KESEHATAN
27 Desember 2019

6 Penyebab Kaki Keseleo yang Paling Umum, Waspadalah!

Kaki keseleo atau terkilir memang sering dialami setiap orang. Tapi, ada beberapa faktor mendasar yang bisa membuat kaki keseleo.
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Banyak hal yang bisa jadi penyebab kaki keseleo. Kebanyakan memang olahraga. Namun, kebiasaan sehari-hari bisa menjadi pemicu terjadinya keseleo.

“Kebiasaan menggunakan sepatu, kebiasaan duduk, dan jalan yang dilalui sehari-hari, tanpa sadar adalah penyebab terjadinya keseleo,” kata Nicholas Viens, Ahli Bedah Ortopedi Bersertifikat Dewan di Durham dan Chapel Hill, menjelaskan.

Lantas, apa yang harus diwaspadai agar kita bisa terhindar dari keseleo? Cek di bawah!

Baca Juga: Jangan Diurut Saat Anak Baru Keseleo!

Penyebab Kaki Keseleo

1. Menggunakan Sepatu Sempit dan Tinggi

z-topuklu-ayakkabi--bordo--mascha-1103389-1103389-1.jpg.jp2

Foto: wikipedia.com

Moms, dikutip dari British Medical Journal, menggunakan sepatu terlalu sempit atau tinggi dalam waktu yang lama bisa menghambat aliran darah di daerah kaki. Terutama jari-jari dan pergelangan kaki.

Kaki akan dipaksa untuk terus menerus menahan beban tubuh bagian atas saat berjalan atau berdiri. Aliran darah yang tersendat dapat memicu kaki keseleo.

2. Olahraga Berlebihan

Olahraga-Hero.jpg

Olahraga berlebihan yang mengandalkan banyak pergerakan kaki misalnya sepak bola, Marathon, sepak takraw, Basket dan sebagainya seringkali menjadi biang keladi kaki keseleo.

“Pergerakan kaki yang berubah-ubah dan tiba-tiba dapat menyebabkan jaringan ligamen mengalami cedera,” kata Dr Viens.

Baca Juga: Jangan Panik! Lakukan Ini Sebagai Pertolongan Pertama Saat Anak Keseleo

3. Permukaan Jalan yang Tak Beraturan

OLAHRAGA LARI SAAT HAMIL - sumber gettyimages.jpg

Berlari pada medan tanah yang tidak rata, misalnya jalannya berlubang, berbatu, struktur aspal yang naik turun atau berlumpur, berpotensi membuat posisi kaki ketika berjalan atau berlari menjadi tidak kondusif atau nyaman.

“Gerakan kaki yang tiba tiba berubah akibat ada lubang dapat menyebabkan cedera pada jaringan lunak sendi sehingga kaki keseleo,” terang Dr Viens.

Baca Juga: Jangan Diurut Saat Anak Baru Keseleo!

4. Benturan Benda

pertolongan pertama saat cedera hero banner magz (1510x849)

Benturan apapun yang mengenai pergelangan kaki dapat membuat posisi tulang atau sendi bergeser. Akibatnya, terbentuklah penumpukaan cairan luka dalam jaringan ikat disekitar kaki. Hal ini menyebabkan kaki keseleo.

5. Terpukul, Jatuh, Terpeleset dan Terpental

Suka Berolahraga, Ini Cara Menghindari Cedera Olahraga pada Anak 2.jpg

Kondisi ini dapat mengakibatkan cedera mendadak pada ligamen kaki. Akibatnya, pergelangan kaki mudah mengalami rasa nyeri dan terkilir yang nantinya berpotensi muncul lebam dan pembengkakan.

6. Lama Duduk Bersila

morning-meditation.jpg

Foto: yogajournal.com

Terlalu lama duduk bersila tanpa mengubah posisi dapat memberikan tekanan di sekitar jaringan lunak sendi kaki. Akibatnya, kaki akan merasa kesemutan. Dan saat salah bergerak sedikit saja, kaki bisa terkilir atau keseleo.

Nah, Moms. Itulah hal yang sering jadi penyebab kaki keseleo. Dikurang-kurangi, ya.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait