BALITA DAN ANAK
30 Juli 2019

Wajib Tahu, Ini 5 Cara Mendukung Profesi Masa Depan Si Kecil

Mulailah dari hal-hal kecil seperti mengerjakan tugas rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Setiap orang tua ingin membesarkan anaknya dengan cara yang membuat mereka akan siap menjalani kehidupan yang penuh kebahagiaan, dan hidup yang produktif. Ingin mendukung Si Kecil untuk mencaoai pekerjaan yang ia inginkan di masa depan. Makanya setiap orang tua ingin menjadi orang tua terbaik untuk anak-anaknya.

Sayanya ekspektasi tidak seindah kenyataan. Banyak orang tua yang kurang peduli dan lalai dalam memberikan peraturan dan bimbingan yang dibutuhkan oleh anak-anak. Terlebih jika kita adalah orang tua yang sibuk bekerja atau berbisnis.

Buang jauh-jauh pikiran bahwa kita tidak bisa membantu mendukung anak untuk menggapai pekerjaan yang diinginkan. Dengan cara di bawah ini orang tua pasti akan bisa mendukung Si Kecil. Yuk kita lihat, Moms.

Baca Juga: Ingin Anak Sukses di Masa Depan? Latih 5 Karakter Ini Sejak Dini

1. Pindah ke Lingkungan Terbaik

mendukung profesi anak di masa depan

Foto: huffpost.com

Hal paling dasar yang bisa Moms lakukan untuk mendukung profesi masa depan anak adalah dengan membawanya ke lingkungan terbaik. Lingkungan yang memiliki sekolah terbaik, peluang karir yang lebih banyak, dan peluang untuk tumbuh bersama teman sebaya yang juga menghargai pendidikan dan penghargaan.

Meskipun kontroversial, penelitian telah menemukan pindah ke lingkungan yang lebih baik adalah investasi terbaik daripada les dan kegiatan ekstrakurikuler yang beragam.

“"Empat puluh hingga 50 tahun penelitian ilmu sosial menyebutkan bahwa betapa pentingnya lingkungan untuk anak. Membeli rumah di lingkungan yang aman dan dihormati mungkin salah satu hal paling penting yang dapat kita lakukan untuk anak," kata Ann Owens, sosiolog di University of Southern California.

2. Bahagia dan Tidak Stress

mendukung profesi anak di masa depan

Foto: babycenter.com

Penelitian membuktikan bahwa orang dewasa berkembang dalam bisnis ketika mereka bahagia dan tidak stress. Hal ini juga berlaku saat mengasuh anak.

Carolyn dan Philip Cowan, psikolog di University of California, menemukan bahwa orang tua yang bahagia lebih mungkin memiliki anak yang bahagia. Menurut pasangan suami istri ini, buah hati tidak akan berhasil jika orang dewasa tidak menjaga diri mereka sendiri dan hubungan mereka.

“Ibu yang stress, terutama karena dilema dengan pekerjaan dan lalu menghabiskan waktu dengan anak-anak, sebenarnya dapat mempengaruhi anak-anak mereka dengan buruk,” kata Kei Nomaguchi, sosiologi sosiolog Bowling Green State University.

Baca Juga: 7 Ciri Anak Bahagia

3. Minta Mereka untuk Mengerjakan Tugas

mendukung profesi anak di masa depan

Foto: eatright.org/

Baik itu memotong rumput, membuang sampah, mencuci piring, mengajak peliharaan jalan-jalan di komples, atau melipat pakaian. Hal ini akan mengajari anak nilai kerja keras dan kerja sama untuk menyelesaikan sesuatu. Yang terpenting, mengajarkan Si Kecil tanggung jawab.

Dalam TED Talks Live Event, Lythcott-Haims, mantan dekan mahasiswa di Stanford University mengatakan,"Jika anak-anak tidak mencuci piring, itu berarti ada orang lain yang melakukan hal itu untuk mereka. Jadi mereka tidak hanya dibebaskan dari pekerjaan, tetapi belajar bahwa pekerjaan harus dilakukan dan bahwa kita masing-masing harus berkontribusi untuk semuanya.”

4. Mengajari anak Belajar Matematika dan Membaca Setiap Hari

mendukung profesi anak di masa depan

Foto: mothering.com

Cara selanjutnya untuk mendukung profesi masa depan anak adalah dengan dengan mengajak anak untuk rajin membaca, jika perlu setiap hari. Mintalah Si Kecil untuk membaca 2-3 buku dalam sebulan.

Bisa membaca buku biografi, sejarah, nonfiksi, sastra klasik, atau buku-buku hobi, dan tanyakan apa isi buku tersebut. Selain itu, ajari juga mereka keterampilan matematika sejak dini.

"Kami menemukan satu-satunya faktor terpenting dalam memprediksi pencapaian akademik anak nantinya adalah anak mulai bersekolah dengan penguasaan konsep matematika dan literasi awal," kata Greg Duncan, peneliti Universitas Northwestern.

Baca Juga: 5 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak

5. Buat Family Time

mendukung profesi anak di masa depan

Foto: comeuntochrist.org

Penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak dengan keterampilan sosial yang kuat di TK akan berkembang ketika dewasa. Salah satu cara terbaik dan paling menyenangkan untuk mendorong keterampilan sosial ini adalah dengan mengadakan ritual keluarga.

Menurut peneliti Dr. Dawn Eaker dan Dr. Lynda Walters, family time ini sederhana saja seperti memasak makanan bersama, main game bersama, jalan-jalan sore, dan liburan tahunan.

Itu dia Moms beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mendukung profesi anak di masa depan. Silahkan dicoba!

https://www.entrepreneur.com/article/293821

https://www.raconteur.net/business-innovation/educating-children-jobs-future

Artikel Terkait