KESEHATAN
7 Oktober 2019

Waspada, Ini Tanda Awal Kanker Payudara selain Benjolan

Aware terhadap perubahan pada payudara dan puting
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Benjolan pada ketiak atau payudara merupakan tanda awal kanker payudara yang paling umum. Namun, pada kasus tertentu penderita kanker payudara bisa saja tidak memiliki benjolan di ketiak atau payudara.

Pada konferensi National Cancer Research Institute (NCRI) UK 2016, satu dari enam perempuan yang terkena kanker payudara mengalami gejala yang kurang jelas. Di antaranya, kelainan pada puting dan penurunan berat badan.

”Sangat penting untuk memperhatikan tanda atau gejala aneh atau perubahan yang mungkin dialami,” jeas Neelima Denduluri, MD, Ketua Asosiasi U.S. Oncology Network Breast Committee.

Berikut tanda awal kanker payudara, selain benjolan yang perlu Moms ketahui.

Baca Juga: Kata Siapa Pria Tak Bisa Terkena Kanker Payudara? Kenali Gejala dan Faktor Pemicunya!

1. Perubahan pada Kulit Payudara

Breast-Cancer - findapharmacy.com.au.jpg

Tanda awal kanker payudara yang pertama adalah perubahan pada kulit payudara. Moms adalah orang yang paling tahu mengenai tubuh Moms. Jadi ketika ada perubahan kulit pada area payudara seperti bersisik atau terjadi peradangan sebaiknya periksakan ke dokter.

"Penebalan yang tidak biasa, kemerahan, ruam, atau kerutan pada kulit payudara atau di sekitar puting, harus diperiksa oleh dokter," jelas Debra Patt, MD, ob-gyn dan ahli kanker payudara Texas Oncology, yang praktik di Onkologi Network, US.

2. Perubahan pada Puting

Tanda awal kanker payudara yang selanjutnya adalah perubahan pada puting. Perubahan pada puting bisa dalam bentuk tertarik ke dalam payudara baik sebagian atau seluruhnya, terdapat cekungan, gatal, hingga adanya luka.

”Jika puting selalu masuk ke dalam hal itu normal. Namun, jika tiba-tiba berubah dari runcing kemudian masuk ke dalam, hubungi dokter. Setiap perubahan pada puting, termasuk warna dan teksturnya, perlu diperiksa untuk memastikan kemungkinan kanker," jelas Dr. Denduluri.

Selain itu, perhatikan pula jika puting mengeluarkan cairan, bisa jernih, berdarah, atau warna lain.

”Ketika hamil, menyusui, dan satu tahun setelah menyapih bayi ada cairan yang keluar dari puting adalah sesuatu yang normal. Akan tetapi, jika terjadi di luar waktu tersebut perlu dievaluasi oleh dokter," kata Dr. Patt.

Baca Juga: Gejala Awal Kanker Serviks yang Sering Diabaikan dan Pengobatannya

3. Bengkak di Ketiak atau Payudara

olay.com.tr.jpg

Tanda awal kanker payudara yang selanjutnya adalah bengkak di ketiak atau payudara. Pembengkakan di ketiak atau payudara bisa berarti kanker payudara telah menyebar ke kelenjar getah bening di area tersebut.

Pembengkakan terjadi sebelum adanya benjolan. Pembengkakan di payudara mungkin menandakan jenis kanker agresif yang disebut kanker payudara inflamasi.

”Ini semua tentang ukuran dan penempatan tumor, yang memengaruhi perubahan ukuran atau bentuk payudara atau menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan,” kata Dr. Patt.

4. Payudara Lebih Sensitif

woman-checking-her-breast-for-early-signs-of-cancer - medicalnewstoday.com.jpg

Tanda awal kanker payudara yang selanjutnya adalah payudara lebih sensitif. Sensitivitas payudara sering dikaitkan dengan perubahan hormon, seperti yang terjadi pada tanda awal kehamilan atau nyeri saat menstruasi.

Jika payudara tiba-tiba jauh lebih sensitif dari biasanya, seperti payudara terasa sakit ketika terkena aliran shower, puting iritasi ketika mengenakan bra, atau bahkan sangat sensitif sehingga tidak ingin pasangan menyentuh payudara.

”Payudara atau puting susu yang menjadi lebih sensitif dari biasanya dapat menjadi tanda kanker,” kata Sherry Ross, MD, dokter kandungan dan penulis She-ology.

Baca Juga: 6 Gejala Kanker Serviks yang Sering Diabaikan Wanita, Salah Satunya Kutil di Kelamin

5. Jerawat di Payudara

T anda awal kanker payudara yang selanjutnya adalah munculnya jerawat di payudara. Moms, jerawat juga bisa muncul di payudara dan puting lho. Umumnya, jerawat tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Akan tetapi, jika ada jerawat atau luka kecil di area payudara atau puting yang tidak hilang setelah satu atau dua minggu, perlu dilakukan pemeriksaan.

"Memiliki luka atau memar yang tidak akan sembuh bisa menjadi tanda awal kanker," jelas Dr. Ross.

Moms, tanda awal kanker payudara tidak selalu adanya benjolan. Jika ada perubahan secara tiba-tiba pada payudara atau puting ada baiknya untuk memeriksakan diri. Semoga bermanfaat.

(SWN)

Artikel Terkait