai.
  • Gerakkan kaki bayi dalam gerakan bersepeda selama beberapa menit sekaligus. Latihan mudah ini akan membantu mengencangkan otot-otot untuk bersiap merangkak dan berjalan yang akan mulai dilakukan Si Kecil sebelum Moms menyadarinya!

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Moms perhatikan pada perkembangan bayi usia 1 bulan. Bagaimana, apakah perkembangan Si Kecil masuk kategori normal, cepat, atau malah lambat? Jangan lupa konsultasikan dengan dokter anak ya mengenai perkembangan Si Kecil ini.

(WAR/ERN)

Artikel Terkait