BAYI
12 Agustus 2019

Waspada! Tidak Semua Finger Food Aman Untuk Bayi

Pahami hal ini, biar Si Kecil tidak terserang penyakit
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Setelah bayi mulai menikmati berbagai makanan yang dihaluskan, biasanya sekitar usia 8-9 bulan, mereka akan menunjukkan lebih banyak minat pada makanan yang bisa mereka makan sendiri (finger food).

Makan finger food adalah langkah penting menuju kemandirian yang membantu bayi mengembangkan keterampilan motorik halus dan koordinasi.

Sayangnya, tidak semua finger food aman untuk bayi. Moms harus cermat dalam memilih makanan mana yang akan disajikan sebagai finger food untuk Si Kecil.

Tidak sulit kok, Moms. Kuncinya hanya perlu menghindari beberapa jenis makanan yang bisa membahayakan Si Kecil seperti yang disebutkan di bawah ini.

1. Makanan yang Terlalu Lengket

Waspada 1

Foto: medmunch.com

Para ahli mengatakan bahwa orang tua tidak boleh memberikan telur, ikan, atau produk kacang pada bayi yang masih sangat muda karena bayi mungkin mengembangkan alergi makanan.

Namun, penelitian terbaru dari American Academy of Pediatrics menemukan bahwa tidak ada bukti bahwa bayi mengalami alergi sejak awal diperkenalkannya makanan jenis ini.

Akan tetapi, selai kacang masih termasuk yang dilarang untuk bayi karena terlalu lengket sehingga akan sulit untuk ditelan dengan aman. Akibatnya saluran nafas bayi bisa tersumbat dan bayi akan kesulitan bernafas.

Baca juga : Asyiknya Membuat Makanan Bayi Sendiri

2. Makanan yang Bisa Menyebabkan Tersedak

waspada 2

Foto: dupontdental.com

Dikutip dari Todays Parent, beberapa makanan berikut ini juga harus dihindari karena berisiko menyebabkan bayi tersedak:

  • Anggur utuh/bulat
  • Hot dog
  • Sosis
  • Wortel mentah
  • Kacang atau biji-bijian utuh
  • Kismis
  • Keripik
  • Permen keras

3. Popcorn

waspada 3

Foto: onceuponachef.com

Menurut Kidspot Australia, popcorn bahkan bukan termasuk finger food aman untuk bayi.

Popcorn terbuat dari biji jagung yang tidak dihaluskan dan biasanya masih ada lapisan kulit yang tertinggal, sehingga berisiko tersangkut di tenggorokan bayi dan menghalangi jalan nafas mereka.

Baca juga : 10 Makanan dan Minuman Ini Berbahaya untuk Bayi!

4. Makanan Olahan

waspada 4

Foto: medicalnewstoday.com

Situs Healthy Little Foodies menyarankan agar orang tua bisa menghindari memberikan makanan olahan sebagai finger food untuk buah hatinya.

Makanan olahan sering mengandung kadar natrium yang terlalu tinggi dan juga mengandung gula yang terlalu banyak.

“Akan lebih baik agar memasak dengan sedikit atau tanpa garam karena tubuh bayi tidak dapat memproses natrium dengan baik,” kata Natalia Stasenko, ahli diet pediatri yang berbasis di London, seperti dikutip dari Parents.

Bayi di bawah 1 tahun tidak boleh mengonsumsi lebih dari 0,4 natrium per hari. Sementara gula tidak mengandung kalori dan nutrisi. Selain itu, gula juga bisa merusak gigi bayi.

5. Ikan dengan Merkuri Tinggi

waspada 5

Foto: fishmeatsveg.co.uk

Hindari memberikan ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi seperti ikan pedang (sword fish) dan king mackarel.

Pilih ikan seperti salmon, lele, dan nila jika ingin memberikannya pada bayi. Namun, pastikan bahwa Moms sudah membuang durinya hingga bersih. Pastikan tidak ada bagian yang bisa membahayakan bayi.

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya Moms hindari. Sekarang Moms sudah siap menyajikan finger food aman untuk bayi. Selamat berkreasi!

Baca juga : Makanan Ini Justru Sebabkan Bayi Sembelit

(RGW/CAR)

Artikel Terkait