KESEHATAN
6 Juni 2019

Waspada, Ini Dia 5 Penyakit Karena Lingkungan Kotor yang Bisa Menimpa Si Kecil

Jangan malas untuk membersihkan rumah ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Tahukah Moms bahwa lingkungan yang kotor dapat memicu banyak penyakit? Hal ini dikarenakan jutaan mikroorganisme yang mematikan berkembang biak di lingkungan yang kotor, apalagi jika kita tinggal dalam lingkungan tersebut.

Karenanya, penting bagi kita untuk membersihkan lingkungan dengan benar, terutama rumah yang kita huni. Rumah yang nyaman bersih akan membuat kita betah dan penyakit menjauh.

Sampah dan produk bahan limbah lain harus disingkirkan setiap hari, karena merupaka sumber penyebab berkembangnya kuman dan bakteri yang menyebarkan berbagai penyakit berbahaya.

Penyakit berbahaya apa saja yang ditimbulkan oleh lingkungan yang kotor? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Kawasaki yang Bahayakan Jantung Bayi

1. Kolera

Waspada, Ini Dia 5 Penyakit Karena Lingkungan Kotor yang Bisa Menimpa Si Kecil 1.jpg

Penyakit karena lingkungan kotor yang pertama adalah kolera. Kolera dapat menyebabkan diare parah tanpa rasa sakit, yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae.

Penyakit ini dapat menular melalui air dan makanan yang terkontaminasi. Akibatnya kita akan mengalami dehidrasi parah atau kehilangan banyak cairan tubuh karena diare, bahkan disertai dengan muntah.

Akibatnya, pasien tidak sadarkan diri hingga kematian dalam beberapa jam jika tidak segera diberikan perawatan. Gejalanya, diare berair, sakit perut, mulut kering, mata cekung, dan urin berwarna pekat.

2. Demam Tifoid

Waspada, Ini Dia 5 Penyakit Karena Lingkungan Kotor yang Bisa Menimpa Si Kecil 2.jpg

Adalah penyakit karena lingkungan kotor yang serius dan berpotensi fatal yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit ini timbul akibat lingkungan yang kotor dan sanitasi yang buruk. Akibatnya, serangga seperti lalat akan mentransmisikan kuman dari toilet ke tempat yang bersih.

Penyakit ini bisa membuat penderitanya meninggak jika tidak segera diberikan pengobatan. Gejalanya meliputi hilang nafsu makan, sakit kepala, dan sakit perut.

Baca Juga: 4 Perawatan di Rumah yang Bisa Dilakukan Saat Anak Demam

3. Tetanus

Waspada, Ini Dia 5 Penyakit Karena Lingkungan Kotor yang Bisa Menimpa Si Kecil 3.png

Tetanus disebabkan oleh racun yang diproduksi oleh kuman Clostridium tetani. Kuman ini biasanya ditemukan pada kotoran manusia dan hewan.

Seseorang bisa terkena penyakit karena lingkungan kotor ini saat kuman masuk ke dalam tubuh melalui luka atau luka lainnya yang bersentuhan langsung dengan benda yang terkontaminasi dengan kuman.

4. Demam Berdarah

Waspada, Ini Dia 5 Penyakit Karena Lingkungan Kotor yang Bisa Menimpa Si Kecil 4.jpg

Demam berdarah juga merupakan penyakit karena lingkungan kotor. Penyakit ini sangat berbahaya, bahkan telah merenggut ribuan nyawa di seluruh dunia. Hingga saat ini, belum ditemukan obat manjur untuk mengobati demam berdarah.

Setelah tertular penyakit, pasien akan mengalami demam tinggi, dehidrasi, dan perdarahan internal. Kegagalan merawat dengan benar dapat membuat pasien meninggal.

Demam berdarah ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Lingkungan yang kotor adalah tempat berkembang biaknya nyamuk ini dan meningkatkan risiko tertular penyakit.

Baca Juga: Ketahui Tempat Nyamuk Demam Berdarah Bersarang dan Cara Membasminya

5. Hepatitis A

Waspada, Ini Dia 5 Penyakit Karena Lingkungan Kotor yang Bisa Menimpa Si Kecil 5.jpg

Penyakit karena lingkungan kotor ini menyebabkan demam, mual, dan kram perut hinga kematian. Kuman yang menyebabkan hepatitis A umumnya ditemukan pada kotoran orang yang sudah terinfeksi.

Lingkungan yang kotor juga berkontribusi terhadap transmisi kuman melalui lalat. Kuman dapat ditularkan langsung dari orang ke orang, atau secara tidak langsung, melalui makanan atau air minum yang terkontaminasi oleh kuman.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kebersihan lingkungan. Jangan sampai karena males, kita atau orang-orang terdekat kita mendapatkan akibatnya. Jadi, rajinlah untuk membersihkan lingkungan ya Moms!

(AWD)

Artikel Terkait