RUPA-RUPA
22 November 2020

9 Pilihan Warna Cat Kamar Anak, Bisa Bikin Mood Lebih Baik!

Ini nih inspirasi warna cat kamar anak yang bisa Moms coba!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Apakah Moms sedang menyiapkan kamar untuk bayi yang akan segera lahir? Atau baru saja pindah rumah dan sedang mendekorasi kamar anak?

Salah satu hal yang cukup berat saat mendekor kamar anak adalah memilih warna cat kamar anak yang tepat.

Pasalnya, kamar adalah tempat anak menghabiskan banyak waktunya untuk tidur dan bermain. Selain itu, mengutip artikel daru Veranda, warna juga bisa berdampak pada suasana hati dan emosi.

Penelitian menunjukkan bahwa warna tertentu bisa menenangkan, sementara yang lain bisa memberi energi. Sehingga secara umum, warna cat kamar anak sangat mungkin untuk memengaruhi suasana hati mereka.

Moms pasti ingin memilih warna cat yang terbaik namun tetap memancarkan kesan seperti anak kecil. Jadi Moms tidak perlu mengecat ulang dinding setiap beberapa tahun.

Mulai dari pastel tradisional hingga warna yang lebih berani, berikut ini adalah beberapa warna cat kamar anak yang mungkin bisa Moms pilih.

Baca Juga: 10 Tips Mendekorasi Kamar Tidur Anak yang Bisa Dipakai Hingga Remaja

Warna memiliki kemampuan untuk menginspirasi, menggairahkan, menenangkan, menyembuhkan, dan bahkan membangkitkan semangat.

Ini terutama berlaku untuk anak-anak, yang bisa sangat sensitif terhadap pengaruh warna. Jadi pentingnya memilih warna yang tepat untuk kamar anak tidak boleh diremehkan.

Meskipun para ilmuwan telah belajar banyak tentang bagaimana warna memengaruhi pikiran dan tubuh kita, perlu diingat bahwa setiap anak berbeda sehingga generalisasi ini tidak berlaku untuk semua anak.

Berikut ini adalah beberapa inspirasi warna cat kamar anak terbaik yang bisa Moms pilih:

Warna Cat Kamar Anak Perempuan

Beberapa inspirasi cat kamar anak perempuan yang bisa Moms pilih antara lain:

1. Ungu

Warna Cat Kamar Anak Perempuan - Ungu

Foto: pinterest.com

Ungu, sering dianggap sebagai "runner-up" untuk pilihan warna kamar anak perempuan. Warna ini adalah warna yang menginspirasi perhatian, kreativitas, kepekaan, dan spiritualitas.

Menambahkan warna ungu ke kamar anak dapat membantu memperlambat langkah mereka yang sibuk, dan membantu mereka berhenti sejenak untuk mempertimbangkan pikiran dan perasaan orang lain.

Warna ini seringkali dikaitkan dengan sifat bangsawan, karena ungu itu ambisius dan percaya diri.

Namun jika anak tergolong anak yang cukup sensitif, mungkin lebih baik untuk membatasi warna ini untuk digunakan pada aksen, seperti karpet, hiasan dinding, atau tirai kamar.

Kombinasi warna cat kamar anak untuk disandingkan dengan warna ungu adalah dengan warna kontrasnya, yakni oranye.

Moms juga dapat menggunakan warna ungu yang lebih gelap untuk disandingkan dengan warna lain yang lebih cerah seperti hijau muda, atau merah muda cerah.

2. Merah Muda

Warna Cat Kamar Anak Perempuan - Merah Muda

Foto: homedit.com

Warna ini memang paling sering dikaitkan dengan sifat feminin yang khas. Warna merah muda memiliki nuansa menenangkan yang dapat diterapkan pada kamar anak laki-laki maupun perempuan.

Warna ini jelas sangat menenangkan, dan mendorong perasaan empati dan kasih sayang.

Alhasil, warna ini dapat membuat anak-anak berperilaku dengan cara yang lebih perhatian dan perhatian, mungkin karena merah muda dikaitkan dengan perasaan "keibuan".

Namun kadang anak-anak bisa saja tidak menyukai warna merah muda, apalagi jika Moms memilih tingkat warna merah muda yang terlalu cerah.

Mungkin terlalu banyak paparan warna merah muda dapat menyebabkan iritasi, menyebabkan sakit kepala, atau bahkan perasaan gugup.

Dengan kata lain, jangan heran jika anak mendatangi Moms dan meminta agar dinding merah muda mereka dicat dengan warna yang lebih halus lagi.

Baca Juga: Kapan Anak Perlu Tidur Di Kamar Sendiri?

3. Kuning

Warna Cat Kamar Anak Perempuan - Kuning

Foto: bobvila.com

Inspirasi warna cat kamar anak perempuan lainnya adalah warna kuning.Warna ini akan menambahkan sentuhan keceriaan dan kecerahan ke ruangan mana pun.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar di ruang kuning mendapat manfaat dari peningkatan konsentrasi dan daya ingat yang lebih baik.

Namun, Moms perlu memikirkannya ulang niat mengecat kamar dengan warna kuning jika anak cenderung sulit tidur, atau kerap bangun lebih awal. Pasalnya warna kuning mungkin akan memperburuk masalah ini.

Jika sebuah ruangan mengeluarkan terlalu banyak suasana siang hari, maka anak yang terlalu bersemangat mungkin merasa sangat sulit untuk bisa tenang.

Selain itu, kombinasi warna cat kamar anak yang baik untuk disandingkan dengan warna kuning adalah warna abu-abu, biru, atau hijau. Keseimbangan ini memungkinkan aspek positif kuning tetap ada tanpa berlebihan.

4. Oranye

Warna Cat Kamar Anak Perempuan - Oranye

Foto: houzz.com

Oranye adalah warna cerah nan ceria yang terbukti meningkatkan kemampuan komunikasi dan sosialisasi.

Anak-anak yang bermain di kamar dengan skema warna oranye cenderung lebih kooperatif, ekstrovert, dan percaya diri.

Tentu saja, seperti halnya warna hangat lainnya, terlalu banyak warna ini juga dapat menimbulkan stimulasi berlebihan, dan pada akhirnya memiliki efek sebaliknya.

Meskipun oranye dapat menonjolkan sisi cerewet dari anak yang pemalu, terlalu banyak warna ini juga dapat membuat mereka kewalahan dan menyebabkan mereka merasa mudah tersinggung dan tidak suka bersikap ramah kepada orang lain.

5. Merah

Warna Cat Kamar Anak Perempuan - Merah

Foto: pinterest.com

Inspirasi warna cat kamar anak perempuan yang terakhir adalah warna merah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa warna merah bahkan meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Warna ini telah terbukti memberi energi pada anak-anak, dan berpotensi meningkatkan fokus.

Jadi mungkin akan sangat cocok jika ruang kelas anak diberi warna merah. Namun, terlalu banyak paparan warna merah sepertinya dapat memicu agresi pada beberapa anak, terutama balita.

Warna merah juga sangat bagus sebagai warna aksen di sebuah ruangan, terutama jika Moms mencoba menyeimbangkan warna-warna sejuk.

Kombinasi warna cat kamar anak yang cocok disandingkan dengan warna merah adalah dinding aksen bata ekspos yang akan menambahkan percikan merah ke ruangan, tanpa membebani skema warnanya.

Baca Juga: 3 Strategi Untuk Hemat Biaya Dekorasi Kamar Anak

Warna Cat Kamar Anak Laki-laki

Berikut ini adalah beberapa pilihan warna cat kamar anak laki-laki yang mungkin bisa jadi inspirasi Moms dan Dads:

6. Biru

Warna Cat Kamar Anak Laki-Laki - Biru

Foto: thedramdallas.com

Ketika berbicara tentang warna cat kamar anak laki-laki, daftarnya sering kali dimulai dan diakhiri dengan warna biru.

Namun tentu saja, laki-laki atau perempuan tetap bisa mendapatkan keuntungan jika dikelilingi warna yang menenangkan dan meyakinkan ini.

Biru sering disarankan sebagai warna ruangan untuk anak-anak yang sangat rentan terhadap amukan atau tantrum.

Biru terbukti menurunkan detak jantung, tekanan darah, dan memperlambat pernapasan orang yang gelisah.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan menggunakannya. Menciptakan ruangan yang dipenuhi dengan warna biru dapat melampaui efek menenangkan dan akhirnya memiliki lebih banyak efek menyedihkan.

Cobalah kombinasikan warna biru dengan percikan warna kuning ceria, atau tirai merah yang mengesankan rasa percaya diri.

7. Hijau

Warna Cat Kamar Anak Laki-Laki - Hijau

Foto: pinterest.com

Inspirasi warna cat kamar anak laki-laki selanjutnya adalah hijau. Ini adalah warna yang menenangkan yang menghadirkan kesegaran alam ke dalam sebuah ruangan.

Banyak sekolah memilih untuk menggunakan warna hijau di ruang kelas, terutama sekolah menengah dan sekolah menengah atas.

Pasalnya beberapa penelitian menunjukkan bahwa warna hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca, serta pemahaman bacaan.

Jika anak akan mengerjakan sebagian besar pekerjaan rumahnya di kamar, warna hijau mungkin merupakan pilihan yang tepat.

Seperti halnya warna dingin lainnya, semakin gelap warnanya, semakin suram ruangan tersebut.

Hijau hutan atau pinus bisa menjadi terlalu berlebihan dan bahkan sedikit membuat depresi. Sementara warna mint atau hijau teh sebenarnya dapat membantu menenangkan anak yang cemas.

Baca Juga: 6 Tips Mencegah Balita Cedera di Kamar Mandi, Moms Wajib Paham!

8. Cokelat

Warna Cat Kamar Anak Laki-Laki - Coklat

Foto: indianexpress.com

Cokelat adalah warna klasik nan bersahaja yang dapat membantu anak-anak merasa lebih stabil dan membumi di lingkungan mereka.

Cokelat juga berfungsi sebagai latar belakang yang indah untuk dikombinasikan dengan warna lain yang lebih cerah. Sehingga memungkinkan orang tua yang memilih cokelat sebagai warna latar belakang untuk menjadi lebih kreatif.

Namun, terlalu banyak warna cokelat dapat menggelapkan ruangan secara signifikan. Ini dapat membuat ruangan tampak lebih kecil dan bahkan mungkin sesak.

Jika Moms memiliki anak yang rewel, tidak disarankan untuk mengelilinginya dengan warna cokelat.

Untuk mencerahkan sedikit, tetap gunakan warna cokelat tua atau krem, dan gunakan warna cokelat tua sebagai aksen yang mencolok.

9. Abu-Abu

Warna Cat Kamar Anak Laki-Laki - Abu-Abu

Foto: hustopia.com

Ini adalah pilihan waran yang mungkin cukup sulit. Warna abu-abu bisa sangat mencolok jika digunakan sebagai warna aksen, namun menjadikannya warna dominan di ruangan mana pun bisa menimbulkan perasaan kesepian.

Jika Moms ingin memasukkan abu-abu ke dalam kamar anak, yang terbaik adalah melakukannya hanya dalam jumlah sedang.

Misalnya, aksen abu-abu dapat membantu menetralkan ruangan kuning cerah, atau membantu memecah skema warna yang berlebihan seperti warna magenta.

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Gantung untuk Hiasan Teras Rumah, Cantik!

Ingat ya Moms, meskipun artikel ini ditulis dengan membagi warna cat untuk perempuan dan laki-laki, namun sebetulnya semua warna bisa digunakan kedua jenis kelamin.

Untuk mendapatkan warna kamar anak yang paling baik, yang paling penting adalah kombinasi yang tepat.

Artikel Terkait