KESEHATAN
16 Agustus 2016

Waspadai 4 Gejala Terkena Sunburn

Jangan sepelakan tanda-tanda ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Siapa sih yang tidak suka melewatkan liburan bersama keluarga terkasih di hamparan pasir pantai nan eksotis? Wisata bahari masih menjadi favorit sepanjang masa, tetapi liburan tak lagi menjadi seru bila Anda atau anggota keluarga harus pulang dengan kulit terbakar. Sunburn terjadi karena kulit tidak mampu menahan radiasi Ultra Violet yang terlalu kuat. Namun, Anda tak perlu khawatir, selain menggunakan tabir surya, Anda juga bisa mencermati gejala-gejala utama ini untuk meminimalisir risiko terkena surnburn. Simak ulasan berikut ini!

1. Pusing

Apabila Anda merasa sakit kepala dan pusing artinya Anda sudah terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung. Ini juga merupakan awal terjadinya sunburn, sebaiknya Anda segera berteduh dan melakukan pendinginan.

2. Panas Dingin

Rasanya panas dingin, meskipun berkeringat Anda akan merasa dingin dan menggigil. Kondisi ini bukan pertanda baik, biasanya dilanjutkan dengan rasa mual dan demam.

3. Dehidrasi

Anda merasa cepat haus daripada biasanya. Kondisi ini juga menyebabkan mual yang berkelanjutan. Perbanyak minum air mineral dan buah-buahan yang mengandung vitamin C.

4. Peradangan Kulit

Kulit berubah menjadi lebih merah dan apabila disentuh terasa perih. Artinya kulit Anda mulai mengalami peradangan, dan jika tidak segera mendapatkan penanganan maka kemungkinan terburuk adalah kulit bisa melepuh dan pecah-pecah. Pastikan liburan Anda bersama keluarga tersayang terbebas dari kondisi ini. Bermain di pantai pun akan semakin aman dan asyik dengan memahami gejala-gejala di atas.

--SR

Foto: naturehealth

Artikel Terkait