2-3 TAHUN
24 Februari 2019

Walau Cuma Bohongan, Bolehkah Memberikan Pistol Mainan Untuk Balita?

Mainan ini ternyata bisa menjadi tempat balita bermain peran
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Di tengah meningkatnya kesadaran orang tua untuk memberikan mainan balita yang bersifat edukatif, perdebatan tentang pistol mainan untuk balita juga jadi semakin hangat.

Ada yang khawatir kalau pistol mainan dapat memicu perilaku agresif, sementara sebagian lain merasa kalau tidak ada efek negatif dari mainan balita tersebut. Bagaimana dengan Moms?

Supaya tak jadi debat kusir berkepanjangan, coba intip dulu pendapat para pakar yang sudah kami rangkum berikut ini ya, Moms.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Mainan Puzzle yang Cocok untuk Balita

Bolehkah Memberikan Pistol Mainan Untuk Balita?

walau cuma bohongan, bolehkah memberikan pistol mainan untuk balita 1
Foto : Usatoday.com

Apa Moms tahu, apa alasan yang membuat pistol mainan menjadi pilihan populer para balita?

Ternyata bukan karena dorongan kekerasan apalagi untuk menyakiti orang lain lho, Moms. Di mata balita, pistol mainan adalah simbol kekuatan, kepemimpinan, dan kendali yang belum dia miliki.

Menurut psikoterapis Katie Morse, LSCW, tanpa ada pistol mainan pun secara alami balita tetap akan melakukan permainan perkelahian atau peperangan. Baik dengan tangan kosong atau menggunakan mainan balita lain di sekitarnya.

Permainan peperangan menggunakan pistol mainan sebenarnya termasuk bermain peran, sama seperti berpura-pura menjadi pahlawan super atau dokter.

Sudah terbukti kalau bermain pistol mainan tidak membuat anak menjadi pelaku kekerasan saat dewasa.

Para peneliti dari University of Arkansas for Medical Sciences malah menyatakan kalau permainan perkelahian itu sebenarnya membantu balita untuk berlatih pengendalian diri, batasan, serta mengasihi orang lain.

Hasil penelitian di atas sejalan dengan pendapat penulis buku Let Them Play: An Early Learning (Un)Curriculum, Jeff A. Johnson.

Johnson menganggap bermain peran dengan pistol mainan dapat membantu balita memahami peran sosial, peran gender, mengendalikan diri, serta membedakan perilaku jahat dan baik.

Jadi bisa disimpulkan kalau para pakar sepakat bahwa memberikan pistol mainan untuk balita itu diperbolehkan, tapi dengan aturan yang jelas.

Baca Juga : Singkirkan Gadget! Ini 7 Manfaat Permainan Tradisional untuk Anak-anak

Aturan Pistol Mainan Untuk Balita

walau cuma bohongan, bolehkah memberikan pistol mainan untuk balita 2
Foto : Jellytelly.com

Untuk menangkal efek negatif yang mungkin muncul saat bermain dengan pistol mainan, beberapa aturan berikut layak Moms terapkan:

  • Selalu meminta izin sebelum “menembak” seseorang dengan pistol mainan. Bila orang tersebut menjawab tidak, berarti tidak boleh menembak.
  • Pistol mainan tidak boleh diarahkan pada area wajah dan kemaluan target manusia, juga tidak kepada binatang peliharan.
  • Tembakan pistol mainan berpeluru tidak boleh membuat target merasa sakit.
  • Beli pistol mainan untuk balita yang berwarna cerah atau tampilannya jauh berbeda dengan senjata asli.
  • Batasi dengan ketat akses balita pada tayangan yang mengandung muatan kekerasan.
  • Moms juga tetap bertanggung jawab penuh untuk mengawasi penggunaan pistol mainan untuk balita, dan selalu waspada terhadap tanda bahaya, seperti:

Sering “tidak sengaja” menyakiti orang maupun hewan dengan pistol mainan.

  • Terlihat terlalu agresif dan tidak mau memberi ampun saat bermain dengan pistol mainan.
  • Jadi bisa disimpulkan kalau pistol-pistolan sebenarnya adalah mainan balita yang aman selama penggunaannya diawasi dan sesuai dengan aturan ya, Moms.

Bagaimana dengan Moms, maukah memberikan pistol mainan untuk balita?

(WA)

Artikel Terkait