BAYI
26 Februari 2020

7 Gejala Tifus pada Bayi, Waspada!

MPASI yang tidak bersih bisa jadi penyebab gejala tifus pada bayi lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Moms, pasti akan bingung ketika seorang bayi bisa terkena tifus? Penyakit ini yang lebih sering dialami anak atau orang dewasa karena paparan makanan tidak sehat yang tidak terjamin kebersihannya bisa juga menyerang bayi lho, Moms!

Menurut dokter anak dari Nemours Children Hospital di Florida, Steven Dowshen, MD, tifus merupakan penyakit infeksi yang selalu ada di masyarakat mulai dari bayi hingga dewasa.

“Penyebab tifus adalah kuman Salmonella typhi. Kuman ini mudah menyebar, terutama di negara yang kondisi sanitasinya buruk,” terangnya.

Dilansir dari MayoClinic, penularan tifus pada bayi ASI, biasanya terjadi di usia 6 bulan ke atas. Lantaran, sudah mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI), yang saat pengolahan, penyajian, maupun pemberian makannya kurang diperhatikan kebersihannya.

Bahkan, Si Kecil pun bisa tertular tifus lewat orang dewasa yang membawa kuman tifus (healthy carrier). Biasanya pembawa ini pernah sakit tifus tapi tidak menjalani pengobatan dengan tuntas.

Gejala Tifus pada Bayi

IMG_3947.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut KidsHealth, tifus pada bayi sulit untuk teridentifikasi. Sehingga, diagnosis tifus pun tidaklah mudah. Karena, tak mudah menentukan gejala secara spesifik terutama bila demam hanya 1-2 hari.

Tapi, berikut ini beberapa gejala tifus pada bayi yang bisa diidentifikasi oleh Moms?

Baca Juga: 6 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

1. Demam pada Bayi yang Naik Turun

Gejala tifus pada bayi yang pertama adalah demam yang naik turun. Moms, patut curiga bila Si Kecil mengalami demam yang turun naik dalam waktu lama yaitu lebih dari 5 hari, dengan pola naik di sore atau malam hari, kemudian turun di pagi hingga siang hari.

2. Diare

Gejala tifus pada bayi yang selanjutnya adalah diare. Si Kecil akan mengalami gangguan buang air besar baik diare ataupun kesulitan BAB. Karena, kuman menyerang saluran cerna menyebabkan gangguan penyerapan cairan sehingga terjadi diare.

3. Lidah Kotor

ejala tifus pada bayi yang selanjutnya adalah lidah kotor. Salah satu tanda Si Kecil menderita tifus adalah lidah kotor atau lidah seperti memutuh dengan ujung dan tepi kemerahan.

Baca Juga: 8 Obat Alami yang Mujarab Atasi Radang Tenggorokan

4. Mual dan Muntah

Gejala tifus pada bayi yang selanjutnya adalah mual muntah. Si Kecil alami mual dan muntah karena kuman berkembang biak di hati dan limpa, akibatnya terjadi pembengkakan yang menekan lambung serta menimbulkan rasa mual.

Akan tetapi, selain gejala di atas, ada baiknya Moms untuk mendatangi dokter untuk menegaskan diagnosis tifus semakin akurat. Satu tes yang bisa dilakukan yaitu tes widal.

Langkah Mencegah Tifus pada Bayi

IMG_3949.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Di samping itu, Moms pun bisa melajukan beberapa langkah efektif untuk mencegah tifus pada bayi, yaitu :

1. Rebus Air Konsumsi

Moms, ada baiknya untuk merebus atau disenfektan air yang akan digunakan untuk minum, mencuci, makanan, membuat es, atau menyikat gigi.

Bahkan, ada baiknya juga untuk minum hanya air dari botolan tetapi bersihkan luar kaleng atau botol sebelum minum langsung.

2. Masak Semua Makanan

Menurut dokter bersertifikat sekaligus konsultan kesehatan, Dr.Charles Davis, MD, PhD, masak semua makanan yang hendak dikonsumsi secara sepenuhnya.

“Sebagai gantinya, sajikan makanan kemasan atau makanan yang baru dimasak dan disajikan secara fresh. Hindari makanan mentah, buah-buahan, serta sayuran mentah, yang mungkin dicuci air yang terkontaminasi,” ujarnya.

Pisang, alpukat, dan jeruk membuat pilihan yang lebih baik, tetapi pastikan Moms mengupasnya sendiri.

3. Selalu Cuci Tangan

Moms, sebelum bahkan sesudah beraktivitas baiknya untuk mencuci tangan dengan sabun dan air hangat hingga bersuh, terutama setelah Si Kecil menggunakan kamar mandi atau sebelum mereka makan atau menyiapkan makanan.

Bila tidak ada sabun, Moms bisa menyediakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

Baca Juga: Ini Dia Obat Alami untuk Penyakit DBD

Itulah beberapa gejala tifus pada bayi yang perlu Moms waspadai. Untuk menghindari tifus pada bayi, Moms juga dapat melakukan tiga langkah di atas. Selamat mencoba!

(WAR/ERN)

Artikel Terkait