KESEHATAN
5 September 2019

Wajib Tahu, Ini 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Bekas jerawat bikin enggak pede? Begini cara menghilangkannya!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Bekas jerawat bisa jadi masalah bagi siapa pun, karena wajah penuh noda kehitaman atau jaringan parut yang kasar dan berpori bisa mengurangi rasa percaya diri. Belum lagi, kala masalah ini berlangsung siklus menstruasi datang dan membawa jerawat baru.

Tapi, santai saja. Banyak cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami! Langsung simak ya Moms!

1. Putih Telur dan Lemon

Ini Dia, 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami 2 putih telur freepik.jpeg

Foto: freepik.com

Enzim lysonzim yang terkandung dalam putih telur adalah bahan alami yang kerap digunakan sebagai bahan penghilang jerawat dan noda yang ditinggalkannya.

Moms bisa pisahkan putih telur dari kuningnya. Setelah itu, langsung tambahkan putih telur dengan air perasan lemon, aduk. Oleskan racikan ini secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, baru kemudian bilas wajah dengan air bersih.

Baca juga: Yuk Hilangkan Komedo Dengan Masker Putih Telur!

2. Lidah Buaya

Ini Dia, 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami 3 aloe freepik.jpg

Foto: freepik.com

Lidah buaya mengandung bahan alami, polifenol, yang membantu menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Tentu saja jika penggunaannya teratur.

Caranya mudah. Kupas kulit lidah buaya, ambil gelnya dan lumatkan. Gunakan gel ini sebagai masker. Diamkan sekitar setengah jam. Setelahnya, bilas wajah dengan air bersih.

Baca juga:5 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit dan Kecantikan

3. Kentang

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dari Wajah 2 kentang freepik.jpg

Foto: freepik.com

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu menyembuhkan kulit meradang dan menghilangkan flek hitam bekas jerawat atau luka.

Cara menggunakannya mudah saja. Iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada area bekas jerawat. Selanjutnya biarkan selama 10 menit dan bilas wajah dengan air bersih. Lakukan tiap hari atau setidaknya 3 kali dalam seminggu.

4. Mentimun

Ini Dia, 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami 5 mentimun slice freepik.jpg

Foto: freepik.com

"Mentimun memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi seperti vitamin A, vitamin C, dan mineral magnesium yang sangat bermanfaat bagi kulit. Mentimun juga mampu menghidrasi kulit," ucap dr Abdurrahman Raghrib, seorang dermatologist, seperti yang dilansir dari Arabnews.com.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan mentimun tidak sulit. Iris mentimun tipis-tipis. Letakkan di atas kulit yang memiliki bekas jerawat. Biarkan 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

5. Air Lemon

Ini Dia, 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami 6 perasan lemon freepik.jpg

Foto: freepik.com

Cara lain menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami adalah dengan menggunakan jeruk lemon. Pada air perasan lemon, terdapat kandungan asam alfa-hidroksi alami (AHA) yang mampu menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat. AHA juga berfungsi mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit.

"Kecuali Moms memiliki luka terbuka, masker ini akan bekerja pada tingkat kulit yang paling dangkal," kata dr. David E. Bank, direktur Pusat Dermatologi, Bedah Kosmetik & Laser di Amerika Serikat.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon sangat mudah. Belah buah lemon menjadi 2 bagian, lantas peras airnya. Selanjutnya, oleskan air perasan lemon pada area yang memiliki bekas jerawat. Setelah itu diamkan hingga kering sebelum membilas wajah dengan air bersih.

Gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit. Silakan ulangi perawatan ini setiap dua atau tiga kali sehari.

Baca juga: 4 Manfaat Lemon Untuk Kecantikan

(HEN/DIN)

Artikel Terkait