GAYA HIDUP
11 Desember 2019

Waspada Kanker Mulut, Ini Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Area Mulut

Jaga kebersihan dan kesehatan area mulut agar terhindar dari kanker mulut.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Selain penyakit jantung, kanker mulut juga merupakan salah satu penyakit dengan angka kematian yang cukup tinggi. Dari berita pers yang diberikan oleh PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia), angka kematian di dunia yang disebabkan oleh kanker mulut sangat tinggi, yaitu 50 persen.

Di Indonesia jumlah penderita kanker mulut tercatat sebanyak 5.329 di tahun 2012 dan diprediksi akan meningkat sekitar 21,5 persen di tahun 2020.

Kanker mulut adalah kanker yang terjadi pada jaringan dinding mulut, bibir, lidah, gusi, atau langit-langit. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh tumbuhnya jaringan abnormal di dalam mulut.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, kanker mulut sebagian besar terjadi setelah usia 40 tahun dan pria berisiko terjangkit dua kali lebih besar daripada perempuan.

Agar Terhindar dari Kanker Mulut, Ini Dia Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Mulut

Cara untuk mencegah kanker mulut agar tidak terjadi adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan area mulut Moms dan Dads. Ini caranya!

1. Berhenti Merokok

istock000015396208double.jpg

Foto: cbsnews.com

Cara mencegah kanker mulut yang pertama adalah berhenti merokok. Moms dan Dads adalah perokok? Kini sudah saatnya untuk mengurangi, dan bahkan berhenti. Seperti yang sudah diketahui, rokok bisa merusak kesehatan paru-paru, jantung, hingga mulut.

Menghisap tembakau dipercaya bisa menyebabkan kanker mulut, hal ini disebabkan karena sel-sel di dalam mulut terkena zat kimia dari rokok.

Baca juga: 6 Makanan yang Membantu Untuk Berhenti Merokok

2. Kurangi Konsumsi Alkohol

sad-woman-with-wine-couch_23-2147770835.jpg

Foto: freepik.com

Tahukah Anda, mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa membuat sel-sel di dalam mulut teriritasi, sehingga rentan dengan kanker mulut.

Jika memungkinkan, sebaiknya hindari minuman alkohol selamanya. Ganti dengan minuman yang lebih sehat, seperti air putih, jus buah ataupun sayuran.

Baca Juga: Ini 8 Alasan Anda Wajib Pakai Lip Balm!

3. Hindari Paparan Sinar Matahari

young-beautiful-girl-posing-beach-ocean-waves-bright-sun-tanned-skin_1296-838.jpg

Foto: freepik.com

Ketika beraktivitas di luar rumah, sebaiknya lindungi kulit bibir Moms dan Dads dari sinar matahari semaksimal mungkin. Pastikan untuk menghindari sinar matahari dari pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore.

Anda bisa mengenakan jenis topi yang secara efektif bisa menutupi wajah, termasuk mulut. Tidak hanya itu, oleskan lip balm dengan SPF 30 sebagai bagian dari perlindungan sinar matahari di area mulut.

4. Rutin Periksa Gigi

woman-patient-dentist_1303-9364.jpg

Foto: freepik.com

Rutin datang dan memeriksakan gigi Moms dan Dads ke dokter gigi merupakan salah satu cara mencegah terjadinya kanker mulut.

Minimal setiap enam bulan sekali Moms dan Dads melakukan pemeriksaan menyeluruh di area mulut. Hal ini tentu saja sangat penting untuk mengetahui apakah area mulut Moms dan Dads sudah sehat dan bersih.

Baca Juga: Olahraga Sederhana yang Bisa Anda Lakukan di Kantor

5. Olahraga dan Pola Makan Sehat

sexy-woman-doing-sports-high-angle-shot_23-2148264874.jpg

Foto: Freepik.com

Supaya tubuh Moms dan Dads terhindar dari berbagai penyakit, termasuk kanker mulut, pastikan untuk rutin berolahraga dan menerapkan pola makan sehat. Olahraga bisa membuat tubuh Moms dan Dads semakin bugar serta sehat.

Tambah dengan pola makan sehat dan memperbanyak asupan buah-buahan, sayuran, dan sebagainya. Hal itu bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan imun Moms dan Dads agar terhindar dari berbagai macam radikal bebas.

MA/KM

Artikel Terkait