3-5 TAHUN
31 Januari 2020

Ini 4 Cara Meringankan Gejala Sakit Gigi pada Anak

Gigi berlubang merupakan salah satu penyakit kronis anak yang paling sering terjadi
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Sakit gigi pada anak umumnya disebabkan oleh kondisi mulut dan gigi yang kurang bersih. Sisa-sisa makanan, terutama yang mengandung gula dan pati, yang tertinggal di gigi mengendap terlalu lama hingga bakteri yang terdapat di mulut kemudian mengubahnya menjadi zat asam.

Kombinasi bakteri, makanan, asam, dan air liur membentuk zat yang disebut plak yang menempel pada gigi. Seiring waktu, asam yang dibuat oleh bakteri menggerogoti email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Jika masalah ini dibiarkan, lama-kelamaan kerusakan pada gigi semakin dalam dan bisa mencapai saraf gigi, sehingga menimbulkan rasa sakit.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Akibat Behel

Penyakit yang Umum, tapi Mengganggu

Wajib Tahu, Moms. Ini 4 Cara Meringankan Gejala Sakit Gigi pada Anak 02.jpg

Foto: parents.com

Dikutip dari situs web Parents, Burton L. Edelstein, D.D.S., direktur pendiri Children's Dental Health Project di Washington, DC. mengatakan, “Jumlah anak yang menderita sakit gigi terlalu banyak, padahal penyakit tersebut dapat dicegah.”

Gigi berlubang merupakan salah satu penyakit kronis anak yang paling sering terjadi dan lima kali lebih umum daripada asma.

“Enam dari sepuluh anak di Amerika Serikat akan menderita gigi berlubang saat mereka duduk di bangku taman kanak-kanak,” kata Jade Miller, DDS, presiden American Academy of Pediatric Dentistry.

Baca Juga: Waspada, Sakit Gigi Bisa Menghambat Kesuburan Pria dan Wanita

Meringankan Gejala Sakit Gigi

Wajib Tahu, Moms. Ini 4 Cara Meringankan Gejala Sakit Gigi pada Anak 01.jpg

Foto: parents.com

Anak yang sakit gigi umumnya akan menjadi rewel karena tidak nyaman. Berikut beberapa cara yang dapat Moms coba untuk meringankan gejala sakit gigi pada anak:

  1. Ajak si Kecil menyikat gigi atau flossing menggunakan benang gigi pada kedua sisi gigi yang sakit untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang mungkin masih menempel di sela-sela gigi.
  2. Minta si Kecil untuk berkumur dengan air garam. Campurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air bersuhu hangat suam-suam kuku, lalu minta si Kecil berkumur dengan air tersebut selama sekitar 30 detik, lalu menyemburkannya. Lakukan langkah ini beberapa jam sekali bila sakit gigi masih terasa.
  3. Berikan kompres air dingin pada bagian luar gigi yang sakit. Biarkan kompres berada di situ selama 15 atau 20 menit. Moms juga dapat melakukan langkah ini beberapa jam sekali bila sakit gigi pada anak masih berlanjut.

Pilihan terakhir untuk meringankan gejala sakit gigi pada anak adalah dengan memberinya obat pereda nyeri. Jenis obat yang disarankan untuk anak adalah asetaminofen atau ibuprofen. Berikan sesuai dosis yang dianjurkan bagi anak seusia si Kecil, Moms.

Jika si Kecil tidak demam atau mengalami pembengkakan di wajah, kemungkinan besar sakit gigi pada anak tersebut bukanlah masalah yang perlu dikhawatirkan.

Baca Juga: Berbeda dari Sakit Gigi Anak, Simak 4 Penyebab Sakit Gigi pada Orang Dewasa Ini

Tetapi, bila Moms melihat salah satu atau kedua gejala tersebut muncul bersamaan dengan sakit gigi pada anak, segera bawa si Kecil ke dokter karena kemungkinan ada masalah lain yang menyebabkan sakit gigi tersebut.

Artikel Terkait