TREN
11 Juli 2019

Walau Lebih Manis, Stevia Rendah Kalori

Aman untuk anak-anak dan penderita diabetes juga, lho
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Asupan gula yang sehat adalah empat sendok per hari. Hal ini kerap tak sengaja terlupakan oleh para sweet tooth. Minuman seperti suguhan Starbucks, Thai tea, dan bubble tea terkadang membuat kita lupa akan pemenuhan gula untuk tubuh mungkin saja berlebih hanya dalam dari dalam satu gelas minuman. Tentu jika terlalu sering mengkonsumsi minuman-minuman ini tubuh akan kena akibatnya.

Menghentikan asupan gula tidaklah mungkin dilakukan dalam sehari. Namun, alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti gula pasir yang biasa dikonsumsi dengan gula rendah kalori.

Perkenalkan Stevia, pemanis alami rendah kalori yang merupakan sebuah tanaman dan bahan untuk memasak masyarakat Paraguay dan Brasil. Berbentuk daun yang mirip dengan daun mint ini memang mengandung rasa manis yang alami dan sudah banyak dipakai di negara Amerika, Jepang, Eropa dan berbagai negara maju sebagai pengganti gula pasir putih.

Dilaporkan Oleh IDN Times dalam situs resminya, setelah dicoba, pemanis Stevia ini rasanya tak seperti gula pada umumnya. Pemanis Stevia lebih beraroma secara alami dan manisnya pun terasa tebal, namun tidak bikin kepala pening. Bertekstur tebal pun tidak mendominasi kekayaan rasa makanan atau minuman yang dibubuhinya.

stevia header 1200 1

Berikut berbagai manfaat pemanis Stevia:

1. Tidak menaikkan berat badan karena rendah kalori. Penggunaan pemanis tersebut mengurangi hampir lebih dari 130 kalori dalam tubuh selama sehari. Jadi, pemanis Stevia menjadi pilihan yang tepat untuk Moms dan Dads yang kerap khawatir dengan kandungan gula berlebih, dan juga aman untuk anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui.

2. Cocok untuk penderita diabetes, karena dalam Stevia mengandung senyawa khusus yang bisa meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah tubuh. Di Amerika pun dikabarkan bahwa ekstrak tanaman ini sudah lama digunakan untuk penderita diabetes.

3. Tidak merusak gigi karena rendahnya kandungan kalori, pemanis Stevia tidak menyisakan banyak makanan untuk bakteri yang ada di gigi sehingga mengurangi karies gigi.

Baca Juga: 8 Pemanis Alami yang Aman Untuk Persiapan Kehamilan

stevia sweetener in bowl

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, asupan gula yang sehat per harinya adalah sebanyak 50 gram. Ini setara dengan 5 hingga 9 sendok teh.

Supaya bisa mendapat kontrol asupan gula per harinya, perhatikan juga konsumsi minuman-minuman dari luar yang tidak bisa kita kontrol kadar gulanya.

(MDA/IRN)

Artikel Terkait