KESEHATAN
15 September 2019

Walau Tidak Suka Pedas, Bisakah Seseorang Mengalami Usus Buntu?

Ternyata makanan pedas tidak selalu menjadi penyebab usus buntu, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Makanan pedas memang lebih nikmat karena semakin meningkatkan selera makan. Namun, pasti Moms sering mendengar pesan orang di sekitar yang berakata, “jangan pedas-pedas, nanti usus buntu, lho!”.

Namun, walau tidak mengonsumsi makanan pedas sama sekali, tetap saja ada seseorang yang mengalami usus buntu. Bahkan menurut data yang diperoleh Webmd, ada sekitar satu di antara 20 orang di Amerika yang menderita usus buntu yang banyak terjadi pada usia 10-30 tahun.

Mari kenal lebih dalam dengan usus buntu dan cari tahu apakah benar penyakit ini disebabkan oleh makanan pedas?

Apa Itu Usus Buntu?

Walau Tidak Suka Pedas, Bisakah Seseorang Mengalami Usus Buntu?

Foto : humani edu

Usus buntu merupakan kondisi yang menyebabkan peradangan pada usus buntu. Usus buntu terletak di perut bagian kanan bawah, yang berbentuk seperti selang kecil dan tipis menempel di awal usus besar. Walau tidak memiliki fungsi, saat usus buntu tersumbat dapat membahayakan orang yang mengalaminya.

Baca Juga : Usus Buntu pada Anak, Kapan Harus Dioperasi?

Apakah Makanan Pedas itu Penyebab Usus Buntu?

Walau Tidak Suka Pedas, Bisakah Seseorang Mengalami Usus Buntu?

Foto : penn today

Walaupun banyak penderita usus buntu memang merupakan penyuka makann pedas, bukan berarti usus buntu selalu disebabkan oleh makanan pedas. Sebab, radang usus disebabkan karena adanya penumpukan makanan tertentu yang tidak hancur pada tubuh.

Akan tetapi makanan pedas bisa menjadi pemicunya, seperti biji cabai. Ya, saat mengonsumsi sambal misalnya, sering kali masih ada banyak biji yang belum hancur, sehingga saat dikonsumsi biji cabai tidak hancur dan bisa menyumbat usus dalam waktu panjang yang kemudian menyebabnya radang usus buntu.

Selain jenis makanan yang sulit hancur saat dicerna, usus buntu juga bisa disebabkan oleh ukuran makanan yang tidak hancur saat dikunyah. Potongan sekecil apapun yang belum hancur bisa membuat usus tersumbat dan bisa mengakibatkan pembengkakan serta pembentukan nanah.

Ini mengapa penderita usus buntu harus segera dioperasi. Maka dari itu Moms perlu mengunyah dengan benar saat makan. Pastikan semua makanan hancur sebelum menelannya, ya.

Baca Juga : Mengenal Gejala Usus Buntu dan Cara Mengobatinya

Apa Saja Penyebab Usus Buntu?

Walau Tidak Suka Pedas, Bisakah Seseorang Mengalami Usus Buntu?

Foto : medical news today

Selain karena sering mengonsumsi makanan pedas, berikut ini beberapa penyebab lain terjadinya usus buntu.

Keturunan

Faktor genetik ternyata juga berpengaruh pada kehadiran usus buntu. Sama seperti penyakit genetik lainnya, seseorang bisa memiliki risiko pada penyakit ini bila ada salah satu anggota keluarga yang mempunya riwayat usus buntu.

Virus

Berdasarkan jurnal ilmiah dari Archives of Surgery menyebutkan kemungkinan penyakit usus buntu juga bisa disebabkan oleh virus. Meski belum diketahu secara pasti jenis virusnya, penyakit ini paling sering menjangkit di saat musim panas.

Baca Juga : Waspadai Radang Usus Buntu! Kenali Penyebab dan Gejalanya

(NA/KM)

Artikel Terkait