GAYA HIDUP
1 Maret 2020

Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan

Kurma muda mampu mencegah penyakit-penyakit berbahaya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Carla Octama

Selain terkenal karena produksi minyaknya yang melimpah, negara Timur Tengah ini juga terkenal dengan salah satu buah andalannya, kurma.

Ya, buah manis ini memang salah satu buah yang hanya bisa tumbuh di daerah dengan suhu tinggi seperti timur tengah.

Bahkan saat ini banyak jenis kurma olahan yang ditemukan yang tentu saja telah dicampur dengan bahan lain yang akan membuatnya memiliki lebih banyak manfaat.

Kali ini kita akan berbicara mengenai kurma muda. Terlepas dari berbagai macam olahan makanannya yang enak, tahukah Moms kalau ternyata manfaat kurma muda sebenarnya tak kalah beragam dari kurma matang seperti yang biasa kita konsumsi?

Ya, kurma yang sebagian besar berjenis Ruth ini adalah kurma setengah matang yang tidak melalui proses pengeringan dan masih segar.

Kurma muda ini cocok bagi kita yang tidak suka tekstur kurma kering yang cukup kasar di luar, kurma muda ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Manfaat Kurma

Lalu apa manfaat kurma muda ini? Apakah sehebat kurma biasa? Langsung disimak saja yuk.

Baca Juga: Konsumsi Kurma Muda Bikin Cepat Hamil, Benarkah?

1. Mencegah Perdarahan

manfaat kurma muda, kurma muda

Foto: momjunction.com

Dilansir dari Grow Fit, bagi para ibu hamil, kurma muda adalah salah satu jenis buah yang wajib dikonsumsi. Bagaimana tidak, manfaat kurma muda yang mengandung hormon sitosin, bisa mencegah perdarahan di rahim ibu.

Bahkan kurma muda juga bermanfaat untuk mencegah kondisi serius perdarahan yang sangat berisiko dalam menimbulkan keguguran.

2. Mengontrol Tekanan Darah

manfaat kurma muda, kurma muda

Foto: medium.com

Salah satu penyebab terjadinya banyak penyakit yang berbahaya seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya adalah karena tekanan darah yang tidak stabil.

Baca Juga: Manfaat Kurma Sebagai Makanan Pendamping Bayi

Hanya saja, tekanan darah tinggi jauh lebih berisiko memicu penyakit berbahaya ini. Tetapi dengan mengkonsumsi kurma muda Moms tidak perlu mengkhawatirkan tekanan darah lagi.

Hal ini dikarenakan kurma muda mampu menjaga tekanan darah dengan baik tanpa membuat kita mengalami tekanan darah rendah.

3. Mencegah Kanker

manfaat kurma muda, kurma muda

Foto: healthline.com

Manfaat kurma muda yang paling penting adalah mampu mencegah gejala penyakit yang berbahaya seperti kanker.

Kandungan vitamin A yang tinggi pada kurma muda adalah salah satu kandungan terbesar untuk mencegah risiko kanker sel paru-paru dan kanker mulut.

“Ada empat kelas fitoestrogen dalam kurma muda, yaitu isoflavon, stilbena, lignan dan coumestan," kata Dr. Karsten Suhre, profesor fisiologi dan biofisika.

Menurutnya, isoflavon, khususnya genistein dan daidzein, juga memiliki manfaat kesehatan yang diakui untuk mengurangi risiko kondisi terkait endokrin seperti osteoporosis, penyakit kardiovaskular, gejala menopause, serta kanker payudara dan kanker prostat.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Melancarkan Pencernaan

manfaat kurma muda, kurma muda

Foto: parents.com

Kandungan serat yang tinggi pada kurma juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan kita.

Jika pencernaan dalam keadaan yang baik, maka kita dapat terhindar dari berbagai gangguan pencernaan, seperti diare atau sembelit.

Bahkan, serat dalam kurma ini juga dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan. Alhasil, asupan nutrisi dalam tubuh bisa digunakan secara efektif.

5. Mencegah Tumor

manfaat kurma muda, kurma muda

Foto: health.usnews.com

Selain mencegah kanker, kurma muda juga mampu mencegah pertumbuhan tumor di dalam tubuh.

Kandungan D-glukan yang merupakan salah satu jenis antioksidan inilah yang membuat kurma muda mampu mencegah pertumbuhan tumor.

Beberapa zat yang ditemukan pada kurma muda akan mengurangi risiko mutasi sel atau penyebab kanker dan tumor.

Bahkan penelitian yang berkaitan dengan manfaat kurma muda untuk mencegah kanker dan tumor telah dilakukan dan dibuktikan dalam Journal of Clinical and Experimental Medicine.

Itu dia Moms manfaat kurma muda untuk kesehatan. Meski buahnya kecil-kecil, manfaat yang dihasilkan sangat banyak ya!

Artikel Terkait