BAYI
22 Agustus 2020

10 Finger Food untuk Bayi yang Aman dan Berbahaya, Wajib Tahu!

Jangan sampai salah pilih ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setelah bayi mulai menikmati berbagai makanan yang dihaluskan, biasanya sekitar usia 8-9 bulan, mereka akan menunjukkan lebih banyak minat pada makanan yang bisa mereka makan sendiri (finger food).

Makan finger food adalah langkah penting menuju kemandirian yang membantu bayi mengembangkan keterampilan motorik halus dan koordinasi.

Memperkenalkan finger food untuk bayi adalah waktu yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Di antaranya adalah kekacauan, alergi yang mungkin terjadi dan potensi bahaya tersedak.

Namun, itu tidak membuat Moms berhenti untuk terus mencari tahu ide makanan bayi yang bernutrisi dan akan membuat waktu makan menjadi lebih menyenangkan dan.

William Dietz, MD, PhD, direktur Sumner M. Redstone Global Center for Prevention and Wellness at the Milken Institute School of Public Health at the George Washington University in Washington dan co-editor Nutrisi American Pediatric Association (AAP): Nutrition: What Every Parent Needs to Know mengatakan, cari tahu indikator bayi tertarik pada makanan.

“Bayi umumnya ingin makan sendiri. Itu adalah hal yang normal," jelasnya.

Baca Juga: 7 Resep Finger Food untuk Bayi, Yuk Coba!

Susan M. McCormack, MA, ahli patologi bahasa bicara senior di Children's Hospital of Philadelphia dan spesialis bidang menelan dan kelainan menelan menjelaskan, ketika memilih finger food untuk bayi, para ahli sepakat bahwa yang terbaik adalah memulai dengan potongan kecil makanan lunak yang mudah larut.

“Ketika seorang bayi mengembangkan pola lidah yang lebih baik untuk mengontrol makanan dan mengunyah, dia dapat 'mengunyah' makanan yang lebih baik, seperti potongan buah dan sayuran,” kata Susan.

Sayangnya, tidak semua finger food aman untuk bayi. Moms harus cermat dalam memilih makanan mana yang akan disajikan sebagai finger food untuk bayi.

Berikut ini daftar finger food untuk bayi yang aman dan berbahaya. Moms wajib tahu!

Finger Food untuk Bayi yang Aman

Ada banyak sekali jenis finger food untuk bayi yang bisa Moms berikan. Berikut ini daftar finger food untuk bayi yang aman untuk dikonsumsi Si Kecil. Catat ya Moms!

1. Telur

Ini Makanan Terbaik untuk Fingerfood Si Kecil -1.jpg

Foto: Happyfamilyorganics.com

Finger food untuk bayi yang aman pertama adalah telur. American Academy of Pediatric (AAP) sekarang telah merekomendasikan pemberian awal makanan yang berpotensi alergi. Moms bisa memberikan telur orak arik yang akan disukai bayi.

Atau masak telur sampai matang, potong-potong kecil dan jangan tambahkan garam. Telur rebus juga akan menjadi pilihan olahan telur terbaik lainnya.

2. Pasta

Ini Makanan Terbaik untuk Fingerfood Si Kecil -2.jpg

Foto: Nhs.uk

Finger food untuk bayi yang aman selanjutnya adalah pasta. Untuk memulainya, coba untuk memberikan pasta berbentuk kecil seperti orzo atau kerang mini, atau potong fusilli atau penne. Awalnya sajikan dengan polos, tetapi saat bayi diperkenalkan dengan lebih banyak makanan, Moms bisa menambahkan sedikit mentega, minyak zaitun, atau saus tomat rendah sodium atau homemade.

Pilihlah varietas gandum sehat yang sehat, tetapi pastikan untuk memasaknya sedikit lebih lama daripada pasta biasa karena cenderung lebih keras. Hampir semua bentuk pasta bisa menjadi makanan untuk finger food untuk bayi selama bayi memotongnya menjadi kecil.

Jika bayi tidak menyukai keju, berikan sedikit Parmesan pada pasta untuk meningkatkan kalsium dan sedikit potongan daging dengan atau tanpa saus agar Si kecil menikmati makanannya.

Baca Juga: Coba Ide Fingerfood Mudah dari 5 Bahan Ini untuk Si Kecil

3. Tahu

Ini Makanan Terbaik untuk Fingerfood Si Kecil -3.jpg

Foto: Tofutoday.com

Finger food untuk bayi yang aman selanjutnya adalah tahu. Dimasak atau tidak dimasak, tahu adalah sumber protein nabati yang luar biasa dan finger food yang sempurna untuk bayi. Pilihlah tahu yang agak keras namun masih cukup lembut yang masih bisa dipegang oleh bayi tanpa langsung hancur.

Tahu memiliki zat besi, protein dan kalsium, dan juga kaya serat. Karena kedelai dapat menyebabkan alergi makanan, tunggu tiga atau empat hari sebelum memperkenalkan makanan baru berikutnya untuk melihat reaksi bayi.

4. Keju

Ini Makanan Terbaik untuk Fingerfood Si Kecil -4.jpg

Foto: Istockphoto.com

Finger food untuk bayi yang aman selanjutnya adalah keju. Jika bayi tidak menunjukkan tanda-tanda alergi susu, maka sangat aman untuk memasukkan keju lembut sejak usia 6 bulan. Pilihlah sedikit keju pasteurisasi yang lembut namun tidak terlalu lengket.

Keju mengandung protein, kalsium dan mineral pembentuk tulang lainnya. Ketika Si Kecil terbiasa dengan rasa dan tekstur, Moms bisa memberikannya keju panggang atau stik keju yang telah dipotong kecil-kecil.

5. Daging dan Ikan

Ini Makanan Terbaik untuk Fingerfood Si Kecil -5.jpg

Foto: Parkwayeast.com

Finger food untuk bayi yang aman selanjutnya adalah daging dan ikan. Setelah makanan lunak, dada ayam yang dipotong dadu dan daging sapi adalah makanan untuk finger food untuk bayi tahap berikutnya yang disetujui dokter. Pastikan daging matang dan dipotong kecil-kecil.

Pilihlah ikan dengan merkuri rendah seperti flounder, cod, atau salmon. Yang paling penting, pastikan untuk menghilangkan tulang-tulang kecil.

Ikan adalah makanan yang hampir sempurna. Memiliki protein, kalsium dan zat besi, dan sarat omega-3 yang sehat untuk jantung.

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman Ini Berbahaya untuk Bayi!

Finger Food untuk Bayi yang Berbahaya

Ada singer food untuk bayi yang aman dikonsumsi, ada juga yang tidak lho Moms. Berikut daftar finger food untuk bayi yang berbahaya untuk dikonsumsi.

6. Makanan yang Terlalu Lengket

Waspada 1

Foto: medmunch.com

Finger food untuk bayi yang berbahaya pertama adalah makanan yang terlalu lengket. Para ahli mengatakan bahwa orang tua tidak boleh memberikan telur, ikan, atau produk kacang pada bayi yang masih sangat muda karena bayi mungkin mengembangkan alergi makanan.

Namun, penelitian terbaru dari American Academy of Pediatrics menemukan bahwa tidak ada bukti bahwa bayi mengalami alergi sejak awal diperkenalkannya makanan jenis ini.

Akan tetapi, selai kacang masih termasuk yang dilarang untuk bayi karena terlalu lengket sehingga akan sulit untuk ditelan dengan aman. Akibatnya saluran nafas bayi bisa tersumbat dan bayi akan kesulitan bernafas.

Baca Juga: Asyiknya Membuat Makanan Bayi Sendiri

7. Makanan yang Bisa Menyebabkan Tersedak

waspada 2

Foto: dupontdental.com

Finger food untuk bayi yang berbahaya selanjutnya adalah makanan yang bisa menyebabkan tersedak. Dikutip dari Todays Parent, beberapa makanan berikut ini juga harus dihindari karena berisiko menyebabkan bayi tersedak:

  • Anggur utuh/bulat
  • Hot dog
  • Sosis
  • Wortel mentah
  • Kacang atau biji-bijian utuh
  • Kismis
  • Keripik
  • Permen keras

8. Popcorn

waspada 3

Foto: onceuponachef.com

Finger food untuk bayi yang berbahaya selanjutnya adalah popcorn. Menurut Kidspot Australia, popcorn bahkan bukan termasuk finger food aman untuk bayi.

Popcorn terbuat dari biji jagung yang tidak dihaluskan dan biasanya masih ada lapisan kulit yang tertinggal, sehingga berisiko tersangkut di tenggorokan bayi dan menghalangi jalan nafas mereka.

9. Makanan Olahan

waspada 4

Foto: medicalnewstoday.com

Finger food untuk bayi yang berbahaya selanjutnya adalah makanan olahan. Situs Healthy Little Foodies menyarankan agar orang tua bisa menghindari memberikan makanan olahan sebagai finger food untuk buah hatinya.

Makanan olahan sering mengandung kadar natrium yang terlalu tinggi dan juga mengandung gula yang terlalu banyak.

“Akan lebih baik agar memasak dengan sedikit atau tanpa garam karena tubuh bayi tidak dapat memproses natrium dengan baik,” kata Natalia Stasenko, ahli diet pediatri yang berbasis di London, seperti dikutip dari Parents.

Bayi di bawah 1 tahun tidak boleh mengonsumsi lebih dari 0,4 natrium per hari. Sementara gula tidak mengandung kalori dan nutrisi. Selain itu, gula juga bisa merusak gigi bayi.

10. Ikan dengan Merkuri Tinggi

waspada 5

Foto: fishmeatsveg.co.uk

Finger food untuk bayi yang berbahaya selanjutnya adalah ikan bermerkuri tinggi. Hindari memberikan ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi seperti ikan pedang (sword fish) dan king mackarel.

Pilih ikan seperti salmon, lele, dan nila jika ingin memberikannya pada bayi. Namun, pastikan bahwa Moms sudah membuang durinya hingga bersih. Pastikan tidak ada bagian yang bisa membahayakan bayi.

Baca Juga: Makanan Ini Justru Sebabkan Bayi Sembelit

Itulah beberapa jenis finger food untuk bayi yang aman dan berbahaya. Sekarang Moms sudah siap menyajikan finger food untuk bayi. Selamat berkreasi!

Artikel Terkait