BAYI
17 Mei 2020

Kapan Waktu yang Tepat Membeli Sepatu untuk Bayi?

Selain model, pertimbangkan juga waktu yang tepat untuk membeli sepatu bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms sedang mencari sepasang sepatu untuk bayi? Bentuknya yang mungil dan terlihat menggemaskan saat dipakai oleh Si Kecil tentu membuat Moms ingin membeli banyak sepatu untuk bayi, dan dipadu padankan dengan baju dan aksesorisnya yang lain.

Meski menyenangkan, namun Moms sebaiknya menomor satukan kenyamanan bayi daripada fashionnya. "Dari sudut pandang kesehatan, jika bayi baru belajar berjalan, mereka lebih stabil jika tidak menggunakan sepatu," kata Dr. Jean Moorjani, seorang dokter anak di Rumah Sakit Anak Arnold Palmer di Orlando.

Jean menambahkan, saat bayi mulai aktif dan terlihat kuat saat berjalan adalah waktu yang pas untuk membeli sepatu bayi. Karena biasanya waktu berjalan bayi berbeda-beda, Moms bisa mempertimbangkan hal tersebut sebelum membeli sepatu bayi.

“Saat itu tentu saja bayi membutuhkan sepatu sebagai perlindungan dari benda tajam dan infeksi yang bisa didapatkan di luar ruangan,” sambungnya.

Baca Juga: Cara Memilih Sepatu Bayi Agar Si Kecil Tetap Nyaman

Waktu yang Tepat Membeli Sepatu Bayi

Kapan Waktu yang Tepat Membeli Sepatu untuk Bayi -1.jpg

Foto: Parenting.firstcry.com

Pertama, Moms harus mengetahui bahwa balita adalah anak-anak berusia antara satu dan tiga tahun. Mulai bayi dan balita adalah rentang usia yang sangat besar dalam hal perkembangan fisik.

Bayi akan mulai berjalan biasanya mulai usia 10 bulan dan dia akan berjalan seperti biasa. Namun mendekati usia tiga tahun, mereka akan berlari dan melompat di semua tempat.

Efek potensial yang bisa dimiliki sepatu bayi pada kaki yang masih berkembang telah diperdebatkan di kalangan dokter anak selama beberapa dekade.

Para ahli di American Association of Pediatric (AAP) menyarankan agar tidak memakaikan sepatu pada kaki bayi baru lahir, karena bayi tidak perlu memakai sepatu sampai mulai berjalan.

Sebelum bayi bisa berjalan bukanlah waktu yang tepat untuk membeli sepatu. Dikutip dari Scientific Reports Nature Research, saat itu, bertelanjang kaki adalah yang terbaik. Begitu Si Kecil mulai dapat berlarian bahkan di dalam rumah, bertelanjang kaki hanyalah akan membuat kuku Si Kecil patah, kaki yang menendang benda dengan keras, bahkah meningkatnya kekhawatiran kakinya terkena benda dan serpihan berbahaya jika tidak memakai sepatu.

Baca Juga: Fatal Akibatnya, 4 Kesalahan Saat Membeli Sepatu Bayi yang Sering Dilakukan Orang Tua

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Sepatu Pertama Bayi

Kapan Waktu yang Tepat Membeli Sepatu untuk Bayi -2.png

Foto: Zutano.com

Setelah bayi mulai berjalan, Moms harus memastikan bayi nyaman. Selain itu, harus pas di tumit tetapi masih memungkinkan adanya ruang di jari kaki.

Meskipun dukungan pergelangan kaki tidak akan menstabilkannya pada usia ini, sepatu dengan pergelangan kaki yang lebih tinggi akan membantu mencegah Si Kecil melepasnya sendiri seperti dikutip dari Paediatrics & Child Health.

“Banyak balita memiliki kaki yang sangat lebar. Jika Anda melepas sepatu dan melihat jejak sepatu pada kulitnya, Anda mungkin perlu mencari sepasang sepatu yang lebih lebar untuk kenyamanan yang lebih baik,” jelasnya.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayi tidak memerlukan sepatu yang terlalu banyak model, bahan atau fitur lain yang dirancang untuk membentuk dan menopang kaki.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui Saat Memilih Sepatu Bayi

Di bawah ini ada beberapa dos dan don'ts serta beberapa petunjuk dari AAP tentang sepatu bayi.

1. Utamakan Kenyamanan

Pilihlah sesuatu yang nyaman, karena kenyamanan adalah aspek terpenting dalam menemukan sepatu pertama bayi. Jika bayi terlihat berjalan dengan pincang, itu mungkin berarti sepatu tersebut tidak nyaman.

Lagi pula, bayi kecil tidak dapat memberi tahu Moms apakah sepatunya pas, jadi pengamatan adalah satu-satunya pilihan.

2. Jangan Beli Terlalu Banyak

Jangan berbelanja terlalu banyak saat bayi masih berusia muda. Cobalah untuk berbelanja di kemudian hari ketika kaki bayi mulai membesar terbentuk. Moms dapat memilih untuk berbelanja di pagi hari sebagai waktu yang tepat untuk membeli sepatu bayi.

3. Pilih Bahan yang Sesuai

Bahan jaring atau kulit memberi kemudahan kulit kaki untuk bernapas. Pilih kualitas yang baik, kulit yang lembut atau sepatu yang dilengkapi dengan kain untuk bayi yang memungkinkan aliran udara untuk jari kaki Si Kecil. Bahan kaku akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan kaki bayi.

4. Pilih Desain yang Ringan dan Fleksibel

Desain ringan dan fleksibel untuk memudahkan gerakannnya. Bahan fleksibel biasanya akan menyerupai kaki telanjang bayi untuk memungkinkan gerakan alami selama berjalan.

5. Pilih Sol yang Tepat

Sepatu dengan traksi bisa mencegah bayi tergelincir. Sepatu pertama bayi harus memiliki lekukan di bagian bawah untuk membantu Si Kecil belajar berjalan lebih lancar. Banyak sepatu bayi yang memiliki sol karet nonskid yang kaku dan membuat bayi kesulitan berjalan.

Selain akan membuat bayi nyaman, memilih waktu yang pas saat membeli sepatu untuk bayi akan membuat pengeluaran semakin bijak kan Moms.

Artikel Terkait