KESEHATAN
2 September 2020

Waspada, Kulit Kombinasi Mudah Terjadi Dehidrasi pada Kulit

Benarkah kulit kombinasi akan lebih dehidrasi? Ini ulasannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms, penting sekali untuk merawat kulit berdasarkan jenis kulit masing-masing. Umumnya, ada 3 jenis kulit yang bisa dikenali, yaitu kering, berminyak, dan kombinasi.

Nah, apabila Moms memiliki kulit kombinasi akan lebih rumit. Bagaimana cara paling sederhana untuk mengetahui apakah Moms mempunyai kulit kombinasi?

“Kulit kombinasi biasanya terlihat ketika area pipi terasa kering, sedangkan T-zone berminyak. Pada dasarnya, setiap area memiliki kebutuhannya masing-masing agar tetap sehat. Sekitar 60 persen orang memiliki jenis kulit kombinasi,” ungkap Dr. Sam Bunting, dokter kulit di London melalui videonya Simple Tips for Combination Skin.

Lantas, benarkah kulit kombinasi akan lebih mudah mengalami dehidrasi pada kulit? Selain itu, bagaimana cara menjaga kulit kombinasi tetap lembap dan sehat? Ini ulasannya.

Baca Juga: Simak Cara Memilih Skincare untuk Kulit Kombinasi

Kenali Ciri-ciri Dehidrasi pada Kulit

Pemilik Kulit Kombinasi, Waspada Mudah Terjadi Dehidrasi-1.jpg

Foto: webmd.com

Kulit dehidrasi bukan berarti termasuk ke dalam jenis kulit kering. Namun, kulit yang dehidrasi memang dapat terasa kering.

The International Dermal Institute mengungkapkan, dehidrasi terjadi ketika kulit kekurangan air, bukan minyak. Artinya, aktivitas minyak sebaceous masih bisa terjadi saat kulit dehidrasi.

Beberapa tanda-tanda dehidrasi pada kulit yang bisa diperhatikan, yaitu:

  • Terjadi iritasi, peradangan, gatal, dan sensitivitas;
  • Kulit terasa kasar;
  • Pengelupasan pada kulit mulai dari ringan hingga parah;
  • Muncul garis-garis halus, kemerahan, dan kadang bisa sampai berdarah.

Kulit yang dehidrasi bisa sebabkan karena produk perawatan kulit yang bikin iritasi, terlalu lama terpapar sinar matahari, kebiasaan mandi dengan air yang terlalu panas, dan bisa juga menjadi tanda penuaan pada kulit.

Baik jenis kulit kering, berminyak, dan kombinasi sama-sama berpotensi untuk mengalami dehidrasi pada kulit karena beberapa penyebab tersebut. Namun, pemilik kulit kombinasi berisiko lebih sering mengalaminya karena produk perawatan kulit yang dipakai juga harus hati-hati.

Misalkan, mencuci wajah dengan sabun muka yang tidak cocok, bisa membuat area pipi yang terasa kering malah iritasi atau area T-zone yang mengalami iritasi.

Baca Juga: Ternyata Kulit Bisa Mengalami Dehidrasi, Kenali Tanda-tandanya!

Perawatan Kulit Kombinasi agar Tidak Terjadi Dehidrasi pada Kulit

Dalam jurnal National Library of Medicine, air sangat penting untuk fungsi normal kulit dan terutama lapisan luarnya, stratum corneum (SC). Kehilangan air dari kulit harus diatur dengan hati-hati, sehingga penting untuk menghidrasi kulit kembali.

Mempunyai kulit kombinasi memang tidak bisa sembarangan memilih produk perawatan kulit, ya, Moms. Namun, tenang saja. Ada tips sederhana untuk menjaga kulit kombinasi agar tidak mudah mengalami dehidrasi pada kulit.

“Pentingnya menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik. Caranya dengan menggunakan pelembap atau serum yang mengandung hyaluronic acid yang sangat baik untuk menjaga kadar air di kulit. Selain itu, cukupkan cairan di tubuh dengan minum air putih,” ungkap Dr. Ariel Haus, dokter kulit dari Dr. Haus Dermatology.

Jika Moms memiliki kulit kombinasi, coba lakukan beberapa langkah ini untuk menjaga kulit agar tidak dehidrasi.

1. Pembersih Wajah

Pemilik Kulit Kombinasi, Waspada Mudah Terjadi Dehidrasi-2.jpg

Foto: nbcnews.com

Dr. Sam Bunting menyarankan pemilik kulit kombinasi untuk memakai pembersih wajah dengan tekstur gel, karena lebih terasa lembut di kulit. Sebaiknya, pilih produk yang tidak mengandung pewangi atau bahan-bahan lain yang dapat memicu iritasi atau alergi.

Baca Juga: Cocok untuk Kulit Berminyak, Ketahui Apa Itu Exfoliating Toner

2. Pemilihan Toner

Pemilik Kulit Kombinasi, Waspada Mudah Terjadi Dehidrasi-3.jpg

Foto: byrdie.com

Pemilihan toner juga penting karena tidak semua cocok untuk kulit kombinasi. Pilih toner yang mengandung antioksidan tinggi dan tidak mengandung alkohol untuk mencegah kulit semakin kering.

Kulit semakin kering bisa menjadi pemicu dehidrasi pada kulit yang perlu diperhatikan.

3. Pakai Pelembap

Pemilik Kulit Kombinasi, Waspada Mudah Terjadi Dehidrasi-4.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Kulit kombinasi tetap membutuhkan pelembap. Nah, sebaiknya pilih pelembap yang mengandung hyaluronic acid untuk menjaga kadar air di dalam kulit. Selain itu, pelembap ini mencegah kulit semakin berminyak.

Itulah beberapa tahapan untuk menjaga kulit kombinasi tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi pada kulit.

Selain itu, jangan pernah lupakan memakai sunscreen setiap pagi hari, atur pola makan yang sehat dengan nutrisi seimbang, serta hindari kebiasaan merokok, ya, Moms!

Artikel Terkait