TREN
3 Juli 2019

Wajib Tahu, Ini 7 Restoran Terbaik di Asia 2019

Inilah restoran di Asia yang berhasil masuk The World’s Best 50 Restaurants
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setiap tahun, William Reed Business Media mengeluarkan daftar The World’s Best 50 Restaurants. Restoran dari seluruh dunia yang kebanyakan menyajikan haute cuisine diurutkan berdasarkan polling yang kemudian menjadi barometer tren gastronomi global.

Belum lama ini daftar 50 restoran terbaik di dunia 2019 diluncurkan. Ada tujuh restoran di Asia yang berhasil masuk 50 besar. Restoran mana saja yang menjadi restoran terbaik di Asia? Yuk cari tahu keunikan dari masing-masing restoran tersebut!

Baca Juga: 5 Restoran Ini Ternyata Punya Artis Indonesia, Sudah Pernah Coba?

1. Gaggan – Bangkok, Thailand

1-gaggan.jpg

Foto: theworlds50best.com

Peringkat: 4

Restoran terbaik di Asia pertama adalah Gaggan di Thailand. Gaggan sudah empat tahun berturut-turut memegang gelar sebagai restoran nomor satu di Asia.

Sang pemilik, Chef Gaggan Anand yang terpengaruh gaya restoran El Bulli di Spanyol, awalnya menyajikan hidangan India modern, namun kini ia memadukannya dengan hidangan internasional.

Kalau ingin mencicipi masakan Chef Gaggan, jangan tunda, Moms. Sebab, pria asal India ini berencana menutup restorannya pada tahun 2020, 10 tahun sejak tempat makan tersebut pertama beroperasi.

Setelah itu ia akan membuka restoran kecil di Fukuoka, Jepang, bersama seorang rekan chefnya. Gaggan juga punya saham di empat restoran lain di Bangkok.

2. Den – Tokyo, Jepang

2-den.jpg

Foto: theworlds50best.com

Peringkat: 11

Restoran terbaik di Asia selanjutnya adalah Den di Jepang. Chef Zaiyu Hasegawa berinovasi menghadirkan kaiseki (hidangan haute cuisine multicourse tradisional Jepang) yang personal, berbeda dengan kaiseki pada umumnya.

Masakannya mendapat pengaruh beragam, tapi selalu berdasar bahan-bahan dari laut, padang rumput, dan hutan.

Saat bersantap di sini, Moms tidak hanya bisa mendapatkan hidangan lezat, tapi juga pelayanan yang ramah. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan Asia’s 50 Best Restaurants inaugural Art of Hospitality Award yang didapat pada 2017 dan naik kelas menjadi World’s 50 Best Restaurants Art of Hospitality Award tahun ini.

3. Odette, Singapura

3-odette.jpg

Foto: theworlds50best.com

Peringkat: 18

Restoran terbaik di Asia selanjutnya adalah Odette di Singapura. Chef Julien Royer asal Prancis mungkin terlihat masih muda, tapi kemampuannya tak main-main, Moms.

Ia belajar dari Chef Michel Bras di negara asalnya, kemudian bekerja di restoran Carribean and London sebelum pindah ke Singapura dan menunjukkan potensinya di restoran Jaan.

Restoran fine dining-nya yang dibuka pada akhir 2015, Odette, memenangkan gelar The Best Restaurant in Asia 2019 pada perhelatan Asia's Best 50 Restaurants. Dua hidangan yang disarankan untuk Moms pesan di sini adalah Hokkaido Uni dan Kampot Pepper-crusted Pigeon.

Baca Juga: 6 Restoran Korea yang Bisa Moms Sambangi

4. Narisawa – Tokyo, Jepang

4-narisawa.jpg

Foto: theworlds50best.com

Peringkat: 22

Restoran terbaik di Asia selanjutnya adalah Narisawa di Jepang. Chef Yoshihiro Narisawa pernah bekerja selama delapan tahun di restoran-restoran ternama di Eropa, termasuk restoran milik Chef Paul Bocuse dan Joël Robuchon.

Dalam berkarya, Narisawa selalu memanfaatkan kekayaan alam lokal dan selalu menjaga keberlangsungannya. Tak heran, ia diganjar Sustainable Restaurant Award untuk restorannya yang bernama sama, Narisawa, di ajang Asia’s 50 Best Restaurants pada 2013.

Mau menikmati wine ala Jepang? Di sini tempatnya. Selain itu, ada juga hidangan berkuah kaldu yang terbuat dari ular berbisa yang hidup di perairan Okinawa. Berani coba, Moms?

5. The Chairman – Hong Kong

5-thechairman.jpg

Foto: theworlds50best.com

Peringkat: 41

Restoran terbaik di Asia selanjutnya adalah The Chairman di Hong Kong. Letaknya di ruko berlantai dua. Namun, jangan remehkan sajian Cantonese di The Chairman. Chef Kwok Keung Tung dan pemilik restoran Danny Yip memanfaatkan bahan-bahan lokal berkualitas untuk menghadirkan sajian seperti flower crab kukus.

Kepiting tersebut dihidangkan bersama mi beras pipih di dalam kuah kaldu yang diberi wine Shaoxing dan minyak ayam. Beberapa restoran di Hong Kong berusaha meniru hidangan ini tapi tak ada yang mengalahkan cita rasa gurih masakan Chef Tung.

6. Sühring – Bangkok, Thailand

6-suhring.jpg

Foto: theworlds50best.com

Peringkat: 45

Restoran terbaik di Asia selanjutnya adalah Sühring di Thailand. Restoran berdinding kaca yang dikelilingi taman ini milik kembar asal Jerman, Mathias dan Thomas Sühring.

Meski hidangan mereka mendapat pengaruh dari Belanda, Italia, dan Thailand, identitas Jermannya sangat kuat. Sühring memperoleh bintang Michelin keduanya di tahun 2018.

Baca Juga: 5 Restoran Bersejarah di Jakarta

7. Ultraviolet by Paul Pairet – Shanghai, Tiongkok

7-ultraviolet.jpg

Foto: theworlds50best.com

Peringkat: 48

Restoran terbaik di Asia selanjutnya adalah Ultraviolet by Paul Pairet di Tiongkok. Ingin menikmati pengalaman makan multisensori yang beda dari biasanya? Pesanlah tempat di Ultraviolet.

Nanti, Moms akan diajak menikmati koktail dan camilan dulu di restoran Chef Paul Pairet yang lain, Mr & Mrs Bund, sebelum dijemput dengan van ke sebuah lokasi rahasia.

Di sini hanya ada sebuah meja panjang dengan kursi-kursi dikelilingi tembok polos. Tapi, jika Moms sudah mulai bersantap, dinding akan berubah menjadi gambar yang sesuai dengan hidangan, lengkap dengan suara dan aroma yang mendukung. Keren, ya?

Tapi bukan cuma pengalamannya yang luar biasa. Hidangan di sini juga butuh diuji coba bertahun-tahun sebelum diluncurkan. Tiga menu dengan nama UVA, UVB, dan UVC dirotasi setiap minggu. Masing-masing terdiri dari 20-an course. Tertarik mampir, Moms?

Itulah tujuh restoran terbaik di Asia yang bisa Moms jadikan tujuan wisata kuliner. Restoran mana nih yang paling menarik?

Artikel Terkait