KESEHATAN
1 November 2019

Wajib Tahu, Ini 8 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker Payudara

Cara mengolah makanan juga perlu diperhatikan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Makanan dan minuman yang dikonsumsi berperan penting dalam proses perawatan kanker payudara. Untuk itu, pasien kanker payudara perlu memerhatikan makanan yang sebaiknya dihindari.

Sebab, radiasi dan kemoterapi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, yang menyebabkan neutropenia (penipisan sel darah yang melindungi tubuh dari kuman dan penyakit).

Statistik menunjukkan pasien kanker lebih berisiko meninggal akibat penyakit yang ditularkan melalui makanan daripada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat, itulah mengapa sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang diolah dengan baik.

"Sangat penting untuk memperhatikan apa yang makan, dan bagaimana makanan tersebut diolah," kata Victoria Lee, ahli diet klinis di departemen nutrisi klinis University of Texas M.D. Anderson Cancer Center di Houston.

Berikut makanan yang harus dihindari penderita kanker payudara.

Baca Juga: Jomblo dan Ibu Tidak Menyusui Berisiko Kanker Payudara, Lho!

1. Telur Mentah dan Sayuran Mentah

Telur.jpg

Makanan yang harus dihindari penderita kanker payudara yang pertama adalah telur dan sayuran mentah. Hindari makanan yang mengandung telur mentah, seperti saus salad, adonan kue, dan lainnya.

”Telur mentah diketahui mengandung salmonella," kata Lee.

Pasien kanker payudara juga sebaiknya tidak mengkonsumsi sayuran mentah. Lobak, brokoli, dan tauge dapat terkontaminasi dengan salmonella atau E. coli.

2. Keju Lunak

Keju.jpg

Makanan yang harus dihindari penderita kanker payudara yang selanjutnya adalah keju lunak. "Keju lunak memiliki kadar air yang lebih tinggi, dan air menghasilkan bakteri," kata Lee.

Keju yang harus dihindari di antaranya Camembert, keju petani, dan keju dengan ‘urat’ biru seperti Gorgonzola, Roquefort, dan Stilton.

"Urat-urat tersebut adalah jamur yang mengandung bakteri,” ungkap Lee.

3. Jus atau Produk Olahan Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Susu sapi.jpg

Makanan yang harus dihindari penderita kanker payudara yang selanjutnya adalah jus atau produk susu yang tidak dipasteurisasi.

Pasteurisasi adalah memanaskan cairan dan makanan pada suhu tinggi untuk membunuh kuman dan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.

Maka, konsumsi jus, susu, yogurt, keju, dan produk susu lain yang sudah dipasteurisasi.

4. Daging Merah

daging merah - foodmanufacture.co.uk.jpg

Makanan yang harus dihindari penderita kanker payudara yang selanjutnya adalah daging merah. Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara daging merah dan peningkatan risiko kanker payudara.

Selain itu, daging olahan dan potongan dingin cenderung tinggi lemak, garam, dan pengawet. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Daging sapi, daging babi, sapi muda, dan steak daging sapi, harus dimasak hingga 145 derajat Fahrenheit (62 derajat Celsius). Daging sapi giling, babi, sapi, dan domba semuanya harus mencapai suhu 160 derajat Fahrenheit (71 derajat Celsius).

Sedangkan, ayam, dan bebek harus memiliki suhu 165 derajat Fahrenheit (73 derajat Celsius) sebelum dikonsumsi.

Baca Juga: Ini Biaya yang Bisa Dihemat Jika Kanker Payudara Terdeteksi Sejak Dini

5. Ikan Mentah, Tiram, dan Kerang

Obat kolesterol alami tradiional - salmon.jpg

Makanan yang harus dihindari penderita kanker payudara yang selanjutnya adalah ikan mentah, tiram, dan kerang.

”Semua ikan mentah mungkin mengandung patogen berbahaya,” kata Kelly Kennedy RD, ahli gizi Everyday Health.

Untuk menghindarinya adalah dengan dimasak pada suhu internal 145 derajat Fahrenheit (62 derajat Celsius), daging harus terlihat putih susu, buram, dan kencang.

6. Alkohol

Kurangi alkohol.jpg

Makanan yang harus dihindari penderita kanker payudara yang selanjutnya adalah alkohol. Konsumsi alkohol secara teratur dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Breastcancer.org melaporkan bahwa alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen dan menyebabkan kerusakan DNA. Perempuan yang minum tiga minuman beralkohol per minggu meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 15 persen.

Menurut perkiraan, risikonya naik sekitar 10 persen dengan setiap minuman tambahan per hari.

7. Gula

makanan minuman manis.jpg

Makanan yang harus dihindari penderita kanker payudara yang selanjutnya adalah gula.

Dalam penelitian mengenai kanker pada 2016, tikus yang mengkonsumsi makanan kaya akan gula lebih cenderung mengembangkan tumor kelenjar susu yang mirip dengan kanker payudara pada manusia.

Selain itu, tumor ini lebih cenderung menyebar, atau bermetastasis.

8. Lemak Trans

Lemak Trans Pada Kesuburan Perempuan

Makanan yang harus dihindari penderita kanker payudara yang selanjutnya adalah lemak trans. Lemak trans adalah jenis lemak yang umum dalam makanan olahan.

Lemak trans paling sering ditemukan pada makanan olahan, seperti makanan yang digoreng, biskuit, donat, dan kue kering.

Baca Juga: Jangan Anggap Enteng, Pelan-pelan 8 Hal Ini Bisa Jadi Pemicu Kanker Payudara

Itulah beberapa minuman dan makanan yang harus dihindari penderita kanker payudara. Nah, bagi pasien kanker payudara sebaiknya hindari makanan dan minuman tersebut ya. Semoga bermanfaat.

(SWN)

Artikel Terkait