PERNIKAHAN & SEKS
6 Maret 2019

Wajib Tahu! Ini Aturan Berhubungan Intim saat Sedang Sakit

Kalau sakit apakah boleh berhubungan?
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berhubungan intim merupakan proses yang membutuhkan kekuatan fisik. Lalu, bagaimana jika berhubungan intim saat sakit?

Moms mungkin bisa mempertimbangkan aturan berhubungan intim berikut ini. Selain memperhatikan fisik yang sedang sakit, Moms juga harus memperhatikan apakah penyakit yang diderita dapat menular atau tidak.

Kristina Duda, RN, seorang dokter anak di Children's Healthcare of Atlanta mengungkapkan bahwa penyakit langganan seperti flu dan batuk menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan jika ingin berhubungan intim saat sakit.

Sebab, posisi seks bisa diatur sesuai dengan kondisi tetapi penularan adalah hal yang jauh harus lebih diperhatikan.

Sebenarnya, seperti apa aturan berhubungan seks saat sedang sakit? Yuk kita simak ulasannya Moms!

Baca Juga: Ternyata Ada Hari yang Paling Tepat untuk Bercinta Menurut Penelitian

Penyakit Langganan yang Umum Terjadi

aturan berhubungan intim saat sedang sakit 01

Foto: Rd.com

Ada banyak penyakit langganan penyakit yang kerap terjadi, salah satunya demam. Demam merupakan salah satu gejala penyakit. Tidak hanya penyakit ringan, penyakit berat juga bisa didahului dengan demam.

Meski tidak menular, demam bisa membuat seseorang sakit dan lelah. Maka, Moms mungkin tak ingin berhubungan intim saat sakit jika dalam kondisi demam.

Apalagi jika sudah mengalami suhu yang cukup tinggi. Bicaralah pada pasangan untuk menunggu sampai suhu tubuh kembali normal.

Penyakit lainnya adalah flu. Jika Moms hanya terserang flu atau pilek biasa tentu hal tersebut tidak perlu mengganggu kehidupan seks.

Namun, jika mengalami flu berat tentu Moms perlu mempertimbangkannya lagi. Selain mudah menular, flu berat akan membuat Moms maupun pasangan tidak memiliki energi.

Selain flu, penyakit umum yang kerap dialami banyak orang adalah masalah pencernaan seperti diare dan sembelit. Berhubungan intim saat sakit seperti ini sebaiknya dihindari.

Hindari seks sampai gejalanya hilang selama 24 jam. Ingat bahwa penyakit langganan ini bisa sembuh dengan perawatan yang baik dan intensif.

Baca Juga: Kapan Waktu Tepat Kembali Bercinta Setelah Melahirkan?

Pertimbangan sebelum Berhubungan Intim saat Sakit

aturan berhubungan intim saat sedang sakit 02

Foto: Jsonline.com

Aturan berhubungan intim di kala sakit ini erat kaitannya dengan risiko Moms dan pasangan saling tertular satu sama lain. Jika Moms memiliki penyakit pernapasan seperti flu, virus tidak menular melalui kontak seksual.

Namun, virus dapat menular melalui air liur yang sangat mungkin membuat pasangan sakit saat berciuman, batuk, dan bersin saat berdekatan dan bernapas dekat wajah satu sama lain.

Mungkin Moms bertanya apakah penularan bisa terjadi secepat itu? Penularan sendiri tergantung pada penyakit yang Moms derita. Durasi penularan tergantung pada penyakit yang diderita.

Sebagian besar penyakit menular hanya dalam beberapa hari sejak Moms mengalami gejala. Namun, ada pula yang bisa menular meski penyakitnya sudah tidak dirasakan.

Maka dari itu, aturan berhubungan intim terutama saat sakit ini perlu diketahui baik-baik. Jangan sampai pasangan kita merasakan penyakit yang lebih berat.

Moms juga harus memperhatikan apalagi jika pasangan memiliki risiko tinggi mengalami masalah kesehatan berat. Ingat bahwa daya tahan tubuh setiap orang berbeda-beda.

Maka, jika pasangan sedang rentan terkena penyakit karena dalam kondisi tidak enak badan sebaiknya jangan paksakan melakukan hubungan intim.

Moms dan pasangan harus memahami tubuh masing-masing sebelum memutuskan untuk berhubungan intim. Ingat bahwa hubungan intim harus dinikmati kedua belah pihak baik Moms maupun pasangan.

Apakah Moms pernah berhubungan intim saat sakit? Apa yang waktu itu membantu Moms untuk tetap nyaman saat melakukannya? Share yuk Moms!

(GSA)

Artikel Terkait