NEWBORN
13 Februari 2019

Agar Bisa Dicegah, Cari Tahu Waktu Terbaik Vaksin Cacar Air

Moms harus tahu kapan waktu terbaik untuk vaksin cacar air
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky
Disunting oleh Ikhda Rizky

Cacar air adalah penyakit yang paling sering ditemui. Biasanya, sebagian besar penderitanya adalah anak-anak dengan kekebalan tubuh yang belum sempurna. Maka dari itu, Moms harus mengetahui kapan waktu terbaik vaksin cacar air.

Penyakit cacar air disebabkan adanya virus varicella zoster. Virus ini mudah ditemui di dalam air ludah, sehingga penularannya sangat mudah dan cepat.

Gejala yang ditimbulkan biasanya meliputi datangnya demam yang tidak terlalu tinggi, sakit kepala, batuk dan pilek, atau ruam merah pada badan.

Tetapi tidak jarang, cara air dapat menimbulkan komplikasi berat pada kondisi tertentu, misalnya seperti infeksi kulit sekunder, infeksi paru, infeksi darah, bahkan sampai peradangan otak.

Jika gejala cacar air terjadi pada ibu hamil, janin bisa mengalami congenital varicella syndrome.

Biasanya, bayi akan mengalami kelainan seperti infeksi retina mata, ukuran kepala kecil (mikrosefali), katarak bawaan, dan berat lahir rendah. Vaksinasi adalah cara yang tepat untuk mencegah cacar air.

Waktu Terbaik Vaksin Cacar Air

cara mencegah cacar air

Foto: hellosehat.com

Dokter spesialis anak di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, dr. Caessar Pronocitro, Sp. A.,M. Sc., mengatakan bahwa vaksin cacar air dapat diberikan paling cepat di usia satu tahun pertamanya.

Hal ini selaras dengan rekomendasi jadwal imunisasi rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia, yang mengatakan bahwa vaksin cacar air bisa diberikan sebelum anak mulai sekolah dasar, atau sebelum menginjak usia 4-6 tahun.

"Vaksin cacar air dapat diberikan paling cepat pada usia 1 tahun. Apabila anak masih berusia di bawah usia minimal pemberian vaksin, maka cara kita melindunginya adalah meminimalkan kontak dengan individu yang mungkin menularkan virus cacar air tersebut," ujar dr. Caessar pada Kulwap Orami Community yang diadakan pada Kamis (31/1).

Walaupun waktu terbaik vaksin cacar air pada anak berusia 12 bulan, tetapi tidak ada kata terlambat dalam pemberian vaksin cacar air ini.

Kalau sudah lebih dari satu tahun, Moms tetap bisa memberikan vaksin cacar air ini.

Baca Juga: 5 Penyakit Balita yang Bisa Dicegah dengan Imunisasi

Kondisi Tertentu Anak di Atas 12 Bulan

3612

Foto: babyologist.com

Setelah melewati 12 bulan sebagai waktu terbaik vaksin cacar air, ada beberapa kondisi yang di mana pemberian vaksin ini sebaiknya tidak dilakukan, seperti:

1. Mempunyai penyakit penurun kekebalan tubuh, HIV/AIDS

2. Mempunyai riwayat alergi gelatin

3. Mempunyai riwayat kejang demam atau mengalami demam

4. Sedang menjalani kemoterapi kanker

5. Sedang mengonsumsi obat steroid

6. Wanita hamil

Baca Juga: Kemudahan Imunisasi dengan Vaksinasi ke Rumah, Seperti Apa?

Setelah Ibu melakukan vaksinasi, biasanya akan timbul reaksi seperti bengkak, nyeri, dan kemerahan pada bekas suntikan. Tidak jarang, anak akan mengalami demam dan muncul ruam kemerahan.

Tetapi, Moms tidak perlu cemas, karena reaksi setelah vaksin cacar air itu sangat jarang terjadi, bahkan kemungkinannya kurang dari 5 persen. Jadi, yuk lindungi anak dengan vaksin cacar air sekarang!

(IRN)

Artikel Terkait