GAYA HIDUP
20 September 2019

Waspada, 6 Penyakit Ini Bisa Menular Lewat Ciuman

Walau menyenangkan, ternyata ciuman juga bisa menularkan berbagai macam penyaki, lho!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Sudah banyak fakta dan penelitian yang mengungkapkan bahwa dengan berciuman, Moms dan Dads mendapatkan banyak keuntungan. Mulai dari meredam stres, membuat perasaan jadi lebih bahagia, meningkatkan imunitas, dan masih banyak lagi.

Namun, tahukah kalau berciuman juga bisa menjadi media penularan dari beberapa penyakit?

Menurut Connie White, DDS, FAGD, dari Academy of General Dentistry, Amerika, setiap pasangan dapat menularkan ratusan kuman. saat berciuman. "Satu pasangan yang berciuman saja dapat berbagi lebih dari 500 jenis kuman dan virus penyebab penyakit," ujarnya.

Lalu, penyakit apa saja yang dapat ditularkan melalui ciuman?

Demam dan ISPA

kesehatan, ciuman

Foto: Freepik.com

Deman adalah penyakit yang paling mudah ditularkan melalui ciuman. Moms bisa mendapatkan penyakit ini usai berciuman dengan Dads, begitu juga sebaliknya.

Selain demam, berciuman dalam keadaan yang tidak fit juga dapat menyebabkan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Moms dan Dads bisa terserang flu dan pilek karena penyebaran virusya melalui udara atau kontak langsung dari liur orang yang menderita penyakit tersebut.

Baca Juga: 5 Manfaat Ciuman Bagi Kesehatan

Infeksi Mononukleosis

kesehatan, ciuman

Foto: wisegeek.com

Infeksi yang satu ini sudah dikenal sebagai salah satu penyakit akibat berciuman. Penyebabnya adalah virus Epstein-Barr yang menyebar lewat air liur dan infeksi terjadi melalui kontak langsung, yaitu saat berciuman.

Dikutip dari Mayo Clinic, gejala yang biasa terlihat adalah kelelahan luar biasa, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Perawatan terbaik yang bisa dilakukan adalah beristirahat total serta minum banyak air.

Radang Gusi

kesehatan, ciuman

Foto: southcenterpediatricdental.com

Radang gusi atau gingivitis merupakan penyakit lainnya yang bisa disebabkan karena berciuman. Selain bertukar virus, Moms dan Dads juga bertukar bakteri. Inilah mengapa perawatan gigi yang baik itu penting. Ciri dari penderita radang gusi adalah gusi yang memerah dan bengkak.

Apakah Moms dan Dads rajin mengunjungi dokter gigi? Apakah Moms dan Dads menyikat gigi sebelum tidur? Ini penting, lho. Penyebaran ini juga berisiko khususnya pada mereka yang memiliki gigi berlubang.

"Kita masing-masing memiliki bakteri alami di area mulut kita. Ketika kebersihan mulut seseorang buruk dan bertukar bakteri dengan kita, maka itu akan menyebabkan gangguan yang luar biasa pada gusi dan mulut kita," ujar Tim Pruett, D.M.D., pendiri Flossolution.

Hepatitis B

kesehatan, ciuman

Foto: southcenterpediatricdental.com

Apakah Moms atau Dads ada yang terdiagnosa penyakit ini? Kabar buruknya, penyakit Hepatitis B bisa ditularkan melalui ciuman. Meskipun penularan melalui darah berisiko lebih tingi, tetapi hanya ;ewat ciuman pun Moms dan Dads bisa terinfeksi. Bahkan, Moms dan Dads lebih mungkin terinfeksi jika terdapat luka pada mulut.

Baca Juga: 3 Tips Memberikan Ciuman Mesra Pada Suami Agar Hubungan Makin Harmonis

Herpes

kesehatan, ciuman

Foto: peoplespharmacy.com

Menurut World Health Organization (WHO) dua pertiga manusia di bumi ini memiliki herpes simplex 1 (HSV-1), yang dikenal sebagai herpes oral atau mulut.

Sedangkan menurut Centers for Disease Control and Prevention, untuk herpes simplex 2 (HSV-2) atau yang dikenal sebagai jenis herpes kelamin dimiliki sekitar satu dari enam orang Amerika di bawah usia 50 tahun.

Jadi, jika Moms atau Dads menderita herpes simplex 1 dengan luka di bagian mulut, tidak menutup kemungkinan penyakit ini akan menular. Apabila virus ini turun ke area genital, maka area genital pun bisa tertular.

Jika Moms atau Dads terkena herpes simplex 1, ada baiknya segera obati penyakit yang satu ini ke dokter untuk memutuskan penyebaran virusnya.

Sifilis

kesehatan, ciuman

Foto: gponline.com

Walau bukan menjadi penyebab utama penyakut sifilis, tetapi bukan berarti ciuman tidak punya risiko untuk memperluas penyebaran penyakitnya.

Urutan tertinggi penyebaran penyakit ini adalah melalui seks oral, anal, dan vagina. Jadi, jika Moms atau Dads memiliki luka yang bentuknya seperti penyakit sipilis, segera minta antibiotik yang tepat ke dokter agar virusnya tidak menyebar kemana-mana.

Baca Juga: Ciuman Rasa Baru

Yuk, sama-sama menjaga kebersihan serta kesehatan mulut dan bibir dari sekarang. Jangan takut untuk berkonsultasi ke dokter jika terdapat luka atau tanda yang tidak wajar di area mulut Moms dan Dads, ya.

(ERN/KM)

Artikel Terkait