KESEHATAN
30 Oktober 2019

Wajib Tahu, Ini 10 Makanan untuk Redakan Radang Sendi atau Arthritis

Ikan dengan asam lemak omega-3 tinggi dipercaya bisa membantu meredakan radang sendi lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Arthritis adalah istilah untuk penyakit yang menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kaku pada persendian. Penyakit ini dapat terjadi pada orang-orang dari segala usia, jenis kelamin dan latar belakang etnis.

Ada banyak jenis radang sendi. Osteoartritis adalah salah satu jenis yang sering berkembang pada sendi. Jenis lainnya adalah rheumatoid arthritis, penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sendi.

Jika Moms atau Dads sedang berjuang melawan rasa sakit akibat radang sendi, maka ada baiknya memilih dan mengonsumsi makanan yang tepat.

"Penelitian sedang berlangsung, tetapi para ilmuwan telah menemukan bahwa makanan tertentu dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit yang berkaitan dengan radang sendi," kata Andrea Dunn, RD, LD, CDE, ahli diet bersertifikat di Cleveland Clinic's Digestive Disease Institute seperti dikutip dari Clevelandclinic.org.

Nah berikut adalah 10 makanan untuk redakan radang sendi atau arthritis. Catat ya Moms!

Baca Juga: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Radang Sendi

1. Ikan Berlemak

Cara Alami Mengatasi Gejala Menopause - salmon - thetapaslunchcompany.co.uk.jpg

Makanan untuk redakan radang sendi atau arthritis yang pertama adalah ikan berlemak.

Varietas ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden dan trout mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, yang telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi yang kuat.

Dalam sebuah studi, sebanyak 33 peserta survei diberi makan ikan berlemak, ikan tanpa lemak atau daging tanpa lemak empat kali setiap minggu.

Setelah delapan minggu, kelompok ikan berlemak mengalami penurunan kadar senyawa spesifik yang berhubungan dengan peradangan

Kemudian, sebuah analisis dari 17 studi juga menemukan bahwa mengambil suplemen asam lemak omega-3 mampu menurunkan intensitas nyeri sendi, kekakuan di pagi hari, jumlah sendi yang nyeri dan menjadi penghilang rasa sakit pada pasien dengan rheumatoid arthritis.

Demikian pula, dengan sebuah penelitian lain yang menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 mengurangi beberapa penanda inflamasi yang terlibat dalam osteoarthritis.

Ikan juga merupakan sumber vitamin D yang dapat membantu mencegah kekurangan. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa rheumatoid arthritis dapat dikaitkan dengan kadar vitamin D yang rendah, yang dapat berkontribusi pada gejala.

The American Heart Association pun merekomendasikan untuk menyertakan setidaknya dua porsi ikan berlemak dalam pola makan kita setiap minggu untuk mengambil manfaat dari sifat anti-inflamasi yang bermanfaat ini.

2. Bawang Putih

04 MANFAATKAN BAWANG PUTIH - sumber thespruceeats.jpg

Makanan untuk redakan radang sendi atau arthritis yang selanjutnya adalah bawang putih.

Bawang putih penuh dengan manfaat kesehatan. Dalam beberapa penelitian, reaksi, bawang putih dan komponennya telah terbukti memiliki sifat melawan kanker.

Bawang putih ini juga mengandung senyawa yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan demensia. Selain itu, bawang putih telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala radang sendi.

Bahkan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tertentu untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dalam satu studi, para peneliti menganalisis diet 1.082 anak kembar. Mereka menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak bawang putih memiliki risiko osteoartritis pinggul lebih rendah.

Hal ini terjadi berkat sifat anti-inflamasi bawang putih yang kuat. Karena itu, menambahkan bawang putih ke dalam menu makan kita dapat memberi manfaat baik pada gejala radang sendi dan kesehatan secara keseluruhan.

3. Jahe

Bahan Dapur untuk Obat Kolesterol - Jahe.jpg

Makanan untuk redakan radang sendi atau arthritis yang selanjutnya adalah jahe.

Selain menambah kuat rasa pada teh, sup, dan permen, jahe ternyata juga dapat membantu meringankan gejala radang sendi. Sebuah studi tahun 2001 melakukan penelitian tentang efek ekstrak jahe pada 261 pasien dengan osteoartritis lutut.

Setelah enam minggu, nyeri lutut yang diderita 63 persen pasien, membaik. Studi lainnya juga menemukan bahwa mengobati tikus dengan ekstrak jahe menurunkan kadar penanda inflamasi spesifik yang terlibat dalam radang sendi.

Untuk itu, mengkonsumsi jahe dalam bentuk segar, bubuk atau kering dapat mengurangi peradangan dan membantu mengurangi gejala radang sendi.

4. Brokoli

brokoli.jpg

Makanan untuk redakan radang sendi atau arthritis yang selanjutnya adalah brokoli.

Bukan rahasia lagi bahwa brokoli adalah salah satu makanan paling sehat. Sebuah studi yang meneliti diet pada 1.005 perempuan menemukan bahwa asupan sayuran seperti brokoli dikaitkan dengan penurunan kadar penanda inflamasi.

Brokoli juga mengandung komponen penting yang dapat membantu mengurangi gejala radang sendi.

Misalnya, sulforaphane adalah senyawa yang ditemukan dalam brokoli, mampu menghalangi pembentukan jenis sel yang terlibat di dalam perkembangan radang sendi orangoid.

Sebuah penelitian pada hewan juga menemukan bahwa sulforaphane dapat mengurangi produksi penanda inflamasi tertentu yang berkontribusi pada rheumatoid arthritis

5. Kacang Kenari

Kacang kenari.jpg

Makanan untuk redakan radang sendi atau arthritis yang selanjutnya adalah kacang kenari.

Kacang kenari padat nutrisi dan sarat dengan senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit sendi.

Sebuah analisis dari 13 studi menunjukkan bahwa makan kenari dikaitkan dengan berkurangnya penanda peradangan. Kacang kenari memang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan omega-3 ini telah terbukti mengurangi gejala radang sendi.

Dalam satu studi, sebanyak 90 pasien dengan rheumatoid arthritis mengambil suplemen asam lemak omega-3 atau minyak zaitun.

Dibandingkan dengan kelompok minyak zaitun, mereka yang menerima asam lemak omega-3 mengalami tingkat rasa sakit yang lebih rendah dan mampu mengurangi penggunaan obat arthritis.

Namun, sebagian besar penelitian yang ada masih berfokus pada efek asam lemak omega-3 secara umum pada artritis.

Baca Juga: Mandi Malam Bisa Menyebabkan Radang Sendi, Mitos Atau Fakta?

6. Berry

Ini Dia, Makanan yang  Membantu Mengendurkan Saraf dan Pikiran Anda 04 berry freepik com.jpg

Makanan untuk redakan radang sendi atau arthritis yang selanjutnya adalah buah berry.

Banyak antioksidan, vitamin dan mineral ada dalam setiap porsi buah beri. Kandungan vitamin dan mineral tersebut membuat buah tersebut memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan.

Dalam satu studi terhadap 38.176 perempuan, mereka yang makan setidaknya dua porsi stroberi per minggu, sebanyak 14 persen lebih kecil kemungkinannya memiliki tingkat penanda inflamasi yang meningkat dalam darah.

Selain itu, buah beri kaya akan quercetin dan rutin, dua senyawa tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Jika Moms iingin memperoleh manfaat kesehatan dari buah ini, ternyata ada beragam jenis beri yang bisa dipilih. Di antaranya, stroberi, blackberry, dan blueberry.

7. Bayam

Bayam

Makanan untuk redakan radang sendi atau arthritis yang selanjutnya adalah bayam.

Sayuran hijau seperti bayam penuh dengan nutrisi. Bayam juga mengandung beberapa komponen yang dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh arthritis.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa asupan buah dan sayuran yang lebih tinggi terkait dengan tingkat peradangan yang lebih rendah.

Bayam, khususnya, mengandung banyak antioksidan serta senyawa tanaman yang dapat meredakan peradangan dan membantu melawan penyakit.

Bayam juga mengandung antioksidan kaempferol yang sangat tinggi. Kandungan ini telah terbukti mengurangi efek agen peradangan yang terkait dengan rheumatoid arthritis.

8. Anggur

anggur3

Makanan untuk redakan radang sendi atau arthritis yang selanjutnya adalah anggur.

Anggur juga sangat padat nutrisi, tinggi antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Dalam sebuah penelitian, sebanyak 24 pria diberikan bubuk anggur pekat yang setara dengan sekitar 1,5 cangkir (252 gram) anggur segar, atau plasebo setiap hari selama tiga minggu.

Bubuk anggur ini secara efektif menurunkan kadar penanda inflamasi dalam darah. Selain itu, anggur mengandung beberapa senyawa yang telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan radang sendi. Misalnya, resveratrol adalah antioksidan yang ada di kulit anggur.

Dalam satu penelitian, resveratrol menunjukkan potensi untuk membantu mencegah penebalan sendi yang terkait dengan artritis dengan menghalangi pembentukan sel-sel rheumatoid arthritis.

Anggur juga mengandung senyawa tanaman yang disebut proanthocyanidin, yang mungkin memiliki efek menjanjikan pada arthritis. Sebagai contoh, satu penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak proanthocyanidin biji anggur mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit.

9. Minyak Zaitun

5 Cara Memakai Minyak Zaitun Pada Wajah Sebelum Tidur

Makanan untuk redakan radang sendi atau arthritis yang selanjutnya adalah minyak zaitun.

Terkenal karena sifat anti-inflamasinya, minyak zaitun memiliki efek yang menguntungkan pada gejala radang sendi. Dalam sebuah penelitian, tikus diberi minyak zaitun extra-virgin selama enam minggu.

Ini membantu menghentikan perkembangan radang sendi, mengurangi pembengkakan sendi, memperlambat kerusakan tulang rawan dan mengurangi peradangan.

Dalam studi lain, sebanyak 49 peserta dengan rheumatoid arthritis mengkonsumsi minyak ikan atau kapsul minyak zaitun setiap hari selama 24 minggu.

Pada akhir penelitian, kadar penanda inflamasi spesifik mengalami penurunan pada kedua kelompok, sebesar 38,5 persen, pada kelompok minyak zaitun dan antara 40-55 persen pada kelompok minyak ikan.

10. Teh Hijau

teh hijau.jpg

Makanan untuk redakan radang sendi atau arthritis yang selanjutnya adalah teh hijau.

Selain tinggi nutrisi dan antioksidan, teh hijau juga dikenal untuk mengurangi peradangan. Studi yang dilakukan pada hewan juga menemukan bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi kejadian dan tingkat keparahan rheumatoid arthritis.

Untuk itu, usahakan untuk mengonsumsi teh menyehatkan ini dua porsi sehari, baik panas atau dingin. Pastikan untuk menggunakan kantong teh, bukan campuran teh bubuk, yang lebih diproses.

Jika Moms minum varietas tanpa kafein, pastikan prosesnya alami ya.

Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Arthritis

Itulah beberapa minuman dan makanan untuk redakan radang sendi atau arthritis. Selamat mencoba!

(SERA)

Artikel Terkait