KEHAMILAN
10 September 2019

Wajib Disiapkan Calon Ibu, Inilah 5 Perlengkapan Bayi yang Harus Mom Miliki

Jangan sampai berlebihan, ini 5 perlengkapan bayi yang penting untuk Moms siapkan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Sudah tidak sabar ingin bertemu calon buah hati? Ya, sambil menunggu waktu persalinan datang, ada baiknya Moms menyicil perlengkapan apa saja yang harus disiapkan. Tentu saja, hal ini dilakukan untuk mempermudah perawatan Si Kecil ketika ia sudah lahir di dunia.

Baca juga: Lakukan 3 Gerakan Ini di Rumah Agar Proses Persalinan Berjalan Lancar

Oleh karena itu, pastikan Moms menyisihkan waktu bersama DAds untuk berbelanja kebutuhan perlengkapan bayi. Walaupun cukup membingungkan dan memusingkan, karena begitu banyaknya perlengkapan bayi baru, ada baiknya Moms membuat daftar barang yang harus disiapkan. Jangan sampai Moms belanja berlebihan, yang akhirnya malah tidak terpakai. Berikut ada 5 perlengkapan bayi yang Moms harus punya.

Pakaian Bayi

baby-clothes-types-held-2160x1200.jpg

Foto: thebump.com

Perlengkapan bayi pertama yang harus Moms beli adalah pakaian. Dilansir dari babycenter.com, untuk memilih pakaian bayi biasanya berdasarkan usia, tetapi karena ukuran merek bisa bervariasi, maka carilah pakaian yang juga mencantumkan informasi berat atau tinggi badan untuk membantu menemukan pakaian yang lebih pas.

Beberapa bayi bahkan bisa langsung memakai pakaian bayi berusia 3 bulan dan tidak membutuhkan ukuran bayi baru lahir. Pastikan Moms memilih pakaian bayi dengan bahan yang aman dan nyaman. Hindari pakaian yang memiliki aksesoris seperti tali, pita, dan sebagainya, untuk menghindari masuk ke dalam mulut Si Kecil.

Baca juga: Harus Tahu, Ini 3 Cara Memilih Pakaian Bayi Berkualitas

Popok Bayi

30492_hd.jpg

Foto: Goodnet.org

Tahukah Moms, menurut americanpregnancy.org, bayi yang baru lahir buang air kecil setikanya 20 kali per hari untuk beberapa bulan ke depan. Untuk itu, sangat penting menyiapkan popok bayi jauh hari sebelum Si Kecil lahir.

Terdapat berbagai macam popok, mulai dari kain hingga sekali pakai. Apabila Moms memutuskan untuk menggunakan popok sekali pakai, pastikan memilih popok dari bahan yang aman agar Si Kecil terhindar dari iritasi. Tidak hanya popok, Moms juga harus menyiapkan alas popok, tisu basah, dan krim popok.

Perlengkapan Menyusui

d88e902e-2e0a-42ed-bfbf-e75a05c7ac13.jpg

Foto: nhs.uk

Perlengkapan bayi berikutnya yang harus Moms siapkan adalah perlengkapan menyusui, mulai dari botol untuk menyimpan ASI, pompa ASI, alat steril botol, penghangat ASI, bantal, hingga bra menyusui.

Walaupun Moms menyusui langsung dari payudara, tidak ada salahnya jika menyiapkan perlengkapan di atas. Barangkali perlengkapan tersebut dibutuhkan ketika sedang liburan atau dalam keadaan darurat.

Baca juga: 7 Makanan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

Alat Mandi

baby-bath-tubs-top-2x1-lowres1024-2.jpg

Foto: thewirecutter.com

Berbagai macam alat-alat mandi merupakan perlengkapan bayi yang wajib dimiliki sebelum Si Kecil lahir. Bak mandi bayi salah satu contohnya. Pilihlah bak yang memang khusus untuk bayi baru lahir, terbuat dari bahan yang aman, memiliki karet di bagian bawahnya, dan kuat.

Selain itu, siapkan juga peralatan mandi lainnya, seperti sabun, sampo, handuk, bedak, minyak telon, waslap, kapas, baby oil, hingga pelembap.

Car Seat, Stroller, dan Baby Carrier

https___blogs-images.forbes.com_tarahaelle_files_2015_12_Chris-Wiegand-1200x890.jpg

Foto: forbes.com

Perlengkapan bayi selanjutnya adalah car seat, stroller, dan baby carrier. Perlengkapan bayi ini biasanya sangat dibutuhkan ketika sedang berpergian. Menggunakan baby carrier bisa membuat Si Kecil semakin dekat dengan Moms.

Untuk stroller, Moms bisa menggunakannya ketika sedang berolaharga di pagi hari atau saat jalan kaki bersama Si Kecil. Terakhir, car seat, merupakan barang wajib yang harus dimiliki saat berpergian menggunakan mobil bersama Si Kecil.

Ketiga benda di atas memang tidak murah, tetapi setidaknya perlengkapan tersebut mampu membantu menjaga keamanan buah hati Moms.

(MA/KM)

Artikel Terkait